Paket Data Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan ? Berikut Solusinya !

  • Share
paket data aktif tapi tidak bisa internetan telkomsel dan indosat

Mengapa paket data aktif tapi tidak bisa internetan pada kartu Telkomsel ? inilah yang kerap di tanyakan. Bagi pengguna provider Telkomsel. Data sudah di aktifkan, tetapi bahkan untuk membuka browser pun terus loading dan tidak bisa membuka halaman internet. Mengapa hal ini bisa terjadi ? bagaimana cara mengatasinya ?

Untuk menjawab dan mengatasi hal ini. Ada beberapa poin yang perlu kita periksa. Karena persoalan data internet yang sudah aktif tapi tidak bisa internetan itu ada beberapa sebab. Jadi silahkan baca artikel ini sampai selesai, semoga dengan beberapa poin yang di sebutkan ini dapat mengetahui alasan mengapa paket data yang sudah di aktifkan atau masih ada, tidak dapat membuka youtube atau main game online.

Mengapa Paket Data Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan Pada Telkomsel ?

1. Cek kuota utama Telkomsel

Pada saat kita membeli paket data, entah melalui loket pembayaran atau melalui agen kuota Telkomsel. Biasanya paket data yang kita beli tersebut terdiri dari beberapa paket data. Misalnya, ada data utama, data game, musicMax, VideoMax atau data sosial media.

Inilah kemudian yang jadi problem, terkadang ketika kita cek kuota Telkomsel. Kita melihat bahwa kita masih memiliki data MusicMax atau VideoMax.

Nah ketika yang kita buka adalah game free fire atau data internet yang tidak termasuk pada MusicMax, otomatis kita tidak dapat internetan.

Jadi sebelum lanjut pada solusi yang ada di bawah. Silahkan lakukan cek kuota terlebih dahulu.

2. Kuota Gratis Dari Kemendikbud

Perlu di ketahui, bahwa penyaluran kuota bantuan gratis dari pemerintah itu memiliki rincian kuota dengan masa berlaku sampai 30 hari sesuai dengan posisi masih-masing peserta. Seperti :

  • Peserta Didik Jenjang PAUD: 7 GB/bulan
  • Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: 10 GB/bulan
  • Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah: 12 GB/bulan
  • Dosen dan Mahasiswa: 15 GB/bulan.

Kuota ini bertujuan untuk menunjang atau memperlancar kegiatan belajar mengajar di tengah pembatasan untuk tatap muka ini dengan melaksanakan proses belajar melalui online.

Hanya saja kuota yang di berikan ini. Tidak dapat mengakses situs-situs tertentu misalnya, Twitter, Instagram, Facebook, Tiktok, atau Situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Jadi, silahkan cek terlebih dahulu. Apakah anda tidak dapat internetan ini di sebabkan oleh hal itu.

3. Kondisi Sinyal

Ini juga perlu menjadi perhatian. Jangan sampai lokasi di mana kita berada tidak baik untuk provider yang kita gunakan. Misalnya saja, kita menggunakan Indosat, dan kebetulan saja, lokasi di mana kita akan online. Jaringan Indosat di situ memang tidak bagus.

Untuk mengatasi atau mengetahui hal ini, coba testing dengan handphone yang di gunakan oleh teman, dengan provider yang sama. Tanyakan apakah jaringan seperti Indosat memang tidak mendukung untuk lokasi tersebut.

4. Periksa data seluler SIM Card yang aktif

Jika anda memiliki smartphone yang mendukung 2 SIM. Maka lakukan pemeriksaan pada jaraingan data seluler yang aktif. Apakah data seluler berada pada slot 1. atau Slot SIM 2.

Ini kerap, menjadi problem. Mengapa ? karena kemungkinan kita tidak sengaja melakukan atau memindahkan settingan data seluler ke SIM 2, sedangkan data internet yang ada berada pada SIM 1.

Otomatis dengan kondisi seperti ini, kita tidak dapat internetan. Karena pengaturan smartphone berada pada SIM 2.

Cara mengatasi hal ini, silahkan ke Pengaturan, Kartu SIM dan Jaringan Seluler, lalu perhatikan pada SIM Default, Sim apa yang ada di situ.

Jika yang ada SIM 1, itu menandakan bahwa data seluler yang akan di ambil adalah data seluler dari SIM 1.

Kita dapat memindahkan data seluler dari SIM 1 ke SIM 2 dengan cara mencentang SIM 2 pada pengaturan itu.

5. Ubah mode jaringan

Umumnya, jaringan setiap data seluler itu berada pada 3g/4g. Dan ini memang sudah default. Tetapi pada HP tertentu, masih memiliki pengaturan ke 2G.

Jadi ketika pengaturan ini, berada pada 2G, maka otomatis internet biasanya akan terhambat. Olehnya itu, kita wajib mengalihkannya pada 3G atau 4G agar internet kembali aktif.

Hal ini, biasa terjadi, ketika smatphone telah di otak – atik oleh si “kecil”.

Maka cara untuk melakukan ini sebagai berikut !

Buka menu Pengaturan, pilih Jaringan Seluler, Kemudian cari mode Jaringan, silahkan centang 4G/3G/2G. Agar semua jaringan yang menggunakan mode itu dapat ponsel akses dengan baik.

6. Periksa masa aktif paket

Jangan sampai kita tidak dapat internet pada kartu Telkomsel atau Indosat itu di sebabkan oleh masa aktif internet yang sudah habis. Misalnya saja, kita membeli paket midnight yang masal berlakunya sampai 6 jam.

Olehnya itu, silahkan lakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Hal ini, bukan masalah yang asing bagi pengguna internet. Mengingat masa aktif tiap paket itu memiliki masa berlaku.

Jangan sampai kita membeli paket yang berlaku hanya 7 hari. 15 hari, atau 30 hari. Denagn begini masa penggunaan hanya mendukung pada rentang waktu itu.

7. Belum melakukan registrasi kartu Telkomsel

Salah satu, yang menjadi problem mengapa Paket Data Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan Telkomsel adalah karena kita belum melakukan registrasi NIK dan kartu keluarga pada kartu perdana telkomsel yang baru saja kita beli.

Jadi meskipun data internet pada kartu yang kita beli tersebut, memiliki data internet 20 G. Kita tidak akan dapat membuka Youtube atau main game online, di sebabkan oleh kartu yang belum di didaftarkan.

Olehnya itu cara melakukan registrasi, yakni siapkan e-KTP serta Kartu keluarga. Lalu silahkan kirim SMS dengan format.

  • Untuk pengguna baru : REG<spasi>NIK#Nomor KK# kirim ke 4444
  • Pengguna lama, Ketik ULANGNIK#Nomor KK#

8. Masukkan kode voucher dengan benar,

Pastikan kode voucher internet yang kita beli di masukkan dengan benar. Jangan ada yang kurang atau salah. Karena tentunya dengan begini kuota internet tidak dapat masuk.

Coba periksa kembali kode voucher tersebut, jika sudah sesuai dan belum juga internetan. Pastikan masa berlaku voucher tersebut, masih berlaku sesuai dengan lokasi di mana kita berada.

Karena biasanya voucher memiliki masa berlaku juga lokasi akses. Olehany itu, pastikan terlebih dahulu hal ini sebelum membayar ke counter penjual data internet.

9. On/Off Mode Pesawat

Meski jarang terjadi, tetapi aktifnya mode pesawat terkadang membuat koneksi jaringan menjadi tidak stabil. Olehnya itu, coba lihat fitur ini pada beranda smartphone yang kita punya. Coba nyalakan kemudian matikan lagi fitur ini. Dan lihat perubahannya !

10. Pulsa tidak mencukupi

Ketika kita membeli sebuah paket internet melalui pulsa yang ada, biasanya paket tersebut akan di perpanjang otomatis. Ketika nominal pulsa mencukupi.

Tapi biasanya ini, akan muncul pada SMS. Bahwa masa berlaku tidak dapat di perpanjang karena pulsa tidak mencukupi. Jadi kalau kita mau mengaktifkan atau menggunakan paket internet itu lagi, kita wajib mengisi pulsa dan membeli paket internet itu lagi.

12. Restart HP

data internet aktif tapi tidak bisa internetan baik pada Telkomsel maupun Indosat itu bisa saja di sebabkan karena handphone atau smartphone sedang crach atau bermasalah. Jika itu terjadi, coba lakukan restart atau boot ulang ponsel tersebut.

Dengan begini, performa hanphone akan kembali pulih. Dan semua system yang sedang loading dapat teratasi.

13. Coba pasang ulang kartu SIM

Coba cabut dan psang ulang kartu SIM, jika semua probelm sudah di lakukan pada poin-poin di atas. Jangan sampai ini menjadi sebab, kartu tidak bisa interntan. Mungkin posisi chip tidak pas sehingga sistem android tidak dapat membaca dengan benar.

Meski ini jarang terjadi, tapi tak ada salahnya hal ini kita coba, karena posisi sim yang tidak baik, bukan saja menjadi kan internetan tidak bisa. Tetapi nelpon dan terima SMS pun akan terkendala.

14. Coba testing jaringan internet dengan lakukan ping, jika tidak bisa internetan

Ini bukan saja dapat di lakukan pada android. Untuk melakukan test ada tidaknya atau apakah PC atau perangkat yang kita gunakan dapat mengakses internet dengan cara melakukan ping pada internet tersebut. Lihat juga : Mengatasi laptop yang tidak bisa konek ke wifi.

Kalau pada PC ini kita bisa melakukannya melalui CMD. Sedangkan pada android kita perlu memasang aplikasi termux

Silahkan buka aplikasi yang telah kita download tersebut, lalu ketikkan

Ping 1.1.1.1 atau ping 8.8.8.8   

Aplikasi termux bisa kalian download melalui playstore atau melalui link ini

15. Test kecepatan internet

Pada kondisi tertentu, bisa saja kita tidak bisa internetan karena kecepatan internet memang sedang lambat loading atau lelet. Untuk memastikan hal ini, pasang terlebih dahulu aplikasi yang bisa melihat dan mengetahui kecepatan internet android yang kita miliki.

Dengan cara download dan pasang alat Network terlebih dahulu. Salah satunya yang bisa kalian gunakan adalah aplikasi “internet speed meter”.

16. Hubungi CS Telkomsel Online atau Grapari Telkomsel

Jika semua langkah yang penulis sebutkan di atas, telah di coba satu demi satu dan tetap saja paket data aktif tapi tidak bisa internetan telkomsel

Maka, coba lakukan hubungi petugas dari telkomsel. Bisa kita lakukan online maupun mengunjungi langsung grapari dari telkomsel.

Adapun customer service telkomsel online sebagai berikut :

17. Terakhir, Jika paket data aktif tapi tidak bisa tersambung internet pada Telkomsel atau Indosat adalah bawa Ke tukang service

Ini adalah solusi terakhir bagi anda yang tidak bisa internetan wala paket data sudah aktif. Jika sudah melakukan langkah-demi langkah di atas dan tetap saja belum tersambung keinternet. Maka besar kemungkinan ada yang tidak berse pada perangkat android atau Iphone yang agn punya bermasalah.

Soluisnya bawa ke tukang service atau sekalian ganti dengan hp yang baru.

Namun sebelum melakukan itu, sebaiknya pindahkan SIM ke ponsel lain terlebih dahulu. Jika pada ponsel lain, kita bisa internetan, maka ada problem pada perangkat.

***

Demikianlah yang 17 cara yang penulis rangkum terkait paket data aktif tapi tidak bisa internetan Telkomsel Indosat yang dapat anda praktikkan. Selamat mencoba !

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *