Apa itu Deepfreeze ? Kelebihan & Kekurangannya

  • Bagikan
apa itu deepfreeze, kelebihan dan kekurangannya

Kali ini bisnisonlineusaharumahan akan sedikit sharing mengenai sebuah sofware komputer yang saya rasa penting untuk menunjang pekerjaan yang menggunakan komputer atau laptop. Aplikasi ini bernama deepfreeze.

Apa itu Deepfreeze ?

Deepreeze merupakan software buatan Faronics yaitu sebuah perusahaan pembuat software yang sangat terkenal, Fungsinya ini untuk membekukan partisi pada hardisk. Data dan sistem yang ada di komputer di bekukan. Jadi ia akan selalu mengembalikan format awal data dan sistem komputer saat pertama kali aplikasi ini di aktifkan.

Misalnya kita melakukan download sebuah program komputer, kemudian kita mastikan komputer atau merestartnya maka program yang kita download tadi akan hilang atau tidak tersimpan di file komputer, karena sifat dari deepreeeze selalu mengembalikan kondisi komputer pada kondisi awal. Hal ini juga berlaku pada ketika ada program komputer yang terhapus, baik di sengaja maupun tidak, pun akan di kembalikan ke keadaan semula.

Kelebihan & Kegunaan Deepfreeze

Melihat fungsi atau kegunaan dari deepreeze di atas, maka banyak para pengguna komputer mempercayakan pada software ini untuk mengamankan komputer atau laptopnya dengan deepfreeze, bahkan sampai kepada mencaga PC agar tidak terkena virus. Walapun sebenarnya deepfreeze bukanlah sebuah anti virus. Ia hanya membekukan partisi komputer dan mampu mengembalikan kondisinya setelah komputer di restart. Jadi saat terbaik untuk menggunakannya adalah saat komputer dalam keadaan fresh, bersih terbebas dari gangguan virus.

Deepfreeze bukanlah anti virus. Virus tetap dapat menyerang file-file komputer namun hebatnya software ini bisa mengembalikan komputer saat belum terkena virus. Hebat Bukan ?

Saya juga baru mengenal software ini kemarin, setelah saya baca dan praktikkan sendiri di usaha warnet saya, memang hasilnya mengangumkan. Bayangkan dulu, PC Client di warnet saya yang selalu terjangkiti virus, dan banyak aplikasi-aplikasi yang terdownload yang tidak berguna yang membuat komputer warnet menjadi lamban.

Akhirnya kemudian saya browsing dan mencari tahu bagaiaman cara mengatasi komputer warnet agar bisa berjalan optimal. Saya menemukan sebuah saran di artikel bahwa perlu menggunakan deepfreeze, saya mempelajari cara menggunakannya, mempelajari fungsinya, dan kemudian memberanikan diri menginstallnya, dan alhamdulillah PC client warnet saya berjalan optimal. Namun sebelum saya menginstalkan dan mendownloadkan deepfreeze saya membersihkan dan menghapus dahulu sebahagian aplikasi yang tidak berguna, banyaknya addons di browser yang memberatkan browser dan sebagainya.

Anda Mencari Software Toko Kasir ?

Sebagai pengusaha warnet bagi saya, perlu menggunakan software deepfreeze, pasalnya banyaknya pengguna komputer yang datang yang semuanya tidak di tahu cara penggunaan komputernya. Jangan sampai di sengaja maupun tidak ada file sistem yang terdelete. Ini dulu yang kerap saya alami. Salah sedikit windows lagi bermasalah karena adanya file error.

Kekurangan

Apa saja kekuarangan yang ada pada software deepfreeze ? Melihat fungsinya yang selalu mengembalikan file yang dibekukan. Maka hal ini bisa menjadi kekurangannya. Karena saat seseorang pengguna komputer telah mendownload sebuah file atau software dan menyimpan di komputer. Dan  berharap akan mengambil file downloadtannya tadi, maka file itu akan hilang jika komputer telah di matikan atau di restart.

Komputer yang menggunakan deepfreeze tidak bisa dipergunakan untuk menyimpan file hasil download. Karena akan hilang. Ini salah satu kelemahan bagi pengguna software deepfreeze ini.

Namun apapun itu bagi saya aplikasi ini sangat ampuh untuk mengamankan komputer. Apalagi PC sering di pakai oleh banyak orang atau kerap di pinjam oleh anak, saudara, atau teman kita sendiri.

Demikianlah yang sempat saya sharing mengenai apa itu deepfreeze. Semoga artikel ini memberi manfaat buat yang lagi bertanya-tanya apa fungsi dan manfaat dari deepfreeze.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *