Syarat KUR BRI

Syarat Pengajuan KUR BRI Langsung Atau Lewat Online 2020

Syarat KUR BRI – Apakah yang dimaksud dengan KUR? Nah, KUR merupakan sebuah singkatan dari Kredit Usaha Rakyat. KUR merupakan program pemerintah yang memberikan pinjaman modal usaha atau modal kerja kepada pemilik usaha yang layak dan produktif untuk di biayai.

KUR saat ini di kenal merupakan pinjaman modal kerja yang paling murah suku bunganya. Suku bunga KUR turun lagi menjadi 7% pertahun. Atau berada di kisaran 0,41% perbulan. Meskipun pinjaman kredit ini merupakan program pemerintah, jadinya KUR memiliki syarat tertentu. Siapa-siapa saja yang bisa menerimanya.

Artikel ini menjelaskan syarat KUR BRI, namun sebagaimana kita ketahui bahwa Bank yang diberi kewenangan menyalurkan KUR buka saja BRI. Ada beberapa Bank termasuk, bank mandiri, BNI, dan terdapat 33 bank yang menggunakan program KUR. Banyak sekali bukan?Namun Bank BRI paling di kenal mungkin di sebabkan bank BRI paling banyak memiliki kantor sampai di daerah-daerah.

Nah, jika Anda di tolak bank BRI,Anda dapat mengajukan ke bank lain dengan catatan Tidak sedang menerima kredit modal kerja dari perbankan atau lembaga keuangan lainnya. Atau tidak sedang menerima Kredit Program dari Pemerintah selain KUR.

Sebenarnya, apa saja berkas yang perlu di siapkan untuk pengajuan KUR BRI itu? Tentunya Anda semakin penasaran yaa. Namun, sekiranya Anda harus mengetahui bahwa dalam KUR BRI terdapat sektor pertanian (onfarm), perikanan (onfarm), industri pengolahan, dan juga sektor perdagangan.

Baca juga : Cara Agar Pengajuan Kredit Di Terima Bank

 

Berkas Yang Perlu Di Siapkan Untuk Pengajuan KUR BRI Langsung Di Kantornya

Jika usaha yang di geluti merupakan atau tergolong usaha produktif namun tidak bankable, maka ini kesempatan anda mengajukan pinjaman KUR. Adapun yang di sebutkan di bawah ini adalah persyaratan berkasnya saja, adapun untuk persyaratan umumnya silahkan lihat artikel ketentuan KUR BRI

  1. KTP Pemohon
  2. KTP pasangan
  3. Kartu Keluarga
  4. Akta Nikah
  5. Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan / SITU,SIUP ( jika ada )
  6. Pas Foto 4 x 6 (1 lembar)
  7. Foto copy jaminan (sesuai ketentuan bank)

Syarat Pengajuan KUR BRI Plafond Di atas 50 Juta

Adapun syarat pengajuan KUR plafond 50 – 500 juta itu, biasanya di proses di kantor cabang dan yang bertugas biasanya AO BRI. Adapun persyaratannya adalah semua persyaratan berkas seperti yang di sebutkan di atas. Di tambah dengan berkas sebagai berikut !

  1. Surat izin usaha mikro, yang terdiri dari SITU, SIUP, di tambah dengan surat perizinan lain yang setara seperti HO, Amdal, Akta Pendirian Usaha ( jika ada )
  2. NPWP
  3. Jaminan dapat berupa BPKB Kendaraan dan sertifikat tanah
  4. Melampirkan PBB, IMB jika ada bangunannya

Baca : Cara Top UP KUR BRI

Syarat Pengajuan KUR BRI Lewat Online

Mengajukan pinjaman KUR lewat online, merupakan terobosan yang di lakukan BRi untuk mengakselerasi dan memberikan ruang kepada masyarakat agar lebih mudah mendapatkan akses KUR.

Ini juga salah satu dampak dari Pandemi. Agar UMKM yang terdampak dapat terus tumbuh dan bertahan di tengah siklus ekonomi yang serba down.

  • Adapun yang bisa mengajukan KUR lewat online, yaitu : menjalankan usaha di marketplace : Shopee, Tokopedia, dll. Juga para driver online Grab dan Gojek.
  • Usaha sudah berjalan minimal 6 bulan.
  • Pengajuan atas nama Individu
  • Tidak sedang menerima kredit Modal Kerja
  • Berkas, sama dengan syarat pengajuan KUR langsung ke kantor BRI. Seperti yang di sebutkan di awal. Di tambah dengan surat izin / keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing.

Jika syarat di atas sudah terpenuhi, kita bisa langsung mengajukan melalui situs https://kur.bri.co.id/

syarat kur bri online
  • Klik Ajukan Pinjaman KUR
  • Jika belum punya akun, silahkan register terlebih dahulu. Bisa menggunakan akun google.
pengajuan kur lewat online
  • Konfirmasi email dan login kembali.
  • Silahkan lengkapi halaman Profil, lalu klik Ajukan Pinjaman di bawah foto profil.
  • Setujui Syarat dan Ketentuan.
  • Lengkapi informasi profil mulai dari NIK, pekerjaan, no, telepon, email, nama pasangan, agama, alamat tinggal / alamat sesuai KTP, dan informasi lainnya.
  • Profil Usaha,
  • Upload dokumen, dan
  • Data pengajuan,
  • Tunggu konfirmasi dan instruksi selanjutnya via email.

Nah, itulah tadi adalah syarat kur bri yang dapat Anda jadikan sebagai informasi atau pedoman sebelum mengajukan pinjaman KUR BRI baik langsung di kantor bri maupun melalui situs kur bri.

4 komentar.

  1. Saya sudah masukin berkas 1bulan tapi tidak ada kabar dari pegawai bri padahal saya sangat butuh modal untuk memajukan usaha kebun karet saya.tolong pak ditegur. Ini kan program presiden juga kok dipersulit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *