Mengenal Jaringan 5G Dan Jangan Percaya Pada Informasi Hoax

UPT Bandung

Mengenal Jaringan 5G Dan Jangan percaya Pada Informasi Hoax

http://bisnisonlineusaharumahan.com – Dahulu dengan inovasi mobile dan semakin banyaknya aplikasi Chat yang sudah dipakai oleh masyarakat. Semakin kesini 1G, 2G, 3G, 4G dan 5G menawarkan layanan yang akan semakin cepat dalam jaringan internet. aplikasinya pun semakin bervariasi, tv pun semakin gencar digitalisasi.

Jaringan internet memang sangat mempengaruhi segala aspek dalam kehidupan kita, sekarang informasi mengenai jaringan 5G sudah mulai disosialisasikan. Beberapa negara sudah menggunakan jaringan ini melaui smartphone yang sudah dilengkapi teknologi 5G itu sudah mulai banyak hadir di beberapa wilayah di Indonesia.

Banyak sekali informasi salah yang tersampaikan kepada masyarakat contohnya seperti informasi yang menyatakan bahwa jaringan 5G ini sangat berbahaya yang disebarkan melalui video yang berisikan para burung mati diduga karena sinyal 5G, informasi ini benar-benar hoax.

Jadi dalam 5G ini memiliki beberapa frekuensi yakni ada sub-6 dan mmWave. Sub-6 ini (e.g 35 Ghz) sama dengan jaringan 4G, 3G dan lainnya, kelebihannya yaitu jangkauan yang panjang dengan menggunakan pita yang sama. Kedua mmWave ini yang disebut dengan peningkatan 5G banyak yang menyangka bahwa 5G hanya memiliki mmWave, itu salah karena mmWave hanya untuk yang spesial nya saja ini menggunakan frekuensi lebih tinggi dari jaraknya lebih pendek tapi, frekuensi ini sebenernya sudah umum dipakai kebanyak untuk militer dan sebagainya. Tentunya mmwave ini bukan digunakan untuk menyakiti ataupun untuk komunikasi juga, jadi ini justru hanya untuk memggantikan koneksi broadband menggantikan kabel karena jaraknya yang pendek dengan kecepatan yang tinggi atau ini juga agar bisa digunakan di wilayah yang padat orang. Namun, jaringan ini memang belum cocok untuk Asia mungkin daerah seperti jepang dan korea sudah memakai jaringan ini.

Semua electromagnetic yang digunakan pada jaringan 5G itu sangat aman. Pemerataan jaringan ini akan dimulai bertahap dari kota besar ke kota-kota kecil, karena nantinya kota besar ini akan menarik agar kota kecil tertarik juga untuk menggunakan jaringan 5G.

Ada Berbagai keuntungan dari jaringan 5G

1. Latency Rendah

Dengan adanya latency rendah ini mempercepat proses penerimaan informasi pada sistem, jadi gak bakalan ada istilah loading lama lagi. Sehingga saat memggunakan berbagai aplikasi koneksi yang digunakan akan semakin cepat.

2. DAYA TAMPUNG JARINGAN SEMAKIN BESAR

Daya tampung ini berhubungan dengan para pengguna jaringan yang semakin banyak, biasanya ini akan berpengaruh pada koneksi sehingga terkadang malah membuat koneksi semakin lemot. Nah, dengan adanya jaringan 5G inilah maka akan semakin banyak pengguna yang bisa tertampung menggunakan layanan koneksi yang tetap memilki kecepatan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

3. KECEPATAN TRANSFER YANG TINGGI

Kecepatan transfer koneksi inilah yang akan tetap dimiliki oleh para pengguna meskipun penggunanya semakin banyak, sehingga dengan menggunakan layanan 5G akan tetap bisa merasakan koneksi yang cepat.

Dan ada salah satu informasi hoak bahwa 5G itu membutuhkan biaya yang mahal, ini salah sebenarnya biaya itu menyesuaikan seperti pada jaringan sebelumnya baik itu 1G, 2G, 3G, dan 4G.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!