Tutorial Install Aplikasi Android di Windows Terbaru 2022

instal aplikasi android di windows

Dari Banyaknya kelebihan Windows 11 dibanding versi sebelumnya windows 7,8,10, yakni fitur keren dimana kamu bisa menginstall dan menjalankan aplikasi Android tanpa Emulator atau software tambahan, seperti Bluestack, dll.

Untuk menginstall apk android di windows 11 ini sangat mudah, tidak seperti versi sebelumnya yang belum disempurnakan, pada versi windows 11 ini sistem operasi ini bisa menjalankan aplikasi Android karena bermitra dengan Amazon.

Sebelum menjalankan apk atau aplikasi android di windows 11, kamu harus mempersiapkan beberapa syarat atau spesifikasi minimum yang perlu kamu ketahui dan diperhatikan agar berjalan dengan lancar, detail spesifikasinya sebagai berikut:

  • RAM 8GB (disarankan 16GB).
  • CPU Intel Core i3 Gen ke-8, AMD Ryzen 3000 atau Qualcomm Snapdragon 8c.
  • Layar 720p (1280 x 720).
  • SSD
  • Windows 11 build 22000.426 atau lebih tinggi.
  • Versi terbaru dari Microsoft Store.

Jika Hardware kamu telah memenuhi syarat, maka bisa dipastikan semua software yang kamu install bisa berjalan dengan lancar.

hal yang harus Kamu lakukan ialah menjalankan Pembaruan Windows untuk memastikan Kamu menggunakan sistem operasi versi terbaru dan Microsoft Store. kemudian, buka saja Microsoft Store serta cari“ Pratinjau Amazon Appstore‘ serta install fitur lunak. Ini pula mengaktifkan Subsistem Windows buat Android( WSA), mesin di balik layar( didukung oleh jembatan Intel technology) yang membolehkan seluruh tipe aplikasi Android berjalan relatif mudah di Windows 11.

Setelah itu cukup cari“ Amazon Appstore” di menu Start Kalian ( itu bukan salah ketik, itu cuma ejaan elegan Amazon), buka aplikasi serta masuk ke( ataupun buat) ak un Amazon Kalian. Kalian hendak memandang opsi aplikasi yang dikuratori buat diseleksi.

Amazon Appstore disaat ini hanya menawarkan dekat 1. 000 aplikasi serta permainan– sebagian besar lumayan mendasar– namun lebih banyak lagi yang ditambahkan secara berkala.

Perbedaan Aplikasi Android dengan aplikasi Windows?

Aplikasi Android berperilaku seperti aplikasi Windows biasa. Mereka muncul di menu Mulai Kamu dan dapat disematkan di sana atau di bilah tugas Kamu.

Kamu biasanya dapat menggunakan mouse, keyboard, dan/atau input sentuh untuk berinteraksi dengan Aplikasi. Mereka juga biasanya dapat diubah ukurannya sesuai keinginan Kamu, meskipun Kamu harus ingat bahwa banyak aplikasi Android tidak dioptimalkan untuk penggunaan lanskap.

Perbedaan utama yang akan Kamu lihat adalah ketika membuka aplikasi Android, Kamu harus menunggu subsistem Windows untuk memuat Android terlebih dahulu, yang mungkin agak lambat.

Jika Kamu berharap untuk sering menjalankan aplikasi Android, Kamu dapat pergi ke Windows Subsystem for Android Settings di menu Start dan pilih Continuous di bawah bagian Subsystem Resources.

Ini akan menjalankan WSA di latar belakang sehingga aplikasi Kamu dimuat secara instan. Ini mungkin dapat menyebabkan penurunan kinerja pada PC Kamu, tetapi secara pribadi saya belum melihat ada masalah sejauh ini.

Kamu juga dapat menggunakan menu pengaturan untuk melihat file yang terkait dengan atau diunduh dari aplikasi Android.

pilih GPU mana yang Kamu inginkan untuk memberi daya pada grafik dan aktifkan mode pengembang – diperlukan jika Kamu berencana membuat aplikasi dari halaman (lebih lanjut tentang ini di bawah).

da banyak cara untuk melakukan sideload aplikasi Android, tetapi saya akan fokus pada metode paling sederhana yang saya tahu.

  1. Aktifkan Mode Windows Sybsystem For Android

pastikan Kamu telah mengaktifkan mode pengembang di pengaturan WSA seperti yang disebutkan di bagian sebelumnya.

cara install aplikasi android di windows 11 2022 2023 2024 2

Sehabis berakhir, instal Perlengkapan WSA dari Microsoft Store. Aplikasi ini melaksanakan 2 perihal. Awal, menginstal Android Debug Bridge( bagian dari toolkit pengembang formal Google), yang dibutuhkan buat sideloading aplikasi.

cara install aplikasi android di windows 11 2022 2023 2024 3

Perhatikan kalau sebagian pengguna memberi tahu permasalahan dikala menginstal ADB dari WSATools. Dalam perihal ini Kalian bisa mengunduhnya secara manual dari Google. Kalian setelah itu bisa memusatkan WSTools ke tempat Kalian mengekstrak folder perlengkapan platform Google.

2. Kamu dapat menginstal aplikasi Android (file .apk)

dengan satu klik – Kamu tidak perlu dipusingkan dengan baris perintah. Kamu dapat menemukan APK untuk ribuan aplikasi di situs-situs seperti APKMirror dan app.

Setelah ADB diatur, cukup arahkan Alat WSA ke file APK Kamu dan itu akan segera diinstal.

cara install aplikasi android di windows 11 2022 2023 2024 5

Jika karena alasan tertentu WSTools gagal menginstal APK, Kamu dapat mencoba aplikasi serupa dari Windows Store. Atau Kamu bisa melakukannya secara profesional jika Kamu merasa nyaman dengan Command Prompt – XDA memiliki panduan hebat tentang sideloading aplikasi melalui ADB di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!