Pentingnya Riset Kata Kunci Dalam Sebelum Membuat Website / Blog

Seberapa pentingkah Riset Kata Kunci dalam memulai membangun website? Itulah yang coba akan didedahkan dalam artikel kali ini. Karena banyak diantara pebisnis online pemula menentukan kata kunci yang dipakai secara  asal atau menurut perkiraannya semata. Tanpa benar mempertimbangkan kata kunci apa yang banyak dicari search engine?

Walaupun kenyataannya, Riset kata kunci bukan penentu kesuksesan seseorang dalam bisnis online, karena tujuan kita melakukan riset adalah memilih kata kunci yang banyak di ketikkan di search engine seperti google.com. Namun kata kunci yang banyak pencarinya itu juga memiliki banyak pesaing. Andaikan kata  kunci yang sama di search engine memiliki kesempatan yang sama untuk tampil di PAGE #1 google, Pasti menyenangkan. Namun tidaak demikian. Hanya web yang sudah teroptimasi dengan baik yang akan muncul di Page #1.

Apa sih hebatnya  halaman pertama itu? Ibarat bisnis offline, langkah pertama yang dipertimbangkan calon pebisnis dalam membuka usahanya pasti melihat lokasi strategis. Karena dengan lokasi yang mudah untuk di temui maka kita akan mendapatkan penghasilan. Dalam dunia online tempat atau lokasi strategis itu adalah halaman pertama google. Jadi bagaimana kita membidik kata kunci yang banyak pencarinya dan web kita dapat muncul di halaman pertama dengan kata kunci tersebut. Caranya dengan memperhatikan keyword atau kata kunci yang dijabarkan dalam konten yang semampai.

Seperti Apa itu keyword?

Misalnya, saat ingin mengetahui spesifikasi Sebuah handphone Android Samsung s4. Maka apa yang kita ketikkan dimesin pencari seperti google.com. Mungkin kita mengetikkan “spesifikasi Samsung s4”. Nah kata yang diketikkan pada mesin pencari untuk mendapatkan informasi tersebut di sebut sebagai kata kunci atau keyword

Kenyataan membuktikan bahwa web yang muncul di halaman satu memiliki kunjungan paling banyak di banding web yang ada di page 2 atau page selanjutnya.

Di sinilah tujuan riset kata kunci, yaitu untuk mengetahui kata apa yang diketikkan orang untuk menemukan web. Misalnya web kita menjual hp Samsung. Maka yang kita riset adalah kata kunci mengenai Samsung yang banyak pencarinya di search engine. Dan memiliki tingkat kompetesi yang dapat di tembus. Tujuannya jelas yaitu menjadi nomor satu dengan kata kunci yang banyak pencarinya dan pesaing yang dapat dikalahkan.

Riset kata kunci sangat penting buat kelangsungan website kita kedepannya, salah dalam melakukan riset sangat fatal akibatnya jika kita menginginkan penghasilan dari website. Misalnya kita menjual hape Samsung s4, namun kita menggunakan kata kunci “spesifikasi Samsung”, akan berbeda jika kita menggunakan harga hp Samsung. Karena pengunjung yang dating dengan spesifikasi Samsung besar kemungkinan ia dating hanya hendak mengetahui spesifikasinya saja atau hanya menginginkan informasi dia tidak ingin membeli. Berbeda dengan pengunjung yang datang dari harga hp Samsung besar kemungkinan dia hendak membeli hp Samsung dengan kata harga yang dia pakai. Hal ini sering disebut sebagai buying keyword. Kemampuan dalam memilih kata kunci sangat berpengaruh pada penghasilan dan website kita. Banyak orang yang memiliki pengunjung yang banyak dalam satu hari namun konversi penjualannya minim, mengapa ? itu tadi kesalahan dalam memilih kata kunci yang sesuai dengan konten dan kehendak website kita.

Ada orang yang menjual software namun kata  kunci yang dia pakai adalah free software maka website demikian akan susah untuk melakukan penjualan karena sudah dapat dipastikan pegnjung yang dating adalah mereka yang mencari software gratis bukan yang berbayar. Meskipun pengunjung perharinya mencapai sampai puluhan ribu. Tetap saja sulit mengkonversikan pengunjung jadi pembeli.

Saya punya pengalaman dalam hal ini, Blog pertama saya menggunakan kata kunci tertentu yang saya bidik. Ia berhasil nangkring di halaman 1 google. Dengan umur hanya 3 hari. Padahal saya tidak melakukan optimasi apa-apa. Hanya menentukan kata kunci, lalu saya buatlah artikel dengan beberapa paragraph, eh lepas 3 hari saya cek langsung masuk di halaman pertama google. Ternyata usut punya usut kata kunci yang aku pakai tidak memiliki pencarian. Jadi biarpun nangkring di page 1 tetap saja pengunjung tidak ada. tidak ada trafik maka jangan harap ada penghasilan he he he he…..kalaupun ada ianya pengunjung nyasar alias tidak tertarget.

Coba ketikkan “usaha kampasing” di mesin pencarian google, Siapa yang page #1 ?

Riset Kata Kunci

Jadi saya kira teman-teman sudah mengerti tentang pentingnya riset kata kunci dalam membangun bisnis online. Target kita dalam riset kata kunci adalah menemukan kata kunci yang banyak pencarinya, dan memiliki tingkat persaingan yang mudah di kalahkan.

Sejatinya Riset Kata  Kunci sebaiknya di lakukan setiap menulis artikel?

Pernah ada yang teman yang bertanya apakah riset kata kunci harus dilakukan setiap menulis artikel ? saya kemudian terdiam dan berpikir. Karena saat itu, masih tergolong baru di bisnis online. Karena pengalaman yang aku praktikkan adalah riset kata kunci yang aku lakukan hanya di awal saja, saat hendak memilih nama domain, aku masukkan kata kunci disitu.

Baru kemudian aku sadar bahwa untuk riset kata kunci perlu dilakukan setiap ada artikel baru yang kita update, mengapa ? karena trend kata kunci terkadang memiliki jumlah pencari banyak pada fase tertentu namun menurun pada fase tertentu.

Maka untuk menyiasati hal ini agar trafik kita tidak ikut menurun di perlukan strategi khusus diantaranya melakukan riset setiap akan di buat konten yang baru, bukan kata kunci yang baru tetapi kata kunci turunan dari kata kunci utama yang dipilih.

Misalnya saat melakukan riset jumlah pencari Hp Samsung adalah 60.000 orang, namun setelah konten diterbitkan jumlah pencari hanya sekitar 1500 saja.

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam membangun bisnis online adalah sebelum melakukan riset kata kunci tentu  kita sudah menentukan ide bisnis online apa yang akan dijalankan.

Berapa banyak idealnya kata kunci dalam satu website

Semakin banyak kata kunci semakin baguslah website itu dalam mengundang trafik. Ilustrasinya jika ada 1 kata kunci dengan jumlah artikel 10, maka dengan menggunakan 10 kata kunci maka jumlah artikel sebanyak 100.

Asalkan dalam web yang dibangun memiliki struktur internal link yang bisa menjelaskan kata kunci utama, sub kata kunci dan kata kunci turunan.

Satu kata kunci menyumbang 100 kunjungan berarti ada 1000 kunjungan perhari  dari hanya sepuluh kata kunci. Bagaiimana kalau menggunakan 50 kata kunci turunan. Pasti akan banyak lagi trafik nya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *