Perkembangan Ekonomi Indonesia Bergantung Pada UMKM

Benihbaik.com UMKM

http://bisnisonlineusaharumahan.com – Siapa sangka bahwa perkembangan Indonesia bisa bergantung pada UMKM yakni berupa usaha kecil, mikro dan menengah. Ternyata perusahaan-perusahaan besar yang kita kenal ini bukan merupakan kekuatan dari perkembangan ekonomi di Indonesia melainkan UMKM lah yang memilki peran besarnya.

Dengan UMKM kondisi ekonomi di Indonesia bisa menjadi tahan banting terhadap berbagai guncangan dan bisa bertahan terhadap krisis ekonomi selama puluhan tahun. Kalau bukan dari hasil kerja keras berbagai UMKM yang ada ekonomi indonesia mungkin sudah jatuh di tahun 1998 atau 2008, seperti di berbagai negara lain yang jatuh miskin gara-gara krisis ekonomi karena akibat adanya dari inflasi.

Berkat UMKM juga Indonesia bisa termasuk menjadi anggota dari G20 yakni menjadi salah satu negara yang memilki ekonomi terkuat di dunia. Kontribusi sektor ini sangat besar sekali, berdasarkan data kontribusi UMKM ke PDB sektor UMKM telah berkontribusi menyumbang 62% senilai 8.500 triliun rupiah pada sektor pertumbuhan ekonomi nasional negara Indonesia.

Kontribusi besar inilah yang diberikan UMKM sehingga mampu mengalahkan gabungan industri-industri manufaktur bersakala raksasa sekalipun. Untuk itu, untuk siapapun yang sedang berjuang memulai dan membangun usaha tentunya jangan merasa minder karena terlihat kalah saing dengan perusahaan-perusahaan besar yang ada, justru seperti yang sudah disebutkan sebelumnya dengan semakin banyak jenis UMKM yang ada akan membantu berkontribusi untuk mempertahankan dan meningkatan taraf ekonomi di Indonesia menjadi lebih kuat dan bisa bertahan dikala situasi krisis sekalipun.

Apa masih ingat krisis ekonomi pada tahun 1997-1998 di Indonesia?

Krisis ini yang menyebabkan nilai tukar dolar anjlok dari 2.500/dolar tiba-tiba menjadi 16.000/dolar, akibat krisis ini banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia bangkrut bahkan berdasarkan data dari OJK pada bulan maret 2019 menyebutkan ada 151 bank yang terpaksa harus gulung tikar disebabkan krisis moneter tersebut. Selain itu, banyak pegawai yang di PHK menjadikan angka pengangguran semakin bertambah sekitar 9,8 juta orang pasca krisis 98.

Siapa yang membantu memulihkan ekonomi ditengan situasi krisis itu?

Sektor yang membantu memulihkan krisis ekonomi di Indonesia yakni UMKM, pada saat itu ketika semua perushaan besar bergantung pada nilai uang dolar sektor UMKM ini menjadi bneteng pertahanan yang kokoh di Indonesia. Adanya UMKM mampu melakukan upaya mandiri untuk menggeser ketergantungan bahan baku impor jadi menggunakan bahan yang ada di dalam negeri, produksi yang dijual dengan harga grosir lalu didistribusikan ke seluruh wilayah negeri.

Disisi lain dimana banyak perusahaan yang bangkrut dan banyak pegawai yang di PHK, tentunya UMKM adalah sektor yang dapat memberikan lowongan pekerjaan dan mampu mengurangi angka dari pengangguran. Negara Indonesia memang sangat beruntung sekali karena masyarakat yang memilki akal rumput bisa lebih mandiri dan berdikari secara ekonomi. Karena tidak semua negara bisa seperti ini contohnya yakni negara Venezuela yang menggantukan diri terhadap ekonomi nasionalnya pada produksi minyak bumi ketika minyak bumi mengalami penurunan justru malah membuat negara ini jatuh pada krisis ekonomi yang berkepanjangan.

Keberagaman UMKM Menjafi faktor utama pertahan ekonomi!

Keberagaman UMKM sendiri bisa menjadi pertahanan sangat kuat untuk ekonomi Indonesia, yakni yang mampu memeperkejakan 117 juta orang atau sekitar 97% tenaga kerja di Indonesia dengan kemampuan dan kapabilitas yang beragam. Kemampuan ahli berdagang, menjahit, membuat kerajian, memasak semua jenis UMKM itulah yang membuat ekonomi di Indonesia bisa bertahan kuat lebih kuat dati negara yang hanya menggantungkan dirinya pada satu bidang sektor ekonomi saja.

Dengan adanya UMKM bisa memberdayakan masyarakat dati berbagai kalangan, sehingga yang memilki pendidikan rendah pun bisa berkesempatan untuk menambah kemampuan dan tentunya bisa berpenghasilan sendiri.

Sayangnya, adanya usaha UMKM memang mendorong pelaku usahanya untuk selalu bekerja sangat keras dalam perjuangannya. Apalagi mereka selalu dihadapkan pada berbagai masalah seperti kekurangan modal, beban bunga kredit tinggi, pengurusan izin usaha yang cukup ribet belum lagi banyak konflik dalam praktek bisnisnya yang seringkali membuat usaha malah berantakan, ditambah lagi jika ada masalah teknisnya sehingga proses usahanya menjadi tidak stabil. Untuk itu, sebagai solusinya para pelaku UMKM bisa menggunakan berbagai star up yang menawarkan layanan untuk membantu UMKM menjadi lebih terorganisir dan lebih teratur, yang nantinya usaha UMKM akan lebih memilki daya tahan lama untuk perputaran proses ekonominya.

Dapatkan selalu informasi terupdet,  tips, mengenai dunia usaha dan keuangan hanya di situs kami.

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!