Daftar Laptop Gaming Terbaik 2022 Untuk Para Gamers Simak

laptop gaming

Pasar laptop gaming mengalami perkembangan yang menarik sepanjang tahun lalu Sejumlah pabrikan menawarkan laptop gaming dengan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050 yang murah dan mampu menjalankan game AAA dalam setting medium.

Makin banyak pula pabrikan yang menawarkan model laptop gaming dengan desain ramping tanpa mengorbankan performa. Lalu, laptop gaming apa yang paling tepat untukmu?

Sebelum Anda menentukan laptop gaming terbaik yang bisa dimiliki, ada baiknya untuk menyimak bagaimana cara memilih Laptop gaming yang baik untuk anda.

Cara memilih Laptop Gaming Terbaik

Sebelum Anda membeli laptop gaming, perlu diperhatikan beberapa komponen dan spesifikasi yang harus kamu perhatikan untuk mendapatkan performa yang sesuai dengan harapan.

Berikut tips memilih laptop gaming sesuai dengan kebutuhanmu.

Cek Prosesor

Ada dua nama produsen prosesor yang menguasai pasar PC saat ini: Intel dan AMD. namun Tiap-tiap merek ini memiliki seri prosesor yang mampu memberikan performa gaming yang optimal.

Jika anda ingin menggunakan laptop gaming dengan Intel, pastikan prosesor tersebut berlabel MQ, HQ, atau K. Bagi kamu yang memiliki budget terbatas, pilihlah laptop dengan prosesor minimal Intel Core i5. Namun, kalau kamu ingin performa lebih kencang dan daya tahan lebih lama, pilihlah laptop dengan prosesor Intel Core i7 dan i9.

Laptop dengan prosesor bikinan Intel umumnya lebih mahal dibandingkan laptop yang diotaki oleh AMD. Seri Ryzen Threadripper dari pabrikan asal Amerika Serikat itu merupakan salah satu pilihan terbaik untuk gaming saat ini. Untuk performa gaming yang optimal, gunakan AMD Ryzen 5 atau 7.

Cek VGA

VGA atau kartu grafis merupakan bagian penting dalam sebuah laptop gaming. Komponen ini memengaruhi kualitas grafis yang dapat ditampilkan oleh perangkat, baik dari segi tampilan karakter dan lingkungannya maupun pergerakan animasinya.

Kalau kamu merasa tidak perlu bermain menggunakan pengaturan grafis tertinggi, pilihlah laptop dengan GTX 1050 dari Nvidia. Laptop gaming dengan kartu grafis entry-level ini bisa kamu beli dengan harga di bawah Rp15 jutaan.

GTX 1060 dapat menghasilkan kualitas grafis lebih baik dan pengalaman gaming di kelas menengah. Bahkan, kartu grafis ini mampu menawarkan pengalaman VR dengan pengaturan terendah.

Untuk kualitas grafis maksimal, belilah laptop gaming dengan GTX 1070 atau GTX 1080. Namun, tampilan grafis yang realistis, kamu harus mulai mempertimbangkan laptop dengan RTX 2070 dan RTX 2080. Mendukung teknologi ray tracing, kartu grafis tersebut mampu menghasilkan pencahayaan dalam game yang memimik pencahayaan di dunia nyata.

Memori

Bukan hanya multitaskinggaming juga memakan banyak ruang pada memori random access atau RAM. Saat ini, kebanyakan game dapat berjalan dengan optimal di laptop dengan kapasitas RAM minimum 8 GB. Laptop gaming entry-level yang dilengkapi Intel Core i5 dan VGA GTX 1050 pun umumnya sudah dibekali RAM sebesar itu.

Tentunya laptop dengan RAM lebih tinggi, misalnya 16 GB atau 32 GB, dapat memberikan performa yang lebih cepat. Namun, kebanyakan laptop gaming memungkinkanmu untuk menambah kapasitas RAM sendiri di kemudian hari.

Cek Baterai

Baterai merupakan salah satu kelemahan laptop gaming. Dengan kinerja berat, baik dari segi prosesor maupun grafis, daya baterai pada laptop akan terkuras dengan cepat.

Mengharapkan laptop gaming dapat bekerja tanpa dicolokkan ke charger selama lebih dari enam jam rasanya terlalu berlebihan. Bahkan, kebanyakan baterai laptop gaming hanya mampu bertahan selama dua jam saat digunakan untuk bermain. Lagipula, performa laptop gaming akan lebih optimal jika dicolokkan ke charger selama sesi bermain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!