Sektor Perekonomian Industri Perikanan

Sektor Perekonomian Industri Perikanan,
Antaranews.com

Sektor Perekonomian Industri Perikanan

http://bisnisonlineusaharumahan.com – Sektor Perekonomian Industri Perikanan, yakni dimana industri ini berperan penting pagi perkembangan ekonomi di Indonesia.

Selain letak wilayah yang berdominan laut, serta menjadi tempat strategis juga untuk melakukan pengembangan usaha dalam industri perikanan ini.

UU No. 9 tahun 1985 tentang perikanan, yang dimaksud dengan sumber hayati laut adalah sumber daya ikan berdasarkan ketersiadaan sumber daya alam kelautan maka pemanfaatan SDA dibagi menjadi beberapa spesialis industri kelautan.

Diantaranya yaitu industri sumber daya ikan, industri daya tak dapat pulih, industri jasa lingkungan.

Seperti yang sudah diketahui bahwa Indonesia memilki area laut yang begitu besar hingga menjadikam sektor ini menjadi salah satu andalah perekonomian di negara Indonesia.

Pemanfaatan Sektor Perekonomian Industri Perikanan

1. EKSPOR

Dimana sektor perekonomian dalam industri ini sangat berpotensi dalam segi ekonomi ekspor di negara Indonesia.

Kementrian kelautan dan perikanan pada tahun 2020 mencapai US$52 miliar atau setara dengan Rp 72,8 triliun rupiah dengan goals Rp 14.000 per US$.

Nilai ekspor tersebut 48,4 nya merupakan ekspor ikan konsumsi secara volume ekspor mencapai 60 juta ton. Amerika serikat menjadi urutan pertama dari 4 negara tujuan ekspor dari bulan Januari sampai bulan maret 2020.

Diantara 4 tujuan ekspor itu antara lain Amerika, Tiongkok, Jepang dan Malaysia.

Nilai ekspor ke AS mencapai US$109, 60 juta atau 40,9% dari data keseluruhan ekpor Indonesia.

Dengan peringkat kedua Tiongkok ekspor mencapai US$172,23 juta 13,95% dari total data ekspor di Indonesia.

2. KONTRIBUSI TERHADAP PDB

Yakni industri perikanan ini merupakan salah satu indikator penting untuk digunakan dalam penkontribusian industri perikanan terhadap domestik bruto yang ada di Indonesia.

Berdasarkan data BPS pertumbuhan data kontribusi sektor perikanan ini mengalami penurunan dari dua tahun sebelumnya.

Yakni pada tahun 2020 pada triwulan satu hanya mencapai 3,52% nilai DBP dengan menggunakan uang konstan yakni pada tahun 2010 triwulan satu 2020 mencapai 64,495 miliar.

Tantangan perekonomian pada industri perikanan

1. Penurunan Ekonomi
2. Kerentaanan Pembudidayaan
3. Penurunan Harga Ikan
4. Tergantungnya Rantai Pasok
5. Penurunan permintaan ikan

Presiden Jokowi yang menitik beratkan pada sumber daya maritim diantaranya melalui kebijakaannya mengenai ekonomi kelautan ada 11 bidang.

Yakni dari 11 bidang tersebut diantaranya perikanan tangkap, perikanan budidaya, industri pengolahan perikanan, industri bioteknologi kelautan, pertambangan energi, ekonomi sumber daya mineral, pariwisata bahari, hutan bakau, hubungan laut, sumber daerah wilayah laut kecil, industri dan jasa maritim, sumber daya alam non konversional.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai industri perikanan, untuk informasi lebih lanjut anda bisa menunggu pada artikel yang akan diterbitkan selanjutnya.

Dapatkan selalu informasi terupdet, tips dan mengenai dunia usaha dan keuangan hanya di situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!