Mesin EDC BCA Tidak Ada Sinyal ? Begini Cara Mengatasinya !

  • Bagikan
6 cara mengatasi mesin edc bca tidak ada sinyal

Mesin EDC yang tidak ada sinyal itu dapat di sebabkan oleh beberapa hal. Jadi sebelum melakukan aduan ke pihak yang menerbitkan EDC dalam hal ini adalah bank BCA. Sebaiknya lakukan beberapa poin ini terlebih dahulu. Karena persoalan sinyal itu. Bukan saja di sebabkan oleh mesin EDC yang minta penggantian baru. Banyak faktor yang menyebabkan mesin EDC BCA tersebut tidak dapat melakukan transaksi karena persoalan sinyal yang tidak ada.

Mirip seperti ponsel, EDC memiliki sim card yang berfungsi untuk mengirim sinyal. Sinyal itu sendiri sangat di pengaruhi oleh kondisi jaringan, cuaca, listrik, atau bahkan slot sim card yang tidak baik pasangnya. Olehnya itu, kita perlu mengidentifikasi hal ini satu demi satu.

Ketika kita sudah mengidentifikasi dan ternyata jaringan tidak ada masalah. Maka kita bisa melakukan hal berikut ini !

Cara Mengatasi Mesin EDC BCA Yang Tidak Ada Sinyal

1. Refresh Jaringan EDC

Yang pertama bisa kita lakukan adalah coba lakukan refresh jaringan. Refresh jaringan ini sendiri, baiknya di lakukan bukan karena ketika tidak ada sinyal saja. Ketika kita baru menyalakan mesin EDC atau bahkan ketika kita baru mau memulai melakukan transaksi. Fitur refresh jaringan ini, baiknya di lakukan. Mengapa ? karena ketika kita merefresh itu dapat memperbaharui jaringan yang ada.

Cara melakukannya silahkan tekan tombol F dan 9 dan 6 secara bersamaan. Ketika minta password masukkan 3636. Maka sinyal akan refresh otomatis.

Ketika melkuakan hal ini, sinyal pada mesin EDC BCA, belum juga muncul. Maka kita bisa melanjutkan pada poin berikut ini !

2. Restart Mesin EDC BCA

Ketika sudah melakukan refresh jaringan, tapi sinyal pada mesin BCA masih hilang. Maka coba nonaktifkan lalu aktifkan kembali mesin EDC nya.

Cara melakukan restart atau reboot mesin EDC BCA yakni : tekan tombol (.) dan tombol warna kuning secara bersamaan sampai mesin mati. Setelah itu, coba nyalakan kembali dengan menekan tombol warna hijau.

Tunggu beberap saat. Apakah mesin EDC sudah menampilkan sinyal ?

3. Bersihkan Sim Card

Salah satu yang bisa di lakukan ketika mesin EDC BCA tidak ada sinyal. Yakni kita bisa mencoba melepas dan memasng kembali SimCard yang terpasang. Namun sebelum memsangnya, coba bersihkan terlebih dahulu bagian kuningan dari SimCard dengan tissu.

Tujuan dari melepas Sim Card EDC ini untuk memperbaiki letak posisi Sim Card pada slot. Meskipun ini jarang terjadi mesin EDC tidak ada sinyal karena posisi Sim Card uang tidak baik. Tapi kita tidak apa-apa mencoba hal ini, jika kedua poin di atas, belum juga berhasil.

Cara melepas & Bersihkan Sim Card Mesin EDC BCA :

  1. Matikan terlebih dahulu mesin EDC dengan tekan tombol (.) dengan tombol kuning secara bersamaan,
  2. Lepas tutup bagian belakang mesin EDC
  3. Lepas Sim Card dari Slotnya,
  4. Gosok dengan tissu,
  5. pasang kembali sim cardnya,
  6. nyalakan dengan menekan tombol hijau sampai layar menyala,

4. Pasang Ulang Sambungan GPRS

GPRS juga bisa menjadi sebab kenapa sinyal tidak ada pada EDC BCA. Olhenya itu, kita bisa mencoba melepas sambungan GPRS lalu memasangnya kembali. Bisa saja, ada pasangnya tidak pas. Mungkin karena EDC habis terbentur atau bagaimana ? tetapi ketika mencari solusi kita tidak apa – apa mencoba hal ini sebelum mengadukan ke pihak bank BCA.

Cara melepas dan pasang kembali sambungan GPRS. Kita bisa mematikan terlebih dahulu EDC atau tidak, setelah itu, buka penutup baterei bagian belakang, kemudian coba lepas sambungan GPRS, diamkan beberapa saat, setelah itu pasang kembali.

Coba lihat apakah sudah ada perubahan ?

5. Memanfaatkan Kode Fungtion

Kode Fungtion mesin EDC merupakan kode yang telah di sematkan pada mesin EDC untuk menjalankan sebuah perintah. Adapun kode fungtion yang bisa kita terapkan ketika sinyal tidak ada atau tidak stabil. Kita bisa masuk ke menu Fungtion lalu tekan tombol Logon lalu OK.

Kita juga bisa menggunakan tombol F dan 0 secara bersamaan untuk tes koneksi jaringan.

6. Mesin EDC Tidak Ada Sinyal Terakhir Yang Bisa Di Lakukan Adalah Registrasi Jaringan

Terakhir yang bisa kita perhatikan ketika sinyal tidak ada pada mesin EDC adalah apakah kita sudah melakukan registrasi jaringan seluler untuk penggunaan di mesin EDC.

Cara melakukan ini, yakni kita bisa tekan menu Fungtion pada EDC, lalu pilih menu Reg LTWK. Lalu OK. Lihat apakah sinyal sudah muncul ?

Jika ke 6 pon cara mengatasi mesin EDC BCA tidak ada sinyal di atas tidak berhasil maka besar kemungkinan mesin EDC nya bermasalah. Oleh sebab itu, kita bisa menghubungi pihak bank BCA di 1500788 atau email [email protected].

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *