Apa Itu NFT Dan Mengapa Itu Bernilai Dan Mahal ?

apa itu NFT dan mengapa ia begitu bernilai ?

Kali ini admin akan menyempatkan untuk menulis mengenai apa itu NFT dalam pengertian yang lebih sederhana yang Insya Allah dapat di pahami dengan mudah bagi siapa saja yang baru mengenal NFT, Cryptocurrency dan Blockchain.

Selain itu, di sini juga akan di jelaskan bagaimana sistem kerja dari NFT tersebut, mengapa ia bernilai dan seseorang relah membelinya dengan harga yang terkadang tidak masuk dengan logika akal sehat manusia.

Tetapi ini adalah sebuah revolusi dunia digital. Hal yang tidak pernah terbayangkan didunia nyata. Ternyata bisa terjadi di dunia internet.

Seperti kita lihat, fenomena yang baru-baru ini yang lagi hot adalah Ghozali yang berhasil mendapatkan cuan miliaran rupiah dengan menjual NFT miliknya yang ternyata hanya foto selfie dirinya di depan komputer selama kurang lebih 5 tahun.

Siapa yang sangka bahwa ini akan meledak dan aset NFT yang berjumlah 933 buah NFT itu bernilai miliaran rupiah. Dari sini banyak kemudian yang bertanya-tanya apa itu NFT ? mengapa ia bisa bernilai mahal ? bagaimana cara kerja dari NFT tersebut ?

Apa itu NFT ?

NFT singkatan dari Non-Fungible Token. Adalah sesuatu yang tidak dapat di pertukarkan. Misalnya saja Uang Nominal Rp. 10.000 dapat di tukar dan memiliki nilai yang sama dengan uang nominal Rp. 5.000 sebanyak 2 lembar.

Sedangkan NFT ia tidak dapat di tukar atau tidak memiliki nilai yang sama dengan sesuatu apapun yang ada di dunia ini.

Ia merupakan sebuah karya yang memiliki keunikannya sendiri. Misalnya saja, lukisan Monalisa. Ia merupakan sebuah karya dari Davinci Code. Orang lain bisa saja, membuat foto monalisa yang mirip atau sama dengan Monalisa aslinya. Tetapi tidak dapat mengambil keaslian ide dari Davinci Code yang telah melahirkan karya monalisa tersebut.

Inilah kemudian yang menjadikan para ahli di bidang ini. Menciptakan sebuah token yang mirip sebagai sertifikasi dari sebuah karya digital. Kalau dalam dunia nyata, kepemilikan tanah, atau kendaraan memiliki sertifikat dan BPKB yang menandakan bahwa milik dari objek tanah dan kendaraan tersebut di miliki oleh si A.

Namun dalam dunia digital yang semakin canggih ini. Karya tersebut di beri token sebagai sertifikasi atas karya tersebut. Dengan token tersebut, ia akan memiliki nilai. Karena token yang di berikan berasal dari Blockchain yang mana blockchain tersebut adalah sesuatu yang tidak dapat di ubah, tidak dapat di hancurkan. Jadi ia akan selalu ada.

Mengapa Ia Begitu Bernilai Dan Menjadi Mahal ?

Yah inilah kemudian yang banyak menjadikan orang bertanya-tanya. Mengapa sebuah NFT yang hanya berisi gambar sederhana menjadi mahal ?

Sebuah karya yang di “NFTkan” memiliki kisah dan sejarahnya masing-masing. Ini sangat tergantung dari si pembuatnya. Misalnya saja Tweet pertama dari orang no. 1 Twetter yang hanya berisi tulisan beberapa kata menjadi bernilai sekian miliar.

Mengapa ? yah, karena tweet tersebut di beri Token dari Blockchain. Yang mana ia menjadi sesuatu yang tidak dapat di ubah keunikannya dan tidak dapat di hancurkan dalam sistem Blockchain.

Jadi siapapun yang kemudian memiliki token tersebut. Akan tetap ada dan tidak dapat di ubah.

Adapun nilainya menjadi mahal atau murah kemudian di tentukan oleh pasar. Seperti apa minat pasar akan karya digital tersebut.

Pada dasarnya, orang rela membeli sebuah NFT, karena nilai, originalitas, sejarah, yang ada di dalam karya tersebut.

Demikianlah yang dapat kami bagikan dari sudut pandang penulis sendiri mengenai apa itu NFT dan mengapa ia begitu bernilai dan Mahal. Pada kesempatan berikutnya, kami akan mengulas lagi di mana tempat untuk membuat NFT.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!