cara berhenti merokok

Ada 15 Tips Cara Berhenti Merokok Yang Bisa Di Pilih Dan Di Praktikkan

Cara berhenti Merokok – Tidak yakin dengan artikel ini ? Tidak yakin bahwa anda dapat berhenti merokok ? Cobalah ikuti langkah yang ada di sini untuk memulai hidup sehat, hidup bebas asap rokok.

Sebelum kita masuk pada tips-tips cara berhenti merokok, saya ingin memperingatkan bahwa betapapun canggihnya trik kalau tetap tidak ada kesadaran dan kemauan yang besar dari dalam diri, maka trik ini tidak berhasil.

Ok kita anggap anda benar-benar memiliki kemauan tinggi untuk berhenti merokok.

 

15 Cara Berhenti Merokok Yang Dapat Anda Terapkan Silahkan Pilih Mana !

 

1. Membuat catatan pribadi secara jujur dari diri sendiri semua hal yang tidak anda sukai dari rokok.

Ambil secarik kertas, lalu garis di tengahnya, sisi sebelah kiri tulislah sisi positif dari merokok yang anda rasakan seperti memberi perasaan rileks, mencairkan suasana, memberi rasa percaya diri, dll, sisi kanan tulislah sisi negative dari rokok yang di rasa mengganggu, seperti kerap sesak nafas, tidak di senangi di lingkungan kerja, menambah banyak pengeluaran, tidak disenangi oleh istri, keluarga, mengganggu anak-anak, mengganggu lingkungan sekitar, dll

Menurut Daniel Z. Lieberman, MD, direktur Clinical Psychiatric Research Center di Universitas George Washington medical Center di Washington, DC “Selalu mengingat mengenai daftar yang telah dibuat, Jika Anda cukup berani dan ketika daftar atau sisi negative dari rokok lebih banyak. Maka ini menandakan kesempatan sukses berhenti terbuka lebar.”

 

2. Kemudian membuat daftar lain mengapa berhenti merokok tidak akan mudah.

Disini kita ambil buku catatan lain, salin semua poin atau sisi positif rokok bagi anda. Misalnya, Merokok memberi perasaan rileks ketika menghadapi masalah. Berikanlah Jawaban pengganti mengenai kegunaan rokok itu bagi anda. Misalnya kita bisa beri jawaban, ketika menghadapi ketegangan sediakan waktu untuk berdiri atau menggerakkan badan atau berjalan kaki mengendorkan urat saraf.

Rokok memberi rasa percaya diri. Cobalah beri jawaban lain yang bisa menggantikan itu. Misalnya kepercayaan diri yang diberikan rokok itu semu. Dll

Semakin anda mampu memberikan jawaban bagi diri sendiri yang meyakinkan untuk tidak merok, maka kesempatan anda untuk berhenti juga akan semakin baik.

 

3. Menetapkan tanggal berhenti.

Tulis tanggal berhenti, entah itu langsung di kalender atau ditembok yang muda terlihat. Cantumkan tanda tangan dan pernyataan bahwa saya akan berhenti merokok dan kalau perlu beri dua orang saksi untuk ikut bertanda-tangan menyaksikan apa yang anda lakukan.
4. Menulis semua alasan Anda untuk berhenti merokok pada catatan yang kerap di bawa

Catatan ini sifatnya mengingatkan diri semua hal tentang hasrat berhenti merokok. Namanya manusia, tempatnya khilaf, terkadang kalau lagi di rumah ingin berhenti merokok tetapi ketika ketemu dengan teman-teman melihat merokok, maka secara tidak sadar kitapun ikut menghisap lagi.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *