Inilah Aplikasi-Aplikasi Berbahaya Di Playstore

Solopos.com

Gadget tentunya sudah tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan, namun dari kemudahan yang ditawarkannya kita sebagai pengguna harus lebih hati-hati dan waspada.

Karena dalam gadget kita memfungsikannya untuk menyimpan berbagai berbagai ranah privasi, namun bacanya jika anda mendowload aplikasi yang dapat membocorkan informasi privasi anda. Untuk itu, ketahuilah ada beberapa aplikasi yang berbahaya ketika didownload, karena ternyata memiliki fungsi tersembunyi lainnya yang akan membahayakan data dari para penggunanya.

Inilah Aplikasi-Aplikasi Berbahaya Di Playstore

1. TCL

TCL ini adalah aplikasi yang tidak aman untuk didownload dan digunakan, karena dapat merusak gadget dari penggunanya. Forbes menuliskan dalam sebuah artikel mengenai 24 aplikasi yang berbahaya, dilansir dari tirto malware sendiri dapat merusak sistem kerja hardist, mengambil data serta merusak sistem operasi.

Sedangkan spyware adalah perangkat lunak yang bekerja untuk memata matai.

Dilansir dalam VPN pro mereka mengatakan bahwa di belakang 24 aplikasi tersebut ada perusahaan besar yang berhubungan dengan pemerintah Chinese yaitu senjen hawk. Diketahui bahwa perusahaan ini merupakan cabang dari TCL korporasation yang sebagian kepemilikinnya dimiliki oleh pemerintah Cina.

Pada tahun sebelumnya pada akun ZDnet melaporkan bahwa perusahaan ini bertanggung jawab atas malware yang disebabkan aplikasi weather forecast, dimana aplikasi ini mengirimkan data pengguna ke server Cina. Sebelumnya pemerintah India pun telah memberikan peringatan pada aplikasi virus cleaner juga terdeteksi mengandung spyware atau malware.

Secara detail Vpn pro membuat pemetaan dari hubungan TCL pada 24 aplikasi berbahaya tersebut. Diantara 24 aplikasi tersebut 6 aplikasi diantaranya meminta akses kamera pada pengguna, sementara 2 aplikasi diantaranya meminta akses ke telfon sehingga ia dapat menggunakan panggilan, kemudian 15 aplikasi mampu mengakses GP juga perangkat luar dan 14 diantanya mengambil detail dari handphone pengguna dan jaringannya.

2. ZOOM

Disebabkan karena 2 tahun terakhir dalam keaadan pandemi, maka segala aktifitas dilakukan secara online. Anda harus waspada saat menggunakan aplikasi zoom ini, karena salah satu media Inggris the guardian mengangkat topik mengenai aplikasi ini. Sejak pandemi zoom menjadi salah satu aplikasi yang banyak di dowload di negara tersebut termasuk Indonesia juga. Namun, seorang peneliti keamanan arvind Narayanan mengatakan bahwa aplikasi ini sebagai sebuah bencana privasi karena ketidakamanannya. Hingga pada tanggal 30 maret FBI mengumumkan sedang melakukan investigasi terhadap pembajakan video yang sering disebut dengan zoombombing.

Dikatakan juga bahwa zoom ini bisa menjual belikan data pengguna ke Facebook untuk kepentingan iklan.

3. VPN

Aplikasi ini sangat berbahaya untuk data, meningkatkan resiko rentan dihacker, pengembang aplikasi ini ialah supersoftech yang dikirim berasal dari Singapura. Namun hasil penelusuran di situs VPN pro mengatakan bahwa aplikasi VPN ini kenyataannya mereka berada di negara China.

Nah, itulah beberapa aplikasi yang patut untuk di waspadai, karena dapat mengancam keamanan para penggunanya.

Selalu hati hati ya dalam mendownload setiap aplikasi di handphone anda.

Dapatkan informasi tips, mengenai dunia usaha dan keuangan hanya di situs kami http://bisnisonlineusaharumahan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!