Langkah-langkah, Cara Serta Berkas Gadai Sertifikat Rumah Di Pegadaian

Gadai sertifikat rumah di pegadaian merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pinjaman dalam jumlah yang besar. Menggadaikan sertifikat rumah di pegadaian merupakan langkah untuk menghindarkan penipuan. Terlebih lagi, pegadaian adalah lembaga keuangan milik negara.

Namun begitu, saat ini gadai sertifikat rumah di pegadaian ada beberapa langkah yang harus dikenali. Tentukan besar pinjaman yang diinginkan Tujuan seseorang untuk bisa menggadaikan sertifikat rumah berbeda – beda. Bukan hanya sebagai modal usaha, tapi bisa juga untuk biaya pendidikan, biaya kesehatan atau untuk kebutuhan lain.

gadai sertifikat rumah di pegadaian

Yang perlu di perhatikan sebelum gadai sertifikat rumah di pegadaian

1. Tentukan tujuan dari gadai sertifikat rumah tersebut.

2. Cari informasi

Langkah berikutnya saat ingin gadai sertifikat rumah di pegadaian adalah mencari informasi sebanyak – banyaknya. Mulai dari biaya atau jumlah pinjaman yang didapatkan, jangka waktu
pinjaman, hingga besaran cicilan atau bunganya.

Pegadaian biasanya memiliki biaya administrasi tergantung akan besaran jaminan. Semakin tinggi jaminan, semakin tinggi pula biaya administrasinya. Sangat penting untuk memilih jenis gadai yang cocok dengan kondisi ekonomi dan besaran bunga yang pas.

3. Siapkan sertifikat rumah

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan sertifikat rumah yang akan digadaikan. Pastikan rumah yang digadaikan merupakan rumah milik pribadi. Bila perlu dengan nama Anda sendiri. Selain itu, pastikan juga rumah Anda tidak dalam proses kredit atau sengketa. Hal ini dilakukan agar pencairan dana pinjaman lebih mudah dan tidak ada masalah di kemudian hari.

4. Siapkan Dokumen persyaratan

Biasanya pegadaian akan memberikan beberapa persyaratan saat ingin gadai sertifikat rumah di pegadaian. Persyaratan yang dibutuhkan adalah

  • Fotocopy KTP beserta pasangan jika sudah menikah
  • Foto copy Kartu Keluarga
  • Fotocopy Akta Nikah
  • Asli Surat Izin Usaha minimal dari kelurahan
  • Fotocopy PBB sertifikat rumah atau tanah yang di jaminkan
  • Foto rumah nampak dari depan, samping kiri kanan, dan dari belakang

Namun tidak menuntut kemungkinan ada persyaratan yang lainnya. Untuk berjaga – jaga saja, Apabila semuanya sudah lengkap, Anda bisa langsung menuju pegadaian untuk mengajukan permohonan. Lengkapi form permohonan pegadaian Setelah sampai di pegadaian dan surat kelengkapan diserahkan, Anda akan diarahkan untuk mengisi form permohonan pegadaian. Isi semua form tersebut dengan benar dan lengkap. Pastikan sudah sesuai dengan prosedur yang diberikan. Proses pencairan tergantung dari, keputusan dari hasil survey.

Survey yang di lakukan pertama kali, adalah usaha. Berapapun besarnya nilai jaminan namun usaha yang hendak di biayai atau usaha dari sumber pembayaran angsuran nantinya tidak besar maka pencairan tentunya tidak besar. Jadi besarnya nilai jaminan bukan faktor penentu besarnya pinjaman yang cair.

Demikianlah langkah-langkah yang perlu di ketahui jika kita hendak mendapatkan pinjaman dari pegadaian dengan agunan sertifikat rumah. Satu hal juga yang paling penting di ketahui adalah mendapatkan pinjaman di pegadaian bisa menjadi solusi bagi mereka yang memiliki track record jelek dari lembaga perbankan. Sepengetahuan admin, Pegadaian tidak meminta informasi Bank Indonesia dalam proses pencairan kreditnya. Terbukti ada beberapa teman yang memiliki histori pembayaran buruk di bank namun tetap di layani mendapatkan modal usaha dari pegadaian dengan jaminan BPKB motor. Namun untuk tetap memastikan silahkan hubungi marketing kredit pegadaian tersebut.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.