peluang usaha yang cocok untuk pengangguran dan para pencari kerja
Ilustrasi image by google

Contoh Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Pengangguran !

Diposting pada

Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Pengangguran – Apakah anda sesorang pengangguran. Pernah kuliah atau menuntut pendidikan namun tak kunjung bekerja. Memasukkan lamaran kerja ke banyak perusahaan namun tak satupun ada yang mengirimkan panggilan. Dalam suasana demikian tentu sangat tidak menyenangkan. Apalagi kalau kita sudah berkeluarga, atau sudah menuntut ilmu di perguruan tinggi namun hasilnya kita hanya tinggal di rumah menunggu ada tangan-tangan gaib yang dapat memberikan bantuan.

Belum lagi di tambah kebutuhan hidup dewasa ini yang kian beragam. Namun kalau kita mau membuka diri, lepas dari keterpurukan menjadi pengangguran. Ada banyak peluang usaha yang dapat dikerjakan. Daripada terus menunggu panggilan dari perusahaan, alangkah baiknya kita yang membuka usaha sendiri. Tidak ada tekanan kerja, tidak ada bos, dan malah kita dapat menciptakan peluang bisnis bagi orang lain. Saya kira ini lebih berharga. Daripada terus menerus menjadi pengemis kerja. Setidaknya kita telah berperan memberikan bantuan bagi orang disekitar.


Apa saja peluang usaha yang cocok untuk pengangguran ? Membicarakan tentang peluang usaha, sebenarnya semua lini kehidupan dapat menjadi lahan bisnis. Sebab pada prinsipnya apa saja yang bisa mendatangkan mencipatakan uang,  hal tersebut dapat menjadi sebuah bisnis. Bahkan tanpa modal sekalipun sebenarnya kita dapat memulai sebuah bisnis. Dan ini bukan bisnis kecil-kecilan atau dengan penghasilan kecil, Tetapi tanpa modal sekalipun kita dapat menghasilkan uang dengan penghasilan besar.

Apa saja peluang usaha yang cocok untuk pengangguran?

Menjadi Makelar Properti / Kendaraan

peluang usaha yang cocok untuk pengangguran yaitu makelar rumah
ilustrasi by google image

Pernahkah kita jalan-jalan dan menemukan rumah atau tanah yang mau dijual ? Saya kira kalian semua pernah menemukan papan informasi seperti itu, dan semua spanduk tersebut mencantumkan nomor kontak yang dapat dihubungi. Hal ini bisa menjadi, peluang usaha tanpa modal, dan komisi yang kita dapat tentu tidaklah sedikit jika kita berhasil membantu pemilik barang menemukan pembeli buat objek yang di jualnya.

Besarnya komisi yang kita dapat, tergantung dari hasil pembicaraan. Oleh sebab itu, sebelum melakukan promosi ada baiknya kita jelaskan kepada pemilik mengenai maksud kita, dengan menghubungi nomor yang tertera.

Jadi barang yang dapat di promosikan bukan terbatas pada property tanah dan rumah, bisa berupa mobil, motor dan lain-lain. Yang sesuai dengan minat dan kemampuan.

Berbisnis sesuai hobbi

Saya kira di antara kita semua memiliki hobbi dan minat yang berbeda-beda, coba gali potensi tersebut jangan sampai bisa dijadikan peluang usaha menjanjikan, ada banyak bentuk peluang usaha sesuai hobbi atau minat. Misalnya :

  • Membuka usaha percetakan, cetak foto, cetak undangan, ID Card, sablon baju, dll
  • Membuka usaha warnet dan game online
  • Toko alat-alat memancing
  • Menjual alat-alat olahraga seperti bulutangkis

Ada banyak peluang usaha untuk pengangguran yang sesuai dengan minat, Hobbi main bulutangkis, jual alat-alat bulutangkis, hobbi futsal dapat menjual sepatu dan baju futsal.

 

Berbisnis sesuai dengan keahlian

Pengangguran yang banyak di Indonesia bukanlah mereka yang tidak pernah mengenyam pendidikan, bahkan banyak di antara mereka yang menganggur itu pernah menimba ilmu diperguruan tinggi ternama dengan jurusan yang memang layak untuk bekerja. Oleh sebab itu, baiknya kita membuka usaha sesuai dengan yang kita mampu jalankan. Seperti

Membuka Jasa desain rumah, jika memiliki keahlian dalam bidang ini, karena mungkin pernah kuliah di jurusan teknik sipil atau lainnya. Hal ini bisa menjadi peluang usaha yang dapat membuat pemiliknya kaya raya sebab, jasa desain rumah bukanlah biaya yang sedikit.

Membuka bengkel otomotif, Bagi yang pernah kuliah atau memiliki keahlian dalam bengkel mobil, karena mungkin pernah bekerja di tempat lain. Maka saatnya membuka peluang usaha sendiri, dari pada menganggur mengharap kerja di tempat lain.

Membuka Les privat, Punya keahlian computer ? bisa dijadikan sebagai peluang bisnis menggiurkan dengan membuka bimbingan atau kursus computer, kita hanya perlu menyediakan perangkat computer serta buku-buku panduanyang dapat diciptakan sendiri.

peluang usaha yang cocok untuk pengangguran salah satunya menjadi penulis lepas
Ilustrasi by google image

Jasa penulis lepas, jika kita terbiasa menulis dan menjelaskan sebuah topic menarik yang gampang untuk di pahami. Maka saatnyalah kita membuka jasa penulisan artikel. Sekarang ini, banyak sudah yang memanfaatkan jasa ini di internet. Banyak blogging yang mencari penulis artikel untuk blog-blognya. Mengerjakannya sangat mudah, cukup melakukan  promosi dengan media social, facebook, twitter, bbm, google plus, melalui forum-forum diinternet. Dan salah satu tempat promosi yang paling baik adalah mendaftar di situs-situs freelancer seperti sribulancer

Membuka jasa servis elektronik, Jika memiliki keahlian memperbaiki elektronik, baik itu kmputer, laptop, mesin cuci, Kulkas, Ac, Televisi, dll

Berbisnis Sesuai dengan apa yang di miliki

Coba perhatikan apa yang ada di sekitar dan yang merupakan kepemilikian sendiri. Hal itu dapat di komersilkan dan menjadi mata pencaharian. Misalnya,

  • Rental Mobil, Jika memiliki mobil
  • Rental Playstation, jika punya PS,
  • Membuka layanan area internet, jika kita memiliki jaringan internet di rumah,
  • Ternak ayam baik ayam kampung maupun ayam potong, jika memiliki lahan kosong yang tidak dimanfaatkan di belakang rumah.
  • Menanam sayur-sayuran, cabe, dll. Jika punya lahan di belakang rumah
  • Budidaya lele, jika punya lahan
  • Budidaya walet, jika punya lahan dan modal. ( Baca juga : cara budidaya walet )

Masih sangat banyak peluang usaha yang cocok untuk pengangguran, jika kita kreatif dalam melihat kondisi dan sarana yang dimiliki maka apapun itu bisa menjadi peluang yang menjanjikan. Sebagai contoh, ada orang yang membuka usaha area parkir. Ini merupakan sebuah kelihaian melihat kondisi. Dimana dia memiliki rumah di depan sebuah sekolah SMU yang memiliki kapasitas parkir yang tidak dimuat oleh semua motor para siswa dan gurunya. Makanya ia memanfaatkan halaman depan rumahnya, ia dapat menampung sekitar seratusan motor. Yang di susun rapi. Di lengkapi dengan tempat berteduh, dan seorang yang dipekerjakan sebagai penjaga motor-motor yang diparkir di situ.

Berapa tarif parkir yang di kenakan permotor ? 2 ribu rupiah. Coba di kalikan dengan 100 an motor berapa penghasilan yang di dapat dalam satu hari ?. Dan berapa penghasilan yang di dapat dalam 25 hari sebulan. ? Sangat lumayan bukan ?

Kesimpulannya jika kita pandai memanfaatkan kondisi maka apapun itu bisa menjadi peluang usaha yang cocok untuk pengangguran. Jadi Orang yang mengemis pekerjaan di Indonesia dapat di kurangi jumlahnya. Maka tantangan bagi kita sekarang melihat peluang yang ada di sekitar, apa yang dapat di manfaatkan ?

Gambar Gravatar
Pengalaman lebih dari 10 tahun kerja di industri perbankan. Kemudian menjadi professional freelance dan global internet marketing

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *