Cara Penggemukan Sapi Potong Secara Cepat Dan Benar

cara penggemukan sapi potong secara cepat dan benar

penggemukan sapi potong secara cepat – Salah satu #peluang usaha yang cukup menjanjikan adalah di bidang peternakan. Ada banyak peluang usaha ternak yang dapat kita jalankan. Namun bagi kita pemula, yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai bidang tersebut, tentunya akan kesulitan untuk memulainya. Tetapi jika kita memiliki tekad dan mau belajar, tak ada yang tidak bisa kita wujudkan.

Saat ini mencari informasi tidaklah susah, jika kita tidak memiliki kerabat, atau teman yang mau menuntun kita. Ada banyak media yang dapat di jadikan sumber pelajaran. Salah satunya adalah internet. Informasi apa yang ingin di cari dari internet ? Sepertinya google sudah menjadi media penyimpan informasi super lengkap. 

Blog ini contohnya, sudah menjadi penyedia informasi yang banyak di baca di internet. Dan pada kesempatan ini akan di ulas cara penggemukan sapi potong secara cepat dan benar. Artikel ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya mengenai persiapan cara beternak sapi bagi pemula. Jadi silahkan baca terlebih dahulu artikel tersebut. Baru lanjut ke sini.

Agar Sapi Cepat Gemuk Perhatian 8 Poin Berikut Ini !

  1. Sapi yang baru kita beli, jangan langsung di masukkan dan di biarkan bergabung dengan sapi yang lain. Masukkan ke kandang karantina, berikan air minum yang telah di campur dengan air gula merah untuk mengembalikan stamina tubuhnya yang terkuras dalam perjalanan. 
  2. Keesokan harinya, beri obat cacing dan vitamin dengan cara di suntik, dicekok, atau di campur ke tempat air minumnya. Dosisnya sesuai dengan takaran yang di anjurkan pada kemasan obat cacing dan vitamin itu.
  3. Pakan yang di berikan di awal-awal penggemukan sapi potong, perlu di lakukan secara perlahan. Untuk mengukur sejauh mana tingkat konsumsi pakan yang di beli itu. 
  4. Memberi pakan secara tepat, jumlah pakan yang di berikan harus di sesuaikan dengan jenis pakan, kandungan nutrisi, bobot sapi potong. Ukuran : pakan hehijauan sebesar 5% berat basah dari bobot badan sapi. pakan konsentrat sebesar 1,5% dari berat kering dari bobot badan sapi. 
  5. Sedangkan untuk pakan tambahan seperti vitamin, garam, dan urea block di berikan sebesar 1% dari total ransum yang di buat.
  6. Air minum harus air bersih, dan perlu di ganti setiap hari.
  7. Perhatikan kebersihan sapi dan kandang, mandikan sapi minimum sekali sehari semabri membersihkan kotoran, serta lalat dan lainnya yang dapat mengganggu kenyamanan sapi potong. 
  8. Untuk memaksimalkan pembersihan lantai kandang, lakukan penyemprotan desinfektan setidaknya 1 kali dalam seminggu

Kalau mau di dimpulkan poin-poin di atas cara penggemukan sapi potong secara cepat adalah

  • penanganan sapi yang baru datang,
  • pemberian pakan yang benar,
  • dan terakhir adalah kebersihan kandang –

agar bisa menjaga kesehatan dan memaksimalkan pertumbuhan daging sapi yang akhirnya menghasilkan sapi yang gemuk dalam waktu relatif singkat. 

Demikianlah cara penggemukan sapi potong secara cepat yang sempat kami sampaikan. Dan Untuk referensi selanjutnya, silahkan baca kendala yang mungkin muncul pada penggemukan sapi serta cara menanganinya. 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.