9 Tips Merawat Rambut Kering Dan Rusak Yang Wajib Di Ketahui

  • Bagikan

7. Jika Memungkinkan, Gunakan Masker Perawatan

tips merawat rambut

Saat berbelanja untuk perawatan, cari produk yang memiliki bahan pelembab, seperti minyak zaitun, keratin, protein atau shea butter, dan hindari produk yang mengandung silikon atau paraben.

Dua kali seminggu, oleskan perawatan atau masker dan biarkan selama satu jam penuh, menggunakan topi shower plastik untuk membantu produk bekerja maksimal. Selain itu, seminggu sekali Anda dapat menerapkan perawatan di kamar mandi setelah keramas. Biarkan selama tiga hingga lima menit kemudian bilas.

Perawatan dengan bahan minyak adalah pilihan lain untuk memperbaiki rambut kering dan rusak. Hal ini mudah dilakukan di rumah dan memberi kesan lembab dan kilau. Oleskan minyak perawatan pilihan untuk membersihkan rambut kering dengan handuk. Tutupi rambut Anda dengan topi mandi atau bungkus plastik, dan panaskan dengan duduk di bawah sinar matahari, menggunakan handuk panas.

Setelah memanaskan minyak, biarkan rambut menjadi dingin pada suhu kamar, dan kemudian bilas dengan air dingin. Perawatan minyak reparatif dapat dilakukan 1-3 kali per bulan pada rambut yang rusak tergantung kebutuhan. Penggunaan yang tepat dari perawatan ini dapat meningkatkan elastisitas rambut yang rusak dan menciptakan kilau.

Tapi hati-hati terlalu sering hal ini bisa membuat rambut terlalu berminyak!

8. Pahami Tips Merawat Rambut Saat Di Kolam Renang dan Di Bawah Matahari

cara merawat rambut habis berenang

Jika Anda seorang perenang? atau hobbi berenang. Maka gunakan topi renang di kolam renang. Karena seiring waktu, Klorin dapat menyebabkan kerusakan rambut. Jika Anda berenang tanpa topi, segera cuci klorin dengan sampo pembersih yang lembut.

Jangan duduk di bawah sinar matahari setelah berenang tanpa topi, sinar matahari akan menambah kerusakan pada rambut Anda yang dilakukan oleh klorin. Atau, cuci rambut Anda sebelum berjemur jika Anda berada di kolam renang.

Tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari pada rambut meliputi rambut kering dengan ujung-ujung rambut yang rapuh atau patah, warna rambut pudar, rambut kusut dan rambut yang melemah atau menipis.

9. Kesehatan Tubuh Menyebabkan Kesehatan Rambut

tips merawat rambut adalah menjaga kesehatan tubuh

Terakhir tips cara merawat rambut adalah menjaga kesehatan tubuh dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Pastikan banyak minum air putih, vitamin serta nutrisi penting. Diet yang kaya akan daging tanpa lemak dan protein lainnya, sayuran, buah-buahan dan produk susu rendah lemak membantu menjaga rambut tetap sehat.

Asam lemak omega-3 baik untuk rambut dan kulit hal ini dapat ditemukan pada salmon, walnut, dan biji rami. Buah-buahan dan sayuran seperti bayam, kangkung, wortel dan alpukat juga memberi pengaruh baik bagi kesehatan rambut.

Suplemen dapat membantu mengisi kekosongan untuk diet yang kurang sempurna dan membuat rambut rusak Anda menuju pemulihan. Anda bahkan dapat mencoba mengonsumsi suplemen pranatal untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Baca juga : Cara membuat shampoo sendiri dengan bahan alami

Demikianlah 9 tips merawat rambut sehat atau bahkan rambut yang sementara dalam masa pemulihan dari kerusakan. Jika anda memiliki informasi lain terkait cara merawat rambut, silahkan bagikan di kolom komentar. Terimah kasih !

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *