peluang usaha rumahan di desa

Peluang Usaha Rumahan Di Desa Yang Mudah Di Jalankan

Peluang Usaha Rumahan Di Desa – Menjalankan sebuah usaha mandiri memang menyenangkan. Karena selain dapat membantu orang lain, kita juga memiliki penghasilan. Apalagi kalau usaha yang di jalankan tidak memiliki bos alias kita sendiri yang mulai merintisnya dari bawah. Itu akan menjadi hal yang paling membahagiakan,

Banyak Orang yang selalu mencari peluang usaha rumahan salah satunya di desa, karena memang menyenangkan memiliki usaha. Apalagi Usaha itu tetap beroperasi meski kita sedang jalan-jalan. Sepertinya Asyik sekali, tidak perlu keluar keringat lagi, Penghasilan akan datang sendiri. Sudah banyak contoh orang yang telah memasuki fase itu. Cobalah lihat sekeliling tempat tinggal kita, atau jalan-jalanlah kekota besar, semua usaha yang besar ,tidak ada pemiliknya disitu, Misalnya saja Rumah Bernyanyi Inul Vista,

Rumah Bernyanyi Inul Vista adalah usaha yang di miliki oleh Inul Daratista, sudah memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh daerah indonesia. Usaha ini akan tetap jalan meski Inul tetap menjalankan kegiatan keartisannya. Namun untuk menjadi pengusaha yang sukses bukan suatu hal yang instan semua butuh proses, kerja keras, perjuangan, dan semangat pantang menyerah.

Setiap orang saya yakin ingin sukses, memiliki usaha yang besar, dapat berjalan sendiri, sudah memiliki sistem sendiri. Namun bagaiman mau menjadi orang yang sukses seperti itu kalau usaha saja belum ada. Mau berusaha tapi tidak mengetahui usaha apa yang akan di jalankan. Ada sedikit modal tapi tidak mengetahui jenis usaha apa yang akan di Modali. Baik kita tinggal dikota maupun di desa banyak peluang usaha rumahan yang dapat kita jalankan.

Berikut Peluang Usaha Rumahan Di Desa Yang Mudah Di Jalankan.

A. Ternak Ayam kampung

Ayam Kampung memang identik dengan pedesaan, karena jarang kita temui rumah yang tidak memiliki ayam kampung, Namun yang terjadi di pedesaan kurangnya orang yang fokus memanfaatkan peluang ini sebagai sumber income penghasilan yang mendatangkan rejeki yang melimpah. Kebanyakan orang yang tinggal dikampung, menjadikan ayam kampung sebagi usaha sambilan, atau bahkan ada yang lebih parah yaitu tidak di urus sama sekali.

Ayam kampung di biarkan hidup liar, mencari makan sendiri, dan bermalam di pohon-pohon dekat rumah. Memang tak dapat dipungkiri ayam kampung memiliki daya tahan terhadap penyakit lebih kebal dibanding ayam broiler.

Alasan orang dikampung tidak memanfaatkan peluang usaha rumahan di desa ini adalah mereka masih melihat potensi penghasilan yang kurang dari beternak ayam kampung. Mereka menganggap bahwa biaya pakan terlalu banyak yang mesti dikeluarkan untuk mencapai panen. Ayam kampung atau biasa juga disebut ayam ras memang tidak seperti ayam pedaging yang bisa di jual jika umur telah mencapai satu bulan. Kalau ayam kampung memerlukan waktu paling kurang 60 hari baru bisa di jual, itupun kalau kita melakukan peternakan yang insentif.

Baca Juga : Cara Ternak Ayam Kampung

B. Menjual Alat-Alat Pertanian.

Banyaknya petani yang ada di desa tentu mereka membutuhkan alat-alat untuk bertani, Seperti Racun rumput, Pupuk, Bibit tanaman, bibit padi, Pengusir hama, Cangkul, Sabit, DLL. Nah ini semua adalah peluang usaha bagi kita untuk membuka toko menyediakan kebutuhan-kebutuhan seperti itu. Barang dapat kita beli di toko-toko Grosir pertanian yang besar di kota. Kemudian di jual dengan selisih margin keuntungan yang tidak terlalu banyak supaya para petani lebih memilih membeli di tempat kita dari pada ke kota. ini juga salah satu peluang usaha rumahan di desa.

Menurut Saya tentu ini akan mendapat sambutan hangat dari masyarakat, karena hal tersebut akan memudahkan pekerjaannya. Tidak lagi perlu kekota hanya untuk membeli sebotol racun, atau hanya sebuah cangkul. Mereka telah mudah dapatkan karena penjual alat-alat pertanian telah ada di sekitar mereka. Tidak lagi perlu kekota yang mungkin jaraknya lumayan jauh, mereka lebih memilih membeli di tempat kita karena selisih harga yang tidak terlalu jauh.

C. Membuka Toko Alat-alat Nelayan.

Peluang usaha rumahan di desa, sebenarnya perlu disesuaikan dengan struktur desa itu sendiri, kalau warga desanya banyak yang bermata pencaharian sebagai nelayan, maka ini adalah peluang yang sangat bagus, karena biasanya nelayan itu memiliki frekuensi belanja yang tinggi di bandingkan dengan petani, Pemakaian Alat pancing, tasi, gulungan, Cat perahu, kaos tangan, Parambu, DLL adalah kebutuhan nelayan.

Untuk kita yang belum terlalu mengerti tentang alat-alat nelayan yang biasa dibeli atau dibutuhkan para nelayan mungkin sedikit kewalahan dalam membuka usaha di rumah seperti ini, tetapi kalau sebaliknya kita memiliki pengetahuan tentang perabot nelayan maka kita akan mudah dalam memulai bisnis menjual alat-alat nelayan di kampung.

Namun jika kita benar-benar akan memulai usaha, atau struktur geografi tempat tinggal kita memungkinkan untuk membuka toko dengan barang jualan alat nelayan, tentu semua kendala akan dapat diatasi. Mulailah bergaul dengan para nelayan untuk mengetahui kebutuhan yang kerap dibutuhkan. Lalu mulailah bertemu dengan sub grosir penjual alat-alat nelayan yang mudah di ajak bekerja sama.

Usaha Toko alat Nelayan bagus di padukan dengan Toko barang campuran, menjual rokok, Mie,dan semua kebutuhan sembako. seperti beras, dan kue-kue kering.

Baca Juga : Bisnis Toko Kelontong

D. Bertani

Bagi yang memiliki lahan tidak terpakai di desa, dapat kita manfaatkan menanan sayur-sayuran cabe, pisang, dll. Jika kita bisa fokus dan mampu mengerjakannya bercocok tanam juga salah satu peluang usaha yang dapat di jalankan Di pedesaan. Harga berbagai kebutuhan pokok yang berasal dari pertanian terus melambung tinggi.

E. Bisnis Warnet

Usaha yang menjadi penyedia layanan internet ini sedang menurun, hal ini tak bisa dipungkiri. Tak sehebat saat booming-boomingnya tahun 2000 sampai dengan tahun 20010, selepas itu usaha warnet bisa dibilang berada di titik nadir. Namun benarkah Bisnis Warnet tidak dapat dijadikan acuan untuk mendapatkan penghasilan ?

Bagi saya hal tersebut tergantung di daerah tertentu. Banyak teman yang mengatakan kepada saya, bahwa usaha warnet sudah tidak bisa lagi di andalkan. Hal tersebut tentu menutup pintu rejeki dari bisnis usaha warnet. Sehingga ketika ada orang yang lagi memikirkan peluang usaha yang mau dikerjakan mereka telah menutup idenya ke usaha warnet.

Untuk di kampung usaha warnet masih sangat di butuhkan, karena di kampung layanan publik yang menyediakan free WIFI bisa dibilang belum ada atau masih sangat terbatas. Hal ini bisa menjadi peluang usaha yang cocok dijalankan di desa Membuka usaha yang menyediakan jasa layanan internet. Untuk Mengetahui cara mengelola usaha warnet silahkan

Artikel terkait : Bisnis Warnet

F. Membuka PPOB ( Pos Payment Online Bank ) Dan Berbagai Transaksi Online

Peluang Usaha Membuka loket pembayaran dan Transaksi online dapat menjadi peluang usaha rumahan di desa atau dikampung. Karena menurut pengalaman teman yang tinggal di sebuah daerah yang jauh dari kota, menjalankan usaha ini cukup menjanjikan. Loket yang dibuka mirip sebuah lembaga bank yang dapat melayani berbagai transaksi pembayaran online, mulai dari bayar listrik, Air PDAM, beli pulsa, beli tiket pesawat, kereta Api, semua dapat ia layani. Termasuk juga melayani transfer antar bank online.

Terkadang ada sebahagian warga masyarakat di kampung enggan untuk pergi antri di bank. atau bahkan ada sebahagian warga itu yang belum mengetahui bagaimana caranya melakukan transfer uang. atau menerima tranfer di bank. Hal tersebut dapat kita manfaatkan sebagai peluang bisnis yang super bonafit.

Lalu bagaimana Membuka loket pembayaran yang bisa melayani segala bentuk transaksi online?.

  1. Memasang speedy internet di rumah,
  2. Menyediakan Seperangkat komputer minimal pentium 3,
  3. Mendaftar sebagai mitra bisnis di PPOB yang saya rekomendasikan adalah PPOB milik Ustad Yusuf Mansur karena Cara mendaftar dan menjalankannya cukup mudah dan memiliki tingkat profit tinggi yang tidak hanya sekedar komisi dari transaksi.
  4. Perlu memiliki Internet Banking Minimal Bank BRI, lebih bagus lagi di tambah dengan internet banking milik sejumlah bank ternama di indonesia seperti bank Mandiri, dan bank BCA. Hal ini bertujuan melayani transfer antar bank. Jika ada warga di kampung yang hendak melakukan transaksi atau pembayaran tagihan angsuran hal tersebut dapat kita lakukan dengan internet banking yang kita miliki. Fee atau komisi dapat kita tentukan sendiri. Kalau pengalaman teman saya menerapkan biaya transfer sebesar Rp. 10.000. Hal ini sedikit lebih tinggi dibanding biaya transfer yang dilakukan di bank asalnya. Tetapi hal ini tentu akan meringankan beban masyarakat yang tidak lagi perlu antri berlama-lama di bank.

Sebenarnya kalau kita mau benar-benar memiliki usaha rumahan di desa atau di kampung, Banyak kok peluang yang dapat kita jalankan, tergantung kejelian kita dalam mengamati lingkungan sekitar. Usahakan mencari apa yang dibutuhkan oleh banyak orang. Lalu sediakan apa yang mereka butuhkan.

Peluang Usaha Rumahan Di Desa bisa menjadi mata pencaharian yang dahsyat, jika kita pandai memanfaatkan dan membaca berbagai peluang yang ada. Masih Banyak tentunya peluang usaha rumahan yang menarik lainnya yang bisa di kembangkan di kampung, tergantung tingkat kemampuan kita dalam memanfaatkan siklus ekonomi yang ada di sana.

17 komentar.

  1. Beragam usaha rumahan skala kecil memang bagus di desa untuk mengurangi tingkat pengangguran, tetapi kadang terkendala pemasaran produk yang akhirnya di ambil oleh para tengkulak. Jadi sebaiknya tidak hanya sekadar memberi contoh melainkan pada penjelasan utuh masing masing peluang

  2. Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang Bisnis Di desa berikut artikel yang terkait tersebut di

    NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya ini bukan spam saya ketik sendiri komentarnya, kita saling membantu saja…kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu,, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

    1. untuk kepentingan SEO, anda sudah mendapatkan link balik dari website ini. namun link aktif tidak muncul di kolom komentar…Terima kasih !

  3. Your style is so unique in comparison to other folks I’ve read stuff from.
    I appreciate you for posting when you have the opportunity, Guess I will
    just bookmark this page.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *