Tips Menjadi Orang Sukses Meski Tidak Memiliki Gelar Pendidikan.

Tips menjadi orang sukses meski tidak memiliki gelar pendidikan. Dulu saya beranggapan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan maka semakin bagus pula karir yang dimiliki. Itulah mungkin yang menyebabkan kebanyakan para orang tua menyekolahkan anaknya tinggi-tinggi. Bersusah payah banting tulang demi anaknya dapat dibiayai sampai jenjang perguruan tinggi. Untuk apa ? yah tentu agar anaknya menjadi orang sukses. Apakah hal itu benar ?

Ternyata pendidikan yang tinggi tidak serta merta memberi jaminan sukses dalam karir. Banyak orang merasa semakin tinggi titel yang disandang, maka semakin tinggi pula kesuksesan yang akan diraihnya. Padahal hal itu tidak benar. Gelar yang dimiliki seseorang tidak menentukan sukses karirnya.

Tips Menjadi Orang Sukses bukanlah title atau gelar sarjana yang tinggi tetapi kerja keras dan semangat yang perlu dijadikan landasan. Hal ini sudah bukan lagi perkara yang aneh, disekitar diri kita sendiri ada orang yang tidak pernah mengenyam pendidikan sampai tahap SMU, namun berhasil menakhkodai usaha dengan banyak cabang. Bahkan ada yang lintas daerah.

Sedangkan ada contoh disekitar kita, yang pernah duduk di bangku perguruan tinggi, namun kehidupannya sama saja dengan orang kebanyakan yang tidak pernah mengenyam pendidikan tinggi. Meskipun tak juga bisa dipungkiri bahwa banyak juga yang berhasil dalam hidup didunia ini akibat dari pendidikan tinggi yang telah diperjuangkan untuk dicapai.

Lalu pelajaran apa yang dapat dipetik dari kedua fenomena di atas, yaitu ada orang yang tidak punya pendidikan tinggi namun kelihatannya lebih berhasil dari mereka yang punya pendidikan sampai sarjana. Berikut akan coba saya jabarkan poin-poin yang harus dimiliki jika ingin menjadi orang sukses meskipun tidak memiliki pendidikan tinggi.

tips menjadi orang sukses

5 Tips Menjadi Orang Sukses Meski Tidak Punya Gelar

1. Semangat Dan Kerja Keras

Buat yang tidak memiliki pendidikan tinggi yang harus dimiliki adalah semangat dan kerja keras. Sebanyak apapun titel yang disandang atau setinggi apapun jabatan yang diemban jika kedua sikap semangat dan kerja keras yang tidak dimiliki yakin saja itu tidak akan mengantar kita menuju sukses yang diimpikan.

Perlu di ketahui bahwa semangat dan kerja keras itu bukan materi pelajaran yang didapat dari bangku sekolah. Ini menjadi kesempatan buat siapa saja yang ingin menjadi orang sukses bahwa ternyata tangga menuju kesuksesan itu tidak ada dalam mata pelajaran. Namun lebih kepada ada dalam diri sendiri setiap orang. Jadi buat yang tidak sempat mengenyam pendidikan sampai bangku kuliah jangan patah semangat bahwa kesuksesan itu bukan di dasarkan pada pendidikan

Gelar pendidikan tak bisa diandalkan untuk mencapai tingkat kesuksesan dalam karir. Yang dibutuhkan adalah semangat yang terus menyala didalam dada dan kerja keras  tanpa bosan. Karena ketika kita berada  dalam dunia perusahaan yang dibutuhkan adalah sanggup bekerja keras dan memiliki semangat pantang menyerah. Betapa banyak karyawan yang kemudian baru menjalani 2 sampai 3 tahun pekerjaannya kemudian memilih berhenti dan tak sanggup menghadapi tekanan kerja yang kian hebat.

Baca juga : Kebiasaan orang-orang sukses di malam hari

2. Keuletan Juga di Butuhkan Untuk Mencapai Sukses Dalam Karir

Kekuatan dari ulet itu ibarat sebuah besi yang tahan untuk ditempa, biar diterjang berkali-kali ia tidak mudah untuk reyok atau bonyok. Seperti itulah gambaran ulet yang harus dimiliki untuk menjadi orang sukses meski tidak punya pendidikan tinggi.

Dalam hidup ini, terutama dalam kehidupan bisnis, akan banyak rintangan aral yang melanda. Pemandangan tersebut tidak boleh menyudutkan dan membuat kita terjatuh, tetapi kita harus tetap tegar berdiri berjalan menuju sukses.

Ijazah yang kita punya tidak  akan berguna di depan kesuksesan jika tak ada keuletan yang dimiliki. Sikap ulet akan menjadikan seseorang senantiasa berinovasi dan memberi solusi meski dalam himpitan dan tekanan.

Senantiasa memberi jawaban bagi setiap pertanyaan dalam perjalanan karirnya menuju sukses. Itulah esensi keuletan yang dibutuhkan.

3. Cara Menjadi Orang Sukses Selanjutnya Adalah Sikap Rendah Hati

Sikap sombong dan angkuh karena merasa pintar menyebabkan seseorang tidak mampu bersinergi dengan orang lain. Padahal kita ketahui bersama bahwa sebuah perusahaan adalah sebuah struktur karir yang saling berhubungan dan bergantung satu dengan lainnya.

Kesombongan muncul karena kita merasa tinggi dibanding yang lainnya. Salah satunya adalah gelar pendidikan yang dimiliki menjadikan seseorang jumawa. Sikap demikian sangat buruk jika kita hendak mengejar impian untuk sukses. Sikap sombong atau tinggi hati meningkatkan egoisme yang akhirnya menutup peluang-peluang baru. Karena tidak terbukanya pikiran untuk mendengar nasihat atau saran dan kritik yang membangun.

Bukankah tiada kesuksesan yang dicapai dengan perjuangan diri sendiri, tetapi sukses itu karena sumbangsih dari orang sekitar kita, terutama keluarga, teman, sahabat, dan rekan kerja. Jika sikap sombong menguasai diri dan pikiran maka tak ada orang yang senang dengan diri kita. Akhirnya tidak ada yang ingin memberikan saran atau kritikan positif untuk pengembangan diri kita menuju sukses.

4. Percaya Diri

Sikap percaya kepada diri sendiri yang tinggi menyebabkan seseorang akan dapat melewati segala rintangan dalam menjalankan profesinya baik sebagai pebisnis sendiri maupun sebagai seorang karyawan di sebuah perusahaan

Banyak diantara kita menemui kegagalan disebabkan ketika masalah menghampiri, lantas kita merasakan dunia telah hancur. Tidak percaya bahwa akan ada tangan-tangan gaib yang akan menolong dan mengangkat diri kita dari masalah.

Dalam dunia kerja terkadang ketika ada tawaran kerja dari pimpinan yang mengharuskan kita bekerja lebih ekstra lagi. Seringkali seseorang mengeluh padahal untuk menjadi orang sukses kita harus melewati tangga tangga seperti itu agar karir kita dapat dilirik oleh atasan. Dan yang paling utama adalah menjadikan kita kian terlatih. Bukankah Seorang pemain sepakbola sekelas Messi tidak serta merta menjadi jago dalam bermain dilapangan hijau tetaoi mereka berasal dari latihan demi latihan yang terus dilakukannya hari demi hari tidak kenal panas atau dingin. Kini jadilah ia seorang yang ahli dalam sepakbola.

Jadi poin yang perlu dicatat untuk menjadi orang yang sukses meski tidak punya gelar yang bagus adalah memiliki kepercayaan diri yang tinggi akan sesuatu yang ditekuninya. Bukan kepercayaan diri asal-asalan tetapi kepercayaan kepada diri sendiri karena telah melewati banyak latihan akan suatu bidang. Latihan pekerjaan suatu bidang tidak melulu dari bangku pendidikan tetapi kita bisa belajar dari pengalaman diri maupun pengalaman orang lain.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

5. Harus Banyak Praktik di Bandingkan Teori

Mungkin inilah yang menyebabkan orang yang memiliki pendidikan tinggi kalah dengan orang yang tidak punya pendidikan sama sekali dari segi kemampuan dalam mengembangkan atau menjalankan usahanya. Sebagaiman ilustrasi pada paragraf sebelumnya bahwa ada yang tidak memiliki pendidikan namun berhasil merintis usaha sendiri sampai membuka beberapa cabang di nusantara ini.

Mungkin mereka yang berpendidikan tinggi terlalu banyak berpikir sehingga waktu untuk memulai usaha relatif lebih lama dibanding mereka yang langsung menggelar usahanya, nanti pemikiran mengenai resiko dan cara mengembangkannya itu berjalan seiring waktu dan pengalaman kerja dalam bisnis usaha tersebut. Allahu Allam bissawab.

Baca juga : Hindari 3 Poin Ini Jika Ingin Sukses

***

Menjadi Orang Sukses Tidak selalu harus memiliki pendidikan tinggi, karena meskipun pendidikan sampai di Uni Eropa kalau ke 5 poin yang dipaparkan diatas tidak dimiliki maka jangan harap dapat mencapai yang namanya kesuksesan dalam bidang apapun, terutama dalam bisnis, karir dan finansial.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *