Cara Meng-Auto Delete User Hotspot Mikrotik Yang Sudah Expired

Bagi pemula, menjalankan Bisnis hotspot vouceran atau hanya menyebarkan wifi hotspot di rumah kudu banyak belajar, pasalnya mikrotik yang terbilang kecil memiliki fungsi dan settingan yang luar biasa kompleks. Bagi yang sudah banyak makan garam di mikrotik tentu bukan persoalan susah bagi mereka, tetapi bagi yang masih kerap bingung dengan settingan di mikrotik. Tentu akan kewalahan jika ada gangguan yang terjadi.

Salah satu problem yang kerap di hadapi pemilik layanan hotspot rumahan adalah cara menghapus user di mikrotik yang telah habis masa aktifnya.

User-user yang pernah kita generate atau buat, perlu di hapus sebab jika tidak akan menumpuk banyak, yang berakibat memberatkan kinerja mikrotik. Yang di hapus tentu user yang lewat masa berlaku atau sudah habis waktunya. So kalau user yang masih ada waktunya, tentu tidak bisa lagi tersambung wifi kalau ikut terhapus.

Pada umumnya, cara menghapus sendiri user yang telah expired di mikrotik adalah dengan membuka menu hotspot lalu pilih user dan klik user yang akan di delete. Sebenarnya simple, kalau hanya untuk menghapus user di mikrotik yang tidak terpakai. Namun yang menjadi problem adalah ketika user yang akan di delete ini sampai ratusan, dan tidak bisa kita blog secara massal, karena masih ada user aktif di antaranya. Oleh sebab itu, kita perlu menggunakan script auto delete atau user akan terhapus dengan sendirinya jika masa aktifnya telah terpakai.

Cara menghapus sendiri user yang sudah habis waktunya di mikrotik

1. Buka winbox

2. Pilih menu : system |scrypt | Klik ( + ) | beri nama hapus-kadaluarsa lalu pada kolom source masukkan kode berikut ini !

:foreach a in=[/tool user-manager user find] do={:if ([/tool user-manager user get $a uptime-used]=0s) do={

:log warning ("hapus voucher kadaluarsa.. $[/tool user-manager user get $a name]")

/tool user-manager user remove [/tool user-manager user get $a name]

}}

Hasilnya seperti berikut

3. Setelah itu, kita buat Jadwal penghapusan Ini bertujuan untuk membuat perintah waktu, kapan script ini akan di eksekusi. Kita bisa memilih interval satu tahun, satu bulan, seminggu, ataupun perhari untuk menghapus otomatis user yang ada pada mikrotik. Caranya dengan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.