cara menangguhkan dan menghapus akun admob di google adsense

Cara Menangguhkan Atau Menghapus Akun Admob di Google Adsense

Bagi publisher, tentu sudah tidak asing dengan adsense dan akun admob. Mungkin saya tidak perlu membahasnya di sini. Karena tentu itu hanya akan menghabiskan waktu, dan tentunya itu yang akan membuat kalian bosan membaca artikel ini.

Menghapus atau melepaskan akun admob dari google adsense perlu di lakukan secara hati-hati. Karena jangan sampai kekeliruan kita dalam memahami panduan dari google menjadikan akun adsense kita juga ikut terhapus atau di batalkan.

Alih-alih ingin menghapus akun admob malah akun adsense anda yang terhapus. Karena sesuai dengan informasi pada halaman pusat bantuan google admob, di situ telah di jelaskan bahwa untuk menghapus akun admob secara permanen kita perlu menghapus atau membatalkan akun ads dan adsense yang kita punya.

Pada awalnya, membuat akun admob, kita di perintahkan untuk menghubungkan akun adsense yang telah di setujui google. Atau membuat akun lain yang baru. Nah, jika kedua akun ini sudah terhubung maka untuk menghapus akun admob kita juga perlu membatalkan akun adsense yang kita miliki.

Lalu pertanyaannya, bagaimana jika hanya akun admob yang akan kita hapus atau lepaskan dari google adsense, dan tetap menggunakan adsense google ?

Artikel terkait : Cara pasang iklan admob di aplikasi android

Cara Menangguhkan Penggunaan Akun Admob

Seperti yang ada pada laman resmi dan pusat bantuan google admob. Akun admob tidak bisa di hapus, terkecuali jika kita mau juga menghapus google adsensenya secara permanen. Jika tidak ! Maka yang perlu di lakukan adalah menangguhkan penggunaan admob dengan cara mengarsipkan unit iklan. Jadi saat ada aplikasi mobile yang akan di monetisasi, akun admob tetap bisa di gunakan kembali tanpa perlu daftar.

Cara mengarsipkan unit iklan dapat di lakukan 2 cara yaitu mengedit unit iklan dan menghapus unit iklan

Tetapi karena admob tidak di gunakan lagi, maka sebaiknya kita menghapus saja unit iklan yang ada pada akun admob dengan cara :

  1. Login di https://apps.admob.com.
  2. Klik menu Aplikasi di sidebar.
  3. Pilih Nama Aplikasi yang terkait dengan unit iklan yang di maksud.
  4. Klik Unit iklan di sidebar.
  5. Centang semua di samping unit iklan yang akan di hapus.
  6. Klik Hapus.
  7. Lalu Klik Hapus lagi saat muncul jendela konfirmasi.

 

Menghapus Akun Admob Di Google Adsense Secara Permanen

Seperti yang di sebutkan di atas bahwa menghapus akun google admob secara permanen, maka kita perlu membatalkan akun ads dan adsense yang kita miliki.

Sebelum kalian menghapus akun admob secara permanen, ada beberapa hal yang perlu di lakukan. Yaitu :

  1. Jika ada kampanye yang berjalan, silahkan jeda, nonaktifkan atau hapus semua kampanye yang berjalan, agar tidak muncul tagihan saat akun di hapus.
  2. Jika ada tautan pada aplikasi firebase, silahkan di hapus juga.
  3. Login di akun adsense, lalu klik menu pengaturan akun lalu informasi akun lalu klik link Batalkan aku Jika ada. Namun kalau akun adsense yang kalian punya tidak memiliki cancel account, maka kalian perlu mengajukan permintaan melalui link berikut ini
  4. Setelah mengisi data permohonan batalkan akun. Silahkan juga meminta pengembalian dana, sekiranya ada saldo atau iklan yang berjalan. Agar uang di kembalikan maksimal 3 bulan sejak akhir bulan saat pengajuan batalkan akun.

 

Demikianlah cara menangguhkan dan menghapus akun admob di google adsense. Jika kalian menghapus akun, maka anda tidak bisa menggunakan akun ini lagi di kemudian hari. Pihak google tidak mengizinkan duplikat akun, terlebih akun admob dan google adsense. Terima kasih semoga bermanfaat !


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.