modal usaha laundry

Berapa Modal Usaha Laundry Kiloan Untuk Pemula ?

Modal Usaha Laundry – Kemarin saya sempat memposting tips memulai usaha laundry di tengah banyaknya kompetitor. Mungkin ada yang sudah berniat menjalankannya ? Mungkin sudah mengamati lingkungan tempat tinggalnya yang prospek untuk menjalankan usaha laundry. Mungkin daerah sekitar tempat tinggalnya masih kurang yang membuka bisnis laundy.

Jika memang seperti itu saya berharap bisnis laundry ini bisa menjadi pekerjaan yang bernilai ibadah buat diri dan keluarga. Sekalian dapat menjadi ladang amal buat kita yang telah membantu orang sibuk untuk di cucikan pakaiannya……jadi pasang tarif tidak perlu terlalu mahal, he  he he he ( maaf bercanda )

Ok ketika kita sudah jatuh hati membuka usaha laundry, maka kita pasti bertanya berapa sih modal  usaha laundry ? Berikut akan saya rincikan biaya yang dibutuhkan. Serta peralatan laundry yang perlu di sediakan. Harga yang tercantum di bawah adalah harga yang ada pada daerah tempat tinggal saya. Jadi mungkin nanti dalam praktiknya, akan ada perbedaan harga, tapi itu bukan masalah setidaknya kita memiliki gambaran secara sederhana kisaran modal yang di perlukan.

Baca juga : Berniat Buka Salon Kecantikan, Perhatikan Tips Berikut Ini

Modal Untuk Membuka Usaha Laundry Serta Peralatan Yang Di Butuhkan

KebutuhanJumlah
Spanduk 1 MRp. 25.000
Tag Gun + Tag Pin 1 box + Kain Keras 1 mRp. 45.000
Sikat Baju + Gilesan + Sprayer + Selang 10 mRp. 100.000
Ember 3 buahRp. 75.000
Hanger Plastik 2 gross + Jepitan BajuRp. 200.000
Tali Rafia 3 gulung + Paku 2 kgRp. 30.000
Rak besi siku komplitRp. 300.000
  
Uang KasRp. 500.000
Timbangan 15 kgRp. 125.000
Plastik + Hanger besi 10 buahRp. 100.000
1 Setrika Uap + Alas gosok + TerminalRp. 500.000 (Harga Silakan Disesuakan)
Mesin Cuci Sanken 1 tabung otomatik 8 kgRp. 2.500.000
Mesin Pengering cashRp. 2.550.000
Detergen + Pewangi + Kispray + Refill Kispray + BayclinRp. 200.000

Administrasi (pulpen,selotip,kertas karbon,buku DLL)   = Rp. 100.000

Catatan: Biaya ini masih dapat disesuaikan tergantung lokasi, dan keinginan pemilik.

Total biaya keseluruhan

Rp. 7.790.000. 

Jumlah biaya itu, dapat di kurangi dengan memanfaatkan peralatan yang ada di rumah. Untuk tarif yang dikenakan konsumen kisarannya bervariasi, misalnya saja untuk daerah saya Rp. 7.000, tetapi saya pernah ketempat lain Rp. 8.000, untuk per KG nya. Lalu berapa keuntungan yang di dapat ? Keuntungan usaha jasa itu kisaran 50 % itu yang di sampaikan oleh teman saya yang kerja di sebuah lembaga perbankan sebagai Account Officer yang melakukan survey ke pengusaha kecil, termasuk usaha laundry.

Demikian yang sempat saya sharing pada kesempatan ini mengenai modal usaha laundry. Tentu apa yang di informasikan ini bukanlah modal paten. Nantinya tetap perlu di sesuaikan pada wilayah tempat tinggal dimana usaha laundry itu akan di buka. Setiap daerah memiliki kisaran harga peralatan yang berbeda. Ok sekian dulu. Silahkan beri komentar yang ada di bawah mengenai postingan ini !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *