cara memulai usaha

Bagaimana Cara Memulai Usaha Yang Tepat ? | Tips Sukses

Cara memulai usaha – mungkin ini pertanyaan yang selalu di ucapkan orang ketika hendak memulai sebuah usaha. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang ingin memulai sebuah usaha, yaitu hendak mendapatkan penghasilan tambahan, ingin keluar dari belenggu pengangguran supaya kelihatan bekerja, bosan menjadi karyawan,Ingin menjadi orang kaya seperti banyak pengusaha lainnya. Dsb.

Mungkin masih ada faktor-faktor lain yang membuat orang ingin membuka usaha. Pernyataan seperti itu memang wajar di pikirkan, sama halnya kalau kita hendak masuk di sebuah Mall yang tidak kita ketahui, pasti kita mencari dulu informasi mengenai Mall tersebut.

Apa yang ingin orang ketahui dari cara memulai usaha ? dia pasti ingin tahu bagaimana cara menjalankan usaha itu, dia pasti ingin tahu bagaimana memasarkan usaha itu, bagimana prospeknya, siapa-siapa yang dapat menjadi pelanggannya, berapa profit yang bisa dihasilkan, bagaimana cara pengelolaannya, berapa tenaga yaang dibutuhkan, resiko apa yang dapat muncul jika usaha itu berjalan, Dsb.

Ada argumen yang mengatakan bahwa untuk memulai sebuah usaha jangan terlalu banyak berpikir, Langsung buka saja. Saya kira ucapan itu tidak boleh dicernah mentah mentah. Bagi saya apapun usaha yang akan kita jalankan perlu perencanaan matang. Sebab kalau tidak maka kita akan menghadapi masalah yang ruwet bin pening. Contoh kasus Kita hendak membuka usaha warnet, kita mendirikan disebuah lokasi yang tidak kita kenal denngan baik lingkungan di sana, kita langsung beli 40 jumlah unit client, tak tahunya yang main di sana cuman 4 client saja perhari, Dari contoh kasus ini  saja kita telah menyalahgunakan modal sebenyak 26 client yang tidak sedikit kalau dirupiahkan. Seandainya kita melakukan pendalaman dahulu sebelum memulia usaha setidaknya ada pendekatan yang menghampiri, kita mungkin bisa survey berapa jumlah anak-anak yang doyan untuk berinternet, main game online, dari mana kita mudah dapatkan data itu. Mudah saja, Gabung aja ke rombongan anak-anak / calon pemakai warnet itu. kita dapat berbincang-bincang menanyakan tentang apa yang lagi trend yang kerap mereka lakukan. Atau kita bisa langsung saja menanyakan apakah mereka doyan untuk game online ?

Artikel terkait : Berapa modal untuk memulai usaha laundry ?

Cara Memulai Usaha Agar Menguntungkan Untuk Waktu Yang Lama

1. Bisnis atau usaha apa yang akan kita jalankan.

Hal ini harus benar-benar clear, Dalam memulai sebuah bisnis menentukan topik yang akan dijalankan bukan asal panas-panas tahi ayam. Kita memang harus berani berjuang untuk waktu yang lama, karena jangan sampai kita telah mengorbankan banyak dana untuk membuka usaha tapi baru berjalan 2 atau 3 bulan sudah mau gulung tikar karena pembeli yang kurang.

Harus jelas juga strategi apa yang di pakai, managemen dan cara mengelola usaha tersebut. Karena menentukan sebuah usaha yang akan djalankan tanpa  ada pengetahuan dasar tentang usaha tersebut, sama saja kita menceburkan diri kedalam lubang.

2. Seberapa besar manfaat usaha tersebut bagi orang lain.

Seseorang siapapun itu akan rela mengeluarkan uangnya, jika ada manfaat dari produk usaha itu. Misalnya saja warung kopi, itu berguna bagi orang yang senang minum kopi, mencari suasana baru selain dirumah, Orang yang senang nongkrong, berguna buat orang-orang yang hendak membicarakan masalah tertentu. Orang yang sedang cari inspirasi. dll.

semakin besar manfaat yang diberikan suatu usaha maka smakin baik dalam memberi hasil.

3. Lihat Siapa-siapa pesaing usaha tersebut.

Setelah kita menentukan bidang usaha yang akan di laksanakan, mengetahui benefit atau manfaat yang diberikan, maka saatnya menentukan siapa-siap pesaing kita. Karena survey membuktikan 70 % usaha tidak dapat  bertahan lama karena tidak mampu bersaing. Adakah  peluang usaha yang tidak memiliki persaingan, Jawabannya tidak ada. Kecuali kalau kita membuat sebuah terobosan bisnis model baru/startter up. Ini pun peluang bisnis baru, kalau nantinya berhasil makka akan  bermunculan tipe-tiipe bisnis yang sama dengan itu. Misalnya saja, Tokobagus.com sekarang muncul bukalapak.com, baru muncul lagi tokopedia.

Dahulu rumah bernyanyi hanya ada di kota-kota besar, namun geliat masyarakat yang ramai, maka Rumah bernyanyi sekarang sudah bertebaran.

4. Ciptakan Kode unik buat usaha yang di jalankan.

Sebuah usaha tidak akan pernah bertahan menghadapi persaingan jika tidak ada nilai lebih yang ditawarkan dari usaha yang sejenis. Orang akan lebih memilih berkunjung ditempat lain karena dia merasa nyaman dan enjoi di situ. Contoh kasus :  Usaha warkop, banyak sudah yang bertebaraan usaha jenis ini. Namun dalam memulai usaha kitaa harus memilih jenis warkop apa yang akan kita jalankan. Apakah kita akann menyasar kalangaan menengah kebawah atau kalangan menengah keatas. kalau menengah keatas maka suasana warkop kita harus mewah, elegan, dan artistik, menu-menunya pun harus bercita rasa tinggi dan banyak macamnya.

Baca Juga : Cara Menjadi Orang Sukses

5. Memetakan Permasalahan dan cara mengatasinya

Seberapapun matangnya kita dalam menyiapkan strategi dalam cara memulai usaha  pasti kita tidak akan luput dari yang namanya problem. Cuma problem yang muncul dengan tidak adanya kesiapan sebelumnya akan lebih parah di bandiingkan kalau mental kita sudah siap untuk menghadapinya.

Cobalah buat peta masalah yang akan terjadi dan cara mengatasinya. meski ini bukan keputusan final atau yang harus kita jaalankan nantinya, tetapi setidaaknya kita punya gambaran mental, jadi nantinya kita tidak mdah panik.

Misalnya saja, Karyawan yang tidak jujur dalam hal keuangan, bagaimana cara mengatasinya? Mungkin kita dapat pasangkan billing di meja kasir, jadi peluang untuk melakukan kecurangan itu susah.

6. Banyak  belajar dari berbagai sumber mengenai seluk beluk usaha yang akan di buka

Sekarang ini tempat belajar yang paling mudah dan lengkap yah diinternet, Belum ada yang mampu mengalahkan google sebagai penyedia informasi. kita dapat belajar dari mereka yang telah sukses, atau apapun yang berhubungan dengan usaha itu.

7. Berdoa, dan Minta Petunjuk kepada  Yang Kuasa.

Semua telah kita usahakan maksimal (ingat masimal) dalam memulai usaha, saatnya kita serahkan kepada yang kuasa, karena DIAlah yang memiliki kehendak, dan pengetahuan yang benar akan segala urusan di dunia ini. Salah satu jalan untuk meraih Impian adalah senantiasa meminta petunjuk dan berpegang teguh kepadaNYA

Cara memulai usaha wajib kita ketahui sebelum memulai usaha, Bukan berarti kita akan terbebas dari rintangan, tetapi lebih kepada kesiapaan mental kita dalam menghadapi usaha.

loading...

One thought on “Bagaimana Cara Memulai Usaha Yang Tepat ? | Tips Sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *