Mau Gadai Perhiasan di Pegadaian ? Begini Cara nya

gadai perhiasan di pegadaian

Banyak yang bertanya-tanya bagaimana gadai perhiasan di pegadaian ? Sistem gadai sudah ada sejak dari dahulu kala sehingga tidak heran jika banyak orang jaman dahulu banyak yang melakukan pegadaian ketika butuh dana cepat.

Hanya berbekal KTP dan perhiasan emas saja sudah bisa dibawa ke Pegadaian dan pulangnya membawa sejumlah uang untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

fungsi utama pegadaian adalah melakukan gadai, dengan akad gadai yang jelas pegadaian merupakan pilihan terbaik untuk melakukan gadai, tetapi masih ada pengguna yang belum mengetahui tentang cara Gadai Perhiasan Di Pegadaian yang benar.

Tidak semua orang mengetahui bagaimana sistem gadai di Pegadaian. Maka dari itu, berikut ini akan kami jelaskan tentang syarat gadai di Pegadaian cukup mudah.

Cara gadai emas atau perhiasan dan sistem gadai khususnya untuk barang jaminan berupa emas di Pegadaian dan untuk lebih jelasnya, Simak Ulasannya sebagai berikut :

1. Syarat Gadai Emas ataupun Perhiasan Di Pegadaian

Syarat untuk gadai emas di Pegadaian memang sangat mudah, yaitu hanya membawa kartu identitas diri seperti KTP dan barang jaminan yang berupa emas. Jaminan emas tersebut bisa berupa emas perhiasan maupun emas batangan untuk di gadaikan.

Setelah syarat-syarat untuk pegadaian sudah dipenuhi, maka bisa lanjut ke cara gadai emas di Pegadaian. Berikut cara-caranya agar bisa melakukan gadai emas di pegadaian.

  1. Langkah Utama, datangi outlet Pegadaian terdekat dengan membawa syarat yang diperlukan.
  2. Setelah sampai di Pegadaian, nasabah akan diminta untuk mengisi Formulir Permohonan Kredit (FPK).
  3. Isi dalam formulir tersebut yaitu, Nama lengkap, Nomor KTP, Nomor telepon, Identitas diri, Alamat domisili dan perhiasan yang akan dijaminkan.
  4. Setelah semua persyaratan sudah dilengkapi, kemudian nasabah akan diminta untuk menyerahkan barang jaminan.
  5. Selanjutnya, barang jaminan akan ditaksir oleh penaksir sebelum ditentukan jumlah uang pinjaman maksimal.
  6. Jika sudah selesai ditaksir, maka akan di informasikan uang pinjaman tersebut sehingga nasabah bisa menentukan jumlah uang pinjaman sesuai dengan kebutuhan.
  7. Selain menerima uang pinjaman yang sesuai dengan kesepakatan, nasabah juga diberi SBG (Surat Bukti Gadai), SBG ini jangan sampai hilang karena nantinya akan digunakan sebagai bukti gadai dan akan digunakan untuk mengambil barang jika uang pinjaman sudah dilunasi.
  8. Selain itu, dalam SBG juga terdapat tanggal jatuh tempo dan juga terdapat informasi nomor kredit.

3. Sistem Gadai Emas di Pegadaian

Emas yang digunakan untuk jaminan di Pegadaian yaitu bisa menggunakan emas perhiasan dan emas batangan. Jumlah uang pinjaman yang diberikan akan dikurangi biaya premi asuransi dan juga biaya administrasi.

Kemudian, untuk biaya premi asuransi akan dikenakan biaya sebesar Rp1.500,- lalu untuk biaya administrasi dimulai dari 2 ribu yang disesuaikan dengan besar uang pinjamannya. semakin besar uang pinjamannya maka akan semakin besar pula biaya administrasi yang dikenakan.

Gadai emas di Pegadaian juga dikenal dengan istilah sewa modal. Sewa modal ini akan dikenakan tiap periode 15 hari dan jangka waktu pinjaman untuk gadai adalah selama empat bulan yang bisa dilunasi sewaktu-waktu maupun diperpanjang berkali-kali.

Uang pinjaman tersebut akan diberikan baik secara tunai maupun ditransfer ke nomor rekening Bank jika nasabah memiliki nomor rekening Bank. 

Ada tiga jenis sistem pembayaran yang ada dalam gadai, yaitu Tebus Gadai, Perpanjang Gadai dan Cicil Gadai. Berikut penjelasannya :

  • Sistem pembayaran yang pertama yaitu Tebus Gadai, sistem pembayaran ini dilakukan jika nasabah ingin melunasi uang yang telah dipinjam di Pegadaian.
  • Sistem yang kedua yaitu Perpanjang Gadai, dalam sistem pembayaran ini nasabah membayar sewa modal sebelum jatuh tempo agar jangka waktu pinjaman bisa diperpanjang hingga empat bulan lagi tanpa membayar uang pinjamannya.
  • Ketiga yaitu Cicil Gadai, sistem pembayaran yang satu ini dilakukan jika nasabah membayar sebagian uang pinjaman sehingga uang pinjaman menjadi berkurang.

ketiga jenis pembayaran tersebut bisa dilakukan melalui aplikasi yang terdapat pada Smartphone nasabah, bisa dengan Mobile Banking, Internet Banking ataupun Pegadaian Digital. apabila uang pinjaman sudah dilunasi dan ingin mengambil barang jaminan, maka nasabah harus datang ke kantor cabang Pegadaian tempat melakukan gadai.

Dengan adanya Pegadaian ini sangat membantu bagi para nasabah yang membutuhkan dana cepat karena uang pinjaman akan diperoleh pada hari itu juga saat melakukan gadai. 

Bagi yang sedang membutuhkan dana cepat, maka sudah tidak perlu ragu lagi untuk datang ke Pegadaian, Demikian Informasi mengenai Cara Gadai Perhiasan di Pegadaian Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!