usaha kampas

Usaha Kampasing : Salah Satu Peluang Bisnis Mudah Dijalankan

Usaha Kampasing adalah salah satu peluang usaha yang mudah dijalankan. Apa itu usaha kampasing ? Usaha kampasing adalah bisnis yang dijalankan dengan mobile, menggunakan kendaraan sebagai armada untuk menjajakan barang jualan. Mungkin diantara kita sudaah pernah melihat usaha kampasing atau sering malah. Buat mereka yang tinggal di kota atau disekitar pasar pasti sering sekali mendapati mobil box yaang berisi banyak barang ataukah motor yang menggandeng tas pos di belakangnya. Inilah pelaku usaha kampasing.

Saya mengatakan bahwa usaha ini mudah untuk dijalankan. Asalkan kita memiliki armada entah itu mobil ataukah kendaraan roda dua, bisnis ini dapat dijalankan. Mobil yang cocok adalah mobil pick up yang di berikan box selain banyak barang yaang dimuat, keamanan barangpun terjaga dari hujan, sinar matahari, dan tentu dari tangan-tangan jahil.

Sekarang ini menjalankan usaha kampasing bukanlagi hanya di pelopori oleh mobil-mobil box, atau pick up, tetapi mobil-mobil sekelas avanza, apv, mobilio, grandmax minibus, sudah banyak digunakan untuk menjalankan usaha kampasing. Tetapi ini tergantung barang sih ? kalau memang barang yang akan dijual memuat untuk armada, apapun itu bisa kita pakai.

Begitupun dengan kendaraan roda dua, mereka biasanya menggunakan tas pos, untuk membawa barangnya.

Bagaimana Prospek Bisnis Ini ?

Membicarakan tentang prospek bisnis itu sangat erat kaitannya dengan, lokasi tempat menjalankan usaha kampasing ini. karena tantangan utama yang perlu diperhatikan bagi seorang calon pebisnis kampasing adalah pesaing. Selagi pesaing itu kurang maka dapat dipastikan kita akan sukses di bisnis ini.

Alur kerjanya kan jelas kita membeli barang dari supliyer / distributor,/ toko grosir, kemudian di pasok ke toko-toko/kios-kios/pengecer dibawahnya.

Hal-hal apa yang perlu dperhatikan agar bisa sukses di usaha kampasing

a.  Carilah Supliyer yang Punya Harga Paling Murah

Setiap daerah setidaknya memiliki beberapa pilihan tempat dimana kita bisa mengambil barang, Kita bisa melakukan kerjasama dengan pihak distributor suatu produk, dengan melakukan erjasama dengan distributor biasanya akan ada harga-harga promo untuk suatu jenis barang. Harga-harga Promo atau ada program dari distributor biasanya harga yang diberikan jauh dibawah harga pasar.

atau  kalau kita tidak mau repot datangilah toko-toko grosir besar ajukanlah kerjasama dengannya, biasanya dengan melakukan ini kita akan mendapatkan diskon dengan pengambilan dalam jumlah sekian.

b. Pilihlah Lokasi Kampasing yang terbilang kurang pesaing.

Ini merupakan hal yang agak sulit, karena usaha kampasing ini bukan usaha baru, tetapi usaha yang banyak ddijalankan oleh pelaku bisnis. Kendala utama untuk kita yang baru terjun dalam usaha ini adalah pelangga. Untuk mereka yang sudah duluan menekuni usaha kampasing, mereka sudah memiliki pelangga tetap, jadi irama kerjanya sudah terjadwal, Misalnya Hari senin, ia akan menggarap Kel. A. Hari selasa Akan Menggarap Kel. B, Begitu seterusnya, mereka tidak pusing lagi karena sudah ada pembeli tetap kapan akan diantarkan dan barang apa yang akan diambil.

Tetapi untuk kita yang baru jangan takut menghadapi persaingan, kita masih bisa menjual barang kampasing, temukanlah produk yang kira-kira paling digemari,

Lakukanlah komunikasi yang baik dengan calon konsumen/calon pembeli, dengan melakukan hal ini menjadikan kita akan dikenali oleh para calon pembeli tadi, bukan tidak mungkin kelak ia akan menjadi langganan kita.

Baca juga : Peluang Usaha Rumahan Di desa

c.  Pilihlah Produk Yang Memiliki Margin Keuntungan yang tinggi.

Ini merupakan pengalaman saya yang menjalankan usaha ini, awal terjun saya menjual alat-alat listrik, seperti balon lampu dari segela merek, stop kontak, barang-barang AtK beserta assesorinya, Dll.

Kenapa saya memilih barang-barang seperti itu, Karena sebelum saya terjun dibidang usaha kampasing, saya melakukan cek harga yang ada di toko grosir dengan harga yang ada di pengecer ada selisih yang  sangat jauh. misalnya Balon Lampu Merk Omy, Harga di toko Supliyer 4.200 (harga Lama) sedangkan harga di pengecer itu mencapai 8.000,

Tahukan selisihnya berapa ? Kalau kita jual 6 ribu saja para pengecer itu akan ambil. mereka akan untung 2 ribu sedagkan kita untuk 1.800, itu untuk 1 buah balon lampu. Nah Biasanya para pengecer  itu mengambil satu dos dengan isi 50 buah. Jadi berapa keuntungan yang didapat. 1800 x 50 = 90.000. itu untuk satu item barang, Mana lagi barang lain.

d. Pilihlah Produk yang memiliki frekuensi laku paling laris.

Produk seperi di atas memiliki tingkat laku yang rendah, kalau pengalaman saya. Biasanya pelanggan yang melakukan order barang ke saya itu paling cepat tiap bulan, malah yang kebanyakan terjadi adalah tiap bulan. karena barang seperti balon lampu, barang atk dll, itu barang yang lama di pakai, barang tidak cepat habis, berbeda dengan barang makanan atau barang kebutuhan sehari-hari itu akan cepat laku, paling lambat tiap minggu kita perlu mendatangi lagi langganan kita, karena barangnya dalam masa itu biasanya akan habis.

Yang manakah barang yang cepat laku seperti Rokok, Mie Instan, Odol, Sabun, Obatnyamuk, Teh, Kopi, Gula, Susu, Dll. Semua barang itu adalah barang yang mudah untuk dijual asalkan harga yang diberikan bersaing. Namun catatannya Margin keuntungan relatif sedikit dibanding barang seperti pada poin 3 di atas.

Jadi inti sukses jika akan menjual barang-barang seperti ini adalah harga barang yang murah. Jenis barng ini telah memiliki harga di pasaran, jadi kita sulit untuk melakukan up harga.

e. Buatlah Jadwal Kerja Kapan kita akan libur dan Rute yang akan dijalankan tiap harinya.

Jadwal ini sangat penting dalam usaha kampasing, ini akan sinkron dengan kebutuhan pelanggan dan cara kerja kita. jadi, kita betul-betul akan mensupliyerkaan barang tepat waku,bukan saat barang pelanggan kosong. Dalam hal ini akan menyebabkan pelanggan kecewa ketika ada barangnnya yang akan dibeli namun habis, karena keterlambatan kita. ini yang paling perlu untuk dihindari.

selain itu datang keseringan juga tidak baik buat usaha kita.

Ok. Sekian dulu artikel cara-cara menjalankan usaha kampasing dan bagaimana prospek bisnisnya. Kalau artikel ini di rasa berguna sedianya untuk dishare ke yang lain agar dapat menjadi ide peluang usaha yang dapat di jalankan.

Baca Juga : Ide Peluang  Usaha Lainnya Yang Mudah Dijalankan

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *