Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Survei: Syarat dan Ketentuannya

Gadai sertifikat tanah tanpa survei  sering terjadi jika Anda menggunakan salah satu aset yang dijadikan agunan, yaitu sertifikat. Lalu maksudnya apa? Saat Anda mengajukan pinjaman pada bank dan memberikan sertifikat tanah sebagai agunan, maka pihak bank akan melakukan survei terlebih dahulu untuk melihat tanah tersebut.

Namun, bisakan pihak bank tidak melakukan survei ? Jawabannya adalah bisa. Kemajuan teknologi bisa memberikan bantuan pada pihak bank atau lembaga terkait untuk tidak melakukan survei lokasi pada tanah yang dijadikan agunan. Selain itu, survei pada dasarnya membutuhkan waktu yang cukup lama dan akan berdampak pada cepat lambatnya dana cair.

Lihat juga : Gadai sertifikat rumah di pegadaian

saat ini banyak lembaga tidak membutuhkan survei ke lokasi terkait demi memberikan kemudahan pada Anda. Hal ini juga bertujuan untuk mempercepat proses pinjaman sehingga Anda bisa menikmati dana yang sudah di cairkan. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar pihak gadai sertifikat tanah tanpa survei memiliki kepercayaan pada Anda.

gadai sertifikat tanah tanpa survey

Pentingkah Melakukan Survei?

Mengapa pihak bank atau lembaga tertentu memerlukan survei? Hal ini dikarenakan rumah atau tanah yang dijadikan agunan memenuhi kriteria dari bank. Bank memiliki kriteria sendiri tanah atau rumah seperti apa yang bisa dijadikan agunan. Tentunya tanah tersebut harus berada pada lokasi strategis, memiliki akses mobil, dan terbebas dari sengketa.

Lihat juga : Tempat gadai BPKB motor

Tanah sengketa tidak akan diterima oleh pihak bank karena menimbulkan risiko yang tinggi. hal ini nanti akan merugikan pihak bank sendiri ketika tanah yang dijadikan agunan adalah tanah sengketa. Karena itulah pihak bank memerlukan waktu tertentu untuk melakukan survei dan melihat secara langsung tanah yang di gadaikan.

Syarat Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Survei

Untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari pihak bank, Anda tentu saja harus memenuhi beberapa kriteria tertentu. Pasti ada keinginan dana yang Anda butuhkan dicairkan dengan cepat oleh pihak bank tanpa harus dilakukan survei. Karena pada dasarnya survei akan membutuhkan waktu yang lama dan pastinya memperlambat pencairan dana.

Namun bisakah gadai sertifikat tanah tanpa survei ? Tentu saja bisa jika Anda sudah melakukan pinjaman pada lembaga atau bank yang sama sebelumnya dengan agunan yang sama pula. Pihak bank akan menyimpan data dari peminjamnya dengan baik sehingga data tersebut bisa digunakan kembali dan dengan demikian bank tidak perlu melakukan survei.

Jika Anda baru pertama kali melakukan pinjaman berarti Anda harus mencari lembaga yang bersedia memberikan pinjaman tanpa ada survei. Memang saat ini ada beberapa lembaga yang bersedia memberikan pinjaman tanpa perlu survei demi mempercepat proses pencairan dan untuk membantu memenuhi kebutuhan Anda.

Lihat juga : Tempat gadai BPKB motor online

Namun sebagai peminjam, Anda juga harus benar-benar layak ketika diberikan kepercayaan dari lembaga peminjam. Kepercayaan ini yang akan mempermudah pencairan dana yang akan Anda butuhkan. Dengan begitu dana besar dengan cepat dicairkan oleh lembaga peminjaman dengan Gadai sertifikat tanah tanpa survei.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *