Kelemahan Dan Kelebihan Pinjaman Rekening Koran

Membicarakan tentang kelemahan dan kelebihan pinjaman rekening koran tentu akan kembali kepada si pengguna pinjaman tersebut. Pinjaman tersebut akan memiliki kelebihan jika di gunakan tepat sasaran. Juga akan memiliki kelemahan jika tidak tepat sasaran.

Jadi untuk menjawab pertanyaan apa saja kelebihan dan kelemahan rekening koran ada baiknya, mengetahui unsur unsur yang terkandung di dalam rekening koran itu sendiri.

kelebihan pinjaman rekening koran

Perbedaan Pinjaman Rekening Koran Dan Pinjaman Konvensional

Rekening koran salah satu jenis pinjaman di bank yang memungkinkan seseorang membayar berdasarkan dana yang terpakai. Jangka waktunya juga lebih pendek yaitu 12 bulan. Dalam artian dalam 12 bulan tersebut dana yang di pinjam wajib di bayarkan meliputi pokok dan bunga.

Terdengar kurang lebih sama dengan pinjaman konvensional di mana kita juga membayar pokok dan bunga. Tetapi dalam pinjaman rekening koran, cara pembayarannya 1 kali bayar dalam setahun. Berbeda dengan konvensional yang wajib melunasi angsuran pokok dan bunga setiap bulan.

Kelebihan pinjaman rekening koran yang lain adalah kita hanya akan di kenakan bunga sesuai dengan dana yang terpakai. Untuk lebih jelasnya silahkan lanjut ke penjelasan di bawah ini !

Kelebihan Pinjaman Rekening Koran

Kelebihan pinjaman rekening koran paling mendasar adalah bunga dan pokok di bayar sesuai dengan dana yang terpakai. Misalnya kita meminjam 500 juta dan kita hanya menarik 10 juta maka yang kita bayarkan hanyalah pokok 10 juta di tambah dengan bunganya. Bukan bunga yang 500 juta. Seperti pinjaman konvensional.

Kelebihan pinjaman rekening koran yang lain adalah bunga di hitung setiap akhir hari. Misalnya, pinjaman 500 juta, dan kita mengambil uang 100 juta pada pagi hari, dan mengembalikan uang 100 juta tersebut di sore hari, maka kita tidak di kenakan bunga. Batas akhir hari sampai jam 12 malam.

Hal ini sering di praktikkan bagi usaha makelar mobil. Misalnya ada mobil yang akan di beli 100 juta, dan hari itu juga mobil yang lain laku 120 juta juga, kalau dia ingin tidak di kenakan bunga, cukup ia setorkan 100 juta lagi ke rekeningnya. Maka otomatis ia tidak akan di kenakan bunga.

Lalu bagaimana misalnya jika kita menggunakan dana 100 juta tersebut selama 10 hari. Berapa bunga yang mesti di bayarkan ?

Harus di ketahui terlebih dahulu berapa bunga persen pertahun. Misalnya bank A memberikan bunga 14% pertahun maka besaran bunga yang wajib di bayar adalah:

100 juta x 10 hari x 14% : 360

Lihat : Cara menghitung bunga bank

Kelemahan Pinjaman Rekening Koran

Sedangkan yang mungkin bisa menjadi kekurangan dari pinjaman rekening koran adalah akan muncul bunga, biaya notaris, provisi setiap kali kita mencairkan pinjaman rekening koran.

Tentu ini berbeda dengan pinjaman yang bukan rek. koran di mana biaya notaris, administrasi lainnya hanya di bayar sekali, kalau rek. koran di bayar setiap kali ada penggunaan dana oleh debitur.

Akhir kata, semua tergantung ke debitur sendiri mana yang lebih menguntungkan bagi diri dan kelangsungan usahanya. Karena masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan pinjaman rekening koran ini. Selain itu, untuk mengajukan pinjaman jenis ini harus di setujui oleh petugas bank yang melakukan survey. Lihat juga : Cara mengajukan pinjaman agar di setujui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *