keuntungan menjadi agen brilink

Apa Saja Keuntungan Menjadi Agen Brilink, Mau Tahu ?

Keuntungan Menjadi Agen Brilink – Pada postingan sebelumnya kita telah membahas persyaratan dan cara mendaftar menjadi agen brilink. Tentu bagi yang belum mengetahui lebih banyak tentang brilink, mungkin masih penasaran dan bertanya-tanya apa sih keuntungan jika saya bergabung menjadi agen di brilink ?

Dalam artikel ini saya mencoba mengangkat beberapa manfaat yang aku rasakan setelah bergabung menjadi bagian dari BRI.

Keuntungan Menjadi Agen BRILINK Dari Pengalaman Saya

1. Meningkatkan brand usaha

Jika kita memiliki usaha yang lain, seperti jual barang campuran maka pamor toko akan meningkat karena adanya spanduk yang di pasang di bagian depan tempat usaha dengan logo BRI itu. Misalnya saja, saya memiliki toko campuran, kemudian saya menjadi agen brilink, kemudian pembeli saya rasa semakin banyak yang datang ketempatku di banding sebelum-sebelumnya, karena dia merasa terlayani dengan kehadiran brilink, karena layanannya cukup komplit, dia mau beli pulsa, bayar listrik, atau bahkan untuk transfer uang, cek saldo.

Akhirnya sedikit demi sedikit omset usaha meningkat.

2. Membantu sebagian nasabah Bank Bri

Ternyata ketika kita merasa membantu seseorang, ada kepuasan dan kebahagiaan tersendiri. Mungkin kurang lebih Seperti itulah yang saya alami.

Bank bri merupakan bank dengan perolehan laba terbesar di akhir tahun lalu, setiap kita datang di kantor bank bri selalu saja kita menemukan tumpukan orang yang sedang mengantri. Bahkan karena saking banyaknya orang, terkadang ada yang menunggu nomor antrinya sampai dengan 5 jam. Coba bayangkan !

Hal itu biasanya terjadi ketika, tanggal baru. Ketika para pensiunan atau PNS hendak terima gaji. Namun bukan tanggal baru saja, bank bri memang selalu memberlakukan nomor antrian dari mesin karena banyaknya nasabah yang mau melakukan setor, tarik, bayar, dll.

Namun dengan kehadiran loket brilink di pelosok-pelosok seperti yang ada di rumah, banyak orang merasa senang, karena mereka tidak lagi mengantri, tidak lagi perlu berdandan rapi hanya untuk mengecek atau melakukan tarik tunai, tidak lagi membuang waktu banyak, dan juga biaya transportasi.

3. Keuntungan menjadi agen brilink : Menciptakan hubungan baik dengan pegawai BRI

Menjadi agen brilink menuntut kita akan selalu datang menyetor deposit ke BRI, hal ini kita akan di kenal oleh pegawai BRI, hal ini tentu akan mendapat sambutan hangat dari mereka karena telah menjadi bahagian dari bisnis BRI. Mau tidak mau kita telah memberi sumbangsih keuntungan kepada mereka.

Keuntungan yang kita dapat tentu besar sekali karena kita akan mendapat kepercayaan dari pihak bank BRI yang mana ini merupakan syarat utama untuk mendapatkan pinjaman modal usaha.

4. Komisi atau fee yang di dapat seorang agen brilink

Pada prinsipnya keuntungan menjadi agen brilink yang utama adalah komisi. Alasan utama seseorang mau menjadi agen tentu mengharapkan penghasilan. Mungkin ada yang bertanya penghasilan jadi agen dari mana ?

Komisi agen brilink itu terbagi menjadi 2 bagian

Sharing Fee

Fee ini merupakan bagi hasil antara agen dengan BRI dari total keuntungan. Transaksi yang dilakukan menggunakan EDC yang sebelumnya telah di pinjamkan oleh BRI sebagai salah satu fitur layanan jadi agen. EDC layaknya seperti ATM namun bentuknya yang kecil, menu-menu yang ada di didalamnya kurang lebih sama dengan apa yang ada di ATM. Besarnya fee yang didapat berbeda beda setiap jenis transaksi, Misalnya saja komisi dari sharing fee

Berikut Jumlah komisi / pendapatan yang di dapat dari setiap transaksi agen Brilink ?

  • Transfer sesama BRI Rp. 500
  • Transfer antar Bank Rp. 2.500
  • PLN Post/Prepaid Rp. 1.125
  • Isi Pulsa Simpati/AS Rp. 1.575

Setiap komisi transaksi dapat di lihat di sini, masukkan user name, password, yang kita dapatkan setelah permohonan agen di setujui. terus pilih laporan bulanan atau harian. Dari situ kita bisa melihat berapa komisi yang saya dapatkan pada suatu hari, atau bisa juga mencetak laporan pada bulan yang dikehendaki.

Komisi tambahan

Kalau di lihat secara sepintas keuntungan jadi agen brilink dari pembagian fee atau sharing fee itu terbilang kecil, namun jangan salah ada komisi tambahan yang dapat dikenakan setiap transaksi perbankan yang berhasil, komisi ini merupakan yang ditetapkan agen kepada pengunjung, besarnya komisi dapat disesuaikan dengan lokasi di mana agen berada.

Misalnya saja untuk daerah saya jarak antara lokasi aku dengan kantor bri dan ATM Bri terdekat kurang lebih 4 km. Komisi tambahan yang dikenakan untuk transfer sesame BRI 5 ribu, untuk transfer antar bank 15 ribu, Begitupun dengan penarikan tunai, di bawah 5 juta aku kenakan 5 ribu. 5 juta-10 juta aku kenakan 7.500. begitu seterusnya saya berlakukan kelipatan 2.500 setiap kelipatan 5 juta. Hal ini berlaku juga untuk setoran tunai.

Lalu kalau untuk pembelian pulsa HP dan PLN, pembayaran leasing dll saya hanya mengambil dari sharing fee dari BRI saja yang besarnya telah ditentukan.


Jika kita mau berhitung besarnya keuntungan menjadi agen brilink sebenarnya berada pada komisi tambahan ini. Jadi kunci sukses dari bisnis ini adalah semakin banyak transaksi perbankan berhasil maka semakin banyak pula komisi yang di dapatkan. Kita tinggal menghitung saja berapa komisi yang akan di dapat, dan berapa transaksi yang dibutuhkan ?

Baca juga : Usaha sampingan modal kecil

Sekian dulu yang bisa saya sharing mengenai keuntungan jadi agen brilink. Untuk itu jika anda berencana menjadi agen jangan sungkan untuk datang mengajukan permohonan di kantor bri terdekat. Sebab bisnis ini sangat cocok di jalankan sebagai bisnis sampingan usaha lain yang telah di jalankan dan sangat potensial menjadi peluang usaha di desa. Untuk sementara berkas yang di bawa cukup fotocopy KTP dan fotocopy buku tabungan. Lihat juga resiko agen brilink

10 komentar.

  1. terimakasih atas infonya,
    saya ingin sekali menjadi agen BRILINK soalnya saya tinggal di perdesaan, jarak antara BRI terdekat dengan tempat tinggal berjarak sekitar 22 km. dan masyarakat di sekitar bekerja sebagai buruh di perkebunan sawit yang sistem pembayarannya, via bank BRI.
    semoga pihak BRI Menerima saya sebagai Angen BRILINK

  2. Sy ingin skli jd agen bri link…sy jg pny usaha dikecil di salah satu kmps ipb D3 bgr kota yg sdh berjln lbh dr 6 thn…namun sy terkendala dgn modal..mhn kiranya agar bri dpt merealisasikan keinginan sy..krn rekan sy sdh dibergabung dgn bank btpn dan lumayan maju..sy yakin jika bri link dpt menjadikan sy agen mk sy dpt penghasilan tambahan dan para mahasiswa dpt pelayanan extra tanpa hrs dtg ke bri .. trm ksh

  3. Terimakasih atas infonya, sy sedang mempelajari bagaimana memulai bisnis bri link. Nah,sy mnmukan artikel ini yg sy rs sangat mmbntu mmbrikan gambaran potensi yg ddpt dr bri link. Trims telah berbagi. Sy sedang mengembangkan bisnis baru selain dr website sy

  4. iyya emang kecil-kecilan bro tetapi kalau ditekuni dengan marketing yang baik…tentu akan menjadi peluang usaha yang menggiurkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *