Anda Sedang Mencari Software Toko Gratis ? Silahkan Sedot Di Sini !

Settingan Pertama pada program aplikasi software toko gratis ini

software toko

Setelah berhasil login untuk pertama kali, langkah yang tepat untuk di lakukan adalah melakukan settingan pada aplikasi kasir ini. Meliputi :

  • Tuliskan identitas toko meliputi nama toko/kios, Alamat dan serta no. Telepon lalu tekan ENTER untuk pindah ke field lain.
  • Masukkan field NOTA data agar data yang di masukkan muncul saat melakukan cetak print nota, tekan ENTER untuk pindah field.
  • Tentukan satu port Printer pada field PORT PRINTER. Namun Jika tidak memakai Printer port kabel LPT maka sebaiknya pilih yang Default saja, jadi pastikan driver Printer telah terinstal. Namun jika menggunakan Print dengan port kabel LPT atau COM sebaiknya pilihan tempat dimana kabel Printnya terpasang.
  • Jika sudah klik tombol SIMPAN untuk menyimpan pengaturan.

 

SETTING USER

program aplikasi kasir

Software toko gratis ini sudah di setting menggunakan user dan password. Jadi tanpa membuat user dan password sebenarnya aplikasi ini sudah bisa di jalankan. Namun user dan password tersebut sifatnya default. Orang lain bisa saja menyalahgunakan program aplikasi ini. Oleh sebab itu, baiknya kita mengubah user dan passwordnya. Atau bahkan dapat menghapus user yang di kehendaki.
Caranya Setelah Login silahkan klik Menu USER maka Form USER akan muncul.

 

MENAMBAH USER

Langsung saja ketikkan nama User pada field Username untuk buat user baru setelah itu tekan ENTER untuk berpindah Field.
Isikan Password pada field Password yang mudah di ingat namun tidak di ketahui oleh orang lain.
Setiap user yang telah di buatkan akses dapat di pilih program-program apa saja yang dapat di akses pada software toko ini dengan mencentang box form yang di pilih. Misalnya seorang karyawan hanya bisa melakukan transaksi penjualan saja, atau user lain dapat di buatkan akses untuk melakukan mastering data. Klik enter untuk berpindah field.
Klik tombol SIMPAN untuk menyimpan nama user yang baru-baru kita buat.
User yang baru di buat dapat kita tes apakah berhasil login atau tidak dengan logout dari aplikasi toko ini dan Login kembali. Jika ada pertanyaan konfirmasi silahkan pilih OK
Form LOGIN muncul tuliskan Username dan Password yang baru di buat lalu cobalah Login.

 

MENGUBAH USER

Pada software toko ini kita bisa saja mengubah nama username dan passwordnya, karena mungkin sesuatu dan hal yang terjadi kita perlu melakukan perubahan pada username dan password agar tidak bisa di akses kembali.
Silahkan klik tombol SIMPAN Untuk merubah user dan passwordnya.

 

MENGHAPUS USER

Caranya hampir sama dengan membuat username baru, hanya saja di sini kita melakukan penghapusan. Jika ada pertanyaan silahkan klik OK. Namun jika kita login menggunakan username yang telah di hapus sebaiknya segera LOGOUT

 

MASTERING DATA

aplikasi kasir

Inilah bagian yang paling penting untuk di pahami dengan baik agar software toko ini dapat berfungsi dengan baik dan maksimal. Mastering data berhubungan dengan berbagai macam laopran transaksi.
Mastering data 8 poin seperti yang di sebutkan di bawah ini. Untuk melakukan settingan pada menu MASTER silahkan klik lalu akan muncul form MASTER.

1. Data Jual – Beli
Di pergunakan untuk menyimpan master menyimpan master data barang yang dibeli lalu dijual lagi namun tidak ada perubahan pada barang itu, contohnya buku, pulpen, indomie dan barang di beli dan di jual lagi. Data Jual-Beli langsung terkait dengan jumlah stok. Jika kita melakukan pembelian maka akan menambah stok, begitupun jika menjual barang maka akan mengurangi stock.

2. Data Penjualan
Data Penjualan berbeda dengan data jual beli. Data penjualan adalah semua barang re sale yang di jual, termasuk dengan jasa atau produk apapun tiu yang di jual. Silahkan melakukan input datanya di sini.
Data penjualan tidak mempengaruhi jumlah stock, jadi kalau kita memiliki barang ciptaan sendiri yang tidak di beli namun langsung di jual baiknya input datanya di sini.
Adapun untuk jumlah stocknya bisa kita input secara manual melalui form stock

3. Data Pembelian
Jika melakukan pembelian barang atau jasa yang akan di jual lagi dapat menggunakan menu data pembelian, namun menu ini tidak mempengaruhi stock jadi harus di lakukan setting sendiri pada form stock jika terjadi penjualan.

4. Data Kas Masuk
Yaitu berhubungan dengan masuknya uang bukan dari penjualan namun berasal dari luar, misalnya dari pinjaman bank, atau uang hasil penjualan mobil dsb.

5. Data Kas Keluar
Data kas keluar merupakan kebalikan dari data kas masuk, yaitu pengeluaran uang kas bukan dari pembelian barang namun berasal dari transaksi yang lain seperti sewa tempat, gaji karyawan, bayar listrik dll

6. Data Pelanggan
Form ini dapat di gunakan jika ingin menyimpan data-data pelanggan yang ingin di catat. Namun ini sesuai dengan kebutuhan jika hal tersebut di rasa perlu.

7. Data Supplier
Jika ingin menyimpan data suplier. Hal ini sesuai dengan kebutuhan sama dengan poin di atas.
8. Data Karyawan
Disini Kita bisa menyimpan data-data karyawan bahkan data pemiliknya sendiri

 

MENGETAHUI FUNGSI FIELD SERTA TOMBOL-TOMBOL PADA FORM MASTER

Tombol Tambah

  • Tentu kita perlu berada di Form MASTER, lalu tekan tombol + pada Keyboard atau klik tombol + , maka Form TAMBAH akan tampil.
  • Isikan data pada field dalam Form tersebut lalu simpan atau tekan tombol ENTER pada Keyboard untuk berpindah ke field dan menyimpan data.

TOMBOL UBAH: MENGUBAH MASTER DATA

  • Munculkan Form MASTER dengan klik menu MASTER. Tentukan data pada field data, maka data akan tampil dalam format tabel.
  • Silahkan Pilih data yang ingin diubah dengan mengklik data tersebut dengan double klik.
  • Dengan begitu form ubah akan tampil, silahkan isi perubahan yang di kehendaki, lalu klik simpan atau tekan Enter untuk pindah ke field lain lalu simpan data.

TOMBOL HAPUS: MENGHAPUS MASTER DATA

Sama dengan langkah di atas, kita hanya perlu mengklik 2 kli data yang akan di hapus, lalu akan muncul pertanyaan konfirmasi untuk hapus klik OK.

TOMBOL CETAK: MENCETAK MASTER DATA

Jika ingin mencetak master DATA tekan tombol CETAK namun sebelumnya pastikan printer sudah dalam kedaan tersambung dan menyala.

TOMBOL REFRESH: MEREFRESH ULANG TABEL MASTER DATA

TOMBOL BERSIH: MENGHAPUS MASSAL MASTER DATA
Kita bisa menggunakan menu ini untuk melakukan penghapusan pada data yang di kehendaki dengan melakukan centang pada box. Namun jika ingin menghapus semuanya silahkan centang HAPUS SEMUA

FIELD CARI: UNTUK MENCARI DATA
Ketikkan kata kunci yang ingin di cari. Maka semua kata yang berhubungan dengan kata kunci pencarian akan muncul di software toko gratis ini.

FIELD KATEGORI: MENAMPILKAN DATA BERDASARKAN KATEGORI
– Silahkan pilih kategori di dalam field KATEGORI
– Maka seluruh data yang masuk kedalam kategori tersebut akan muncul

 Baca juga : Cara mendapatkan modal usaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *