cara membuat sabun cair

Cara Membuat Sabun Cair Untuk Rumah Tangga Atau Bisnis

Cara Membuat Sabun – Kali ini admin akan membagikan tutorial praktis cara membuat sabun cair. Sebagaimana kita ketahui, bahwa konsumsi sabun tidak bisa di pisahkan dalam kehidupan. apapun yang kita lakukan ujung-ujungnya menggunakan sabun sebagai media yang di yakini mampu membersihkan. Sabun yang beredar di pasaran pun beraneka ragam. Dan rata-rata itu semua merupakan buatan pabrik. Tujuan penggunaannya pun bermacam-macam, ada sabun untuk membersihkan badan, ada sabun untuk mencuci pakaian, mencuci piring, dan ada pula deterjen untuk cuci kendaraan.

Sabun sudah menjadi kebutuhan wajib yang harus ada baik di rumah, kantor, restoran, hotel, warung, bengkel dan lainnya. Hampir sebagian penghasilan yang di peroleh perbulan itu, di peruntukkan untuk membeli sabun atau deterjen. Jika kita mau kalkulasikan, kira-kira berapa uang yang di butuhkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut ? Apakah tidak pernah kita berpikir bagaimana cara membuat sabun cair sendiri ?

Jika kita membuat sabun sendiri, kita akan menghemat biaya 2-3 kali lipat lebih murah dari pada harga sabun buatan pabrik. Misalnya, harga sabun pencuci piring di pasar Rp 15.000 per 900 ml. Jika kita membuat sendiri biayanya hanya berkisar 4 sampai 5 ribuan. Tentu sangat murah bukan ?

Dan keuntungan yang paling baik adalah, jika kita memanfaatkan hal itu, sebagai peluang bisnis. Kita memproduksi sabun sendiri, lalu kita jual lagi. Tentu hal ini bisa menjadi mata pencaharian. Dan bisa di bayangkan bahwa produk seperti ini bisa profit sampai 100% bahkan lebih, Jika kita pandai dalam menciptakan brand. Seperti membuat kemasan yang komersil.

Ok tanpa berpanjang lebar, simak cara membuat sabun cair sendiri yang akan di sajikan pada artikel ini.

Baca juga : Berapa modal untuk buka usaha laundry

cara buat sabun

Bahan yang di butuhkan untuk membuat sabun cair

Takaran resep cara membuat sabun cair ini bisa menghasilkan volume sabun 11,2 liter sabun. Beriku bahan yang di butuhkan dan semuanya bisa di dapatkan di loket-loket kesehatan / apotik maupun di toko online.

  • 600 g serpihan kalium hidroksida yang juga di sebut lindi
    650 ml air suling
    1400 ml minyak kelapa
    590 ml minyak zaitun
    590 ml minyak jarak
    176 ml minyak jojoba

 

Peralatan yang perlu di persiapkan untuk membuat sabun

Yang perlu menjadi perhatian saat membikin sabun adalah pemilihan peralatan yang tepat. Apalagi kita bekerja dengan serpihan kalium hidroksida yang merupakan zat kimia. Pilihlah ruang kerja yang memiliki ventilasi serta cahaya yang mumpuni,

Berikut alat-alatnya :

  • Panci masak
    Gelas / wadah yang memiliki ukuran
    Timbangan dapur
    Blender tongkat
    Sarung tangan karet, masker dan kacamata pengaman

Baca juga : Cara Membuat pewangi laundry

Cara membuat sabun cair

Terlebih dahulu minyak di panaskan. Timbang minyak dan masukkan ke dalam panci dengan panas rendah. Masukkan minyak dalam jumlah yang tepat, sebab kelebihan dan kekurangan minyak akan menggagalkan tutorial membuat sabun.

Saatnya membuat larutan kalium hidroksida atau lindinya. Pergunakanlah peralatan keamanan, kacamata, sarung tangan, serta masker. Buka ventilasi agar udara dalam ruangan mengalir. Timbang lindi di dalam wadah, lalu campurkan kedalam air, silahkan aduk terus menerus sambil di tuangkan sedikit demi sedikit agar campuran ke air benar-benar menyatu dan merata.

Perlu di perhatikan ! Bahwa lindi yang di tuang ke air bukan sebaliknya. Sebab dapat menimbulkan reaksi kimia yang cukup fatal resikonya.

Setelah itu, lanjut tambahkan larutan lindi ke minyak kelapa. lalu, tuang ke dalam panci masak pelan-pelan. Agar kulit anda tidak terkena cipratan. Agar campuran merata dan sempurna, gunakanlah blender tongkat.
Ketika dua campuran ini menyatu maka ia akan mengental, namun teruslah aduk hingga ia menjadi kaku, Kekentalannya dapat di tandai ketika kita mampu garis pada permukaannya dengan sendok atau garpu, dan bekas goresan dapat di lihat dengan jelas.

Kekentalan ini akan menjadi semacam adonan pasta.

Lalu masak pastanya, dengan kompor setelan panas yang rendah selama 6 jam. Namun tiap 30 menit perlu di cek dengan sendok. Ciri-ciri larutan yang telah matang adalah ketika Pasta sabun 30 ml dapat larut kedalam air 60 ml air mendidih dan hasil larutan bening, bukan berkabut. Jika masih berkabut tetap lanjutkan memasak. sampai menghasilkan larutan jadi bening.

Baca juga : Tips usaha laundry agar ramai orderan

Setelah selesai di masak dan larutan telah matang, mestinya telah di hasilkan setengah kilo pasta. alangkah baiknya ukur hasilnya, setelah sesuai dengan setengah kilo, masukkan kembali kedalam panci masak, lalu tambahkan air 325 ml untuk membuat pasta jadi cair. Hal ini di butuhkan waktu beberap jam untuk melarutkan pasta kedalam air.

cara membuat sabun

Cara membuat sabun cair telah selesai, adapaun sebagai tambahan jika kita mau menambahkan pewangi, kita dapat menggunakan minyak atsiri sesuai selera dan aroma kesukaannya. Dan untuk pewarna dapat menggunakan pewarna makanan yang alami. Langkah akhir saatnya menuangkan sabun cair kedalam wadah yang memiliki penutup rapat, dapat menggunakan toples, dan pisahkan dengan sabun yang akan di gunakan dengan botol yang memiliki penutup pompa. Yang perlu di ingat bahwa resep yang di sajikan oleh bisnisonlineusaharumahan ini tidak memiliki pengawet, jadi biasanya batas umur sabun ini hanya mencapai 1 tahun, setelah itu akan mengeluarkan bau serta warna yang berbeda. Terima kasih dan semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *