Syarat Buka Rekening Atas Nama Organisasi Di Bank

Syarat buka rekening atas nama organisasi perlu kita ketahui sebelum ke bank yang di inginkan untuk membuka rekening. Sebagaimana kita ketahui, menjadi pemegang uang untuk sebuah komunitas atau organisasi terkadang menjadi perkara yang sulit. Karena uang yang di pegang adalah uang yang di miliki oleh banyak orang. Agar tidak terjadi kesalahpahaman di belakang hari, ada baiknya uang di simpan di sebuah bank yang di atas namakan organisasi tersebut.

Organisasi yang di maksudkan di sini adalah organisasi baik yang memiliki badan hukum seperti LSM, maupun tidak berbadan hukum seperti Mesjid.

Membuka rekening atas nama pribadi dengan rekening atas nama organisasi, perusahaan atau komunitas tentu berbeda. Kalau untuk buka rekening pribadi di bank bri kita hanya membutuhkan KTP dan setoran awal. Sedangkan jika, buka rekening atas nama organisasi itu membutuhkan beberapa persyaratan.

Lihat : Syarat buka rekening di Bank Mandiri secara online

Salah satu bank yang melayani pembukaan rekening atas nama organisasi adalah bank BRI. Dan hampir bank lain juga melayani, seperti bank BCA, Mandiri, BNI, dan lainnya. Namun kali ini kita membedah syarat buka rekening organisasi di bank BRI.

Syarat Buka Rekening Atas Nama Organisasi di bank bri BNI BCA

Syarat Buka Rekening Atas Nama Organisasi di Bank BRI

  1. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk Ketua dan Bendahara.
  2. Fotocopy NPWP Ketua dan Bendahara
  3. Surat Keterangan Domisi Organisasi dari pemerintah setempat, kelurahan, desa
  4. Surat kuasa organisasi jika di wakilkan untuk Keuta dan bendahara
  5. Surat Keputusan [SK] kepengurusan organisasi (Komunitas, masjid, yayasan)
  6. Struktur kepengurusan organisasi yang meliputi susunan lengkap pengurus mulai dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, hingga seksi-seksinya.
  7. Fotocopy anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi.
  8. Fotokopi Badan Hukum organisasi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia [Kemenkum HAM] (Jika berbadan hukum seperti yayasan)
  9. Kalau Bentuk perusahaan, CV dll, perlu legalitas usaha. seperti surat izin usaha dan akta pendirian usaha.
  10. Jumlah setoran awal untuk pembukaan rekening

Jika semua syarat buka rekening organisasi di bank bri di atas sudah lengkap, sekarang tinggal kunjungi bank BRI terdekat dalam hal ini di wakili oleh ketua dan bendahara. Atau orang yang di berikan kuasa atau di tunjuk oleh organisasi untuk membukakan rekening atas nama organisasi itu. Meskipun dalam hal ini kita juga bisa buka rekening bri secara online. Tetapi ada baiknya ke kantor nya saja.

Setelah sampai di BRI. Silahkan ambil nomor antrian, dan lanjutkan ke CS untuk di bukakan rekening. Nantinya kita akan di serahkan untuk mengisi formulir.

Lihat : Syarat buka rekening di bank Mandiri

Sekian yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini terkait syarat buka rekening atas nama organisasi di bank BRI. Hal ini kurang lebih sama, jika kita memilih bank BCA, Mandiri, maupun bank lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *