Cara Memulai Usaha Toko Kelontong, Lihat Tipsnya !

Salah satu ide peluang usaha yang menurut saya tidak akan pernah mati adalah bisnis toko kelontong. Walaupun sejak merebaknya indomaret, alfamidi, dan alfamart, penjual barang campuran ini sedikit kewalahan. Lalu apakah begitu toko kelontong tradisional sudah tidak potensial lagi ? Berikut cara memulai usaha toko kelontong.

Pasalnya swalayan-swalayan besar itu tidak lagi hanya ada di pusat kota besar tetapi toko nya mulai berdiri megah di dekat rumah warga. Dan hal ini berdampak signifikan terhadap omset.

Tetapi meski dengan kondisi seperti itu, masih banyak kok bermunculan pengusaha-pengusaha toko kelontong baru. Mengapa ? Karena toko kelontong memiliki  Tentu ini memiliki alasan tersendiri di masyarakat. Dan salah satu yang paling masuk akal, jika banyak yang menjalankannya berarti itu usaha cukup menjanjikan.

Baca juga : Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil

cara memulai usaha toko kelontong

Perhatikan 4 Tips Cara Memulai Usaha Toko Kelontong Berikut Ini !

1. Tentukan Modal

Toko kelontong merupakan bisnis dengan modal yang fleksibel artinya berapapun modal, kita masih bisa menjalankan usaha ini. Yang perlu di titik beratkan ketika modal yang dipegang jelas jumlahnya maka perencanaan kedepannya akan lebih terarah. Misalnya modal 10 juta tentu akan berbeda aplikasinya dengan mereka yang memulainya dengan modal 5 juta.

Buat pencatatan secara detail barang yang akan dibeli. Barang yang dibutuhkan termasuk dengan lemari etalase, rak, lemari pendingin, label harga, gantungan dll. Kalkulasikan jumlah biaya dari seluruh barang.

2. Memilih Inventaris Toko

Setelah kita menentukan berapa modal yang dimiliki, maka saatnya mempertimbangkan sarana dan inventaris toko yang akan di beli. Pemilihan inventaris toko sesuaikan dengan kebutuhan. Dan fungsi dari barang tersebut. Misalnya lemari pendingin, lemari etalase dan rak pajangan ini bisa di sesuaikan dengan kebutuhan.

3. Menentukan Supliyer Barang

Setiap kota tentu memiliki beberapa toko grosir barang campuran, di antara mereka dapat kita lakukan pemilihan siapa yang bagus di ajak berlangganan. Tentu sebelumnya kita perlu mencari tahu banyak informasi mengenai toko grosir tersebut. Baik dengan mengunjungi langsung atau atau mencari informasi di para penjual barang campuran lainnya yaang telah eksis.

Baca juga : Cara buka dan estimasi biaya untuk usaha laundry

4. Penataan Lokasi Toko.

Penataan rak-rak etalase rapi akan memudahkan para pengunjung untuk memilih barang yang di inginkannya. Perhatikan juga apakah perlu dilakukan pengecatan dinding, perbaikan atap, atau mengganti lantai toko, semua fasilitas ini perlu diperhatikan agar pemilik dan pengunjung nantinya dapat merasa nyaman, dan tidak segan kembali ketempat kita di lain waktu.

Inilah 4 poin besar yang perlu menjadi perhatian terkait cara memulai usaha toko kelontong, adapun untuk trik-trik selanjutnya dapat di kerjakan ketika usaha berjalan, apa yang perlu ditambah, apakah perlu menyediakan ruangan untuk penyimpanan barang atau perlu menyiapkan seorang karyawan dan lain sebagainya dapat kita pertimbangkan ketika sudah ada perhitungan yang jelas berapa laba yang kita peroleh setiap hari dan setiap bulannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *