konsep bisnis food truck

10+ Konsep Bisnis Food Truck Yang Wajib Di Ketahui Bagi Pemula

Bisnis food truck – Dewasa ini, karena sengitnya persaingan dalam dunia usaha khususnya, bisnis kuliner. Beberapa di antaranya mengembangkan usaha kulinernya berbasis mobile. Mereka biasanya menggunakan mobil yang di modifikasi sedemikian rupa hingga mirip sebagai restourant yang berjalan.

Hal ini menjadi salah satu terobosan dan kreatifitas bagi pelaku usaha. sesuatu yang tidak di temukan dalam 10 tahun yang lalu. Khususnya di kota-kota besar banyak di temukan beberapa model bisnis, salah satunya yah itu tadi bisnis food truck.

Pada prinsipnya konsep dari bisnis food truck adalah menjual makanan serta minuman yang menggunakan kendaraan yang umumnya menggunakan mobil truck atau mobil pick up sekelas gran max. Proses penjualan, dan peracikan, serta pelayanan makanan saji semuanya di lakukan di mobil yang telah di modifikasi.

Apakah bisnis food truck menjanjikan ? di lihat dari persaingan bisnis, serta tingkat mobilitas yang tinggi di wilayah perkotaan, memungkinkan usaha yang berkonsep mobil yang di modifikasi seperti ini bisa mendatangkan omset yang tinggi. Karena mereka menyasar langsung ke dekat konsumen.

Kali ini bisnisonlineusaharumahan akan menyajikan konsep bisnis food truck.

 

Ini Dia Beberapa Konsep Sebelum Memulai Bisnis Food Truck Agar Sukses

1. Mencari tahu

Langkah pertama sebelum mewujudkan keinginan anda memiliki bisnis food truck adalah mencari tahu apakah di daerah anda tersebut bisnis seperti ini di perbolehkan. Karena sepertinya ada daerah tertentu yang tidak mengizinkan menjual makanan menggunakan mobil truck atau pick up.

2. Modal.

Bisnis food truck membutuhkan modal atau biaya yang cukup tinggi. Dan modal untuk membuatnya yang paling tinggi adalah terletak pada mobil truck atau pick up itu sendiri. Terkecuali jika anda memiliki kendaraan yang menganggur. Biayanya mungkin hanya akan besar di bagian modifikasi.

3. Izin

Ada modal serta keinginan saja itu belumlah cukup untuk membuka usaha yang memnggunakan mobil sebagai tempat berjualan. kitapun memerlukan izin dari dinas terkait.

4. Makanan Sehat

Seperti pada umumnya bisnis kuliner, kita perlu mempertimbangkan kesehatan serta keselamatan para pembeli. Jadi makanan yang di buat sedapat mungkin baik untuk di konsumsi oleh masyarakat.
Jalan terbaik untuk mewujudkan hal ini adalah perlu mendapatkan lisensi dari dinas kesehatan, selain aman juga kepercayaan masyarakat akan menu yang disajikan juga baik.

5. Perhatikan tempat jualan

Tidak setiap pelaku bisnis memiliki pandangan positif terhadap persaingan bisnis. Jadi memarkir kendaraan di dekat warung makan atau cafe juga perlu menjadi perhatian.

6. Lokasi Tempat Jualan

Memiliki bisnis food truck tidak lantas menjadikan kita bisa memarkir kendaraan di mana saja, selain dari poin no. 5 di atas. Yang tak kalah penting adalah jangan sampai memarkir kendaraan di daerah yang tidak di izinkan untuk berjualan di situ. Seperti jalan raya yang rawan macet. Tentu kita akan di cemooh jika terjadi kemacetan akibat pelanggan yang singga di tempat kita untuk membeli.

7. Menu yang di Sajikan

Hendaknya menu makanan yang di sajikan memberikan kesan bagi pelanggan. Jika hal ini tidak bisa kita berikan maka kecil kemungkinan pelanggan untuk membeli makanan kita selanjutnya. Kesan yang di berikan ini bisa di dapatkan dari pelayanan yang baik serta menu makanan yang terbilang masih langka/unik di daerah tersebut.

8. Aktif di Media Sosial

Salah satu trick pemsaran saat ini yang ngetrend adalah promosi di dunia maya, kita perlu update di instagram, facebook atau memiliki follower pelanggan khusus di daerah di mana kita akan menjual.
Jadinya kita bisa memposting, menu makanan favorit, serta di mana rute kita akan mangkal di keesokan harinya.

9. Update akan hari-hari besar

Terkhusus untuk hari hari besar atau perayaan tertentu, biasanya publik akan bekumpul di daerah itu. Ini bisa menjadi peluang atau strategi menu makanan yang di sajikan. Misalnya saja, di acara 17 Agustus, kita bisa menjual aneka minuman dingin yang bisa di bungkus. Di dekat para penonton acara gerak jalan.

10. Kerja keras

Bisnis food truck memang sebuah terobosan bisnis yang baru, itu artinya tidak semua yang baru itu dapat di terima dengan baik di tengah-tengah masyarakat. Di butuhkan waktu agar orang bersedia datang dan nongkrong untuk minum di dekat mobil kita. Itu artinya untuk sukses di bisnis food truck kita perlu menikmati proses yang ada. Kita perlu bekerja keras, dan itu berlaku terhadap semua model bisnis.

Artikel terkait :

Demikianlah beberapa konsep bisnis food truck yang perlu di ketahui bagi calon pengusaha. Agar saat menjalankan nantinya tidak lagi kaget akan berbagai rintangan yang ada. Karena hal tersebut sudah ada di dalam pikiran kita sebelumnya. Nah setelah membaca artikel ini saatnya kita mencari referensi perlengkapan mobil food truck untuk memuluskan rencana ini. Terima kasih dan semoga menginspirasi.


loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.