Contoh Bisnis Plan Sederhana Dan Cara Membuatnya | Panduan Lengkap

Contoh Bisnis Plan – Saya anggap kalian telah mengetahui apa itu bisnis plan. Dari segi bahasa, bisnis plan dapat di artikan sebagai sebuah rencana bisnis. Jika kita hendak membuka sebuah usaha, maka kerangka pikir, kerangka kerja, dan sistem operasi dari usaha tersebut sudah jelas terhidang di depan mata.

Saat usaha sudah berjalan, kita tidak lagi di buat kalang kabut, atau bingung di tengah jalan, tindakan apa yang harus di lakukan ?. sebab dalam bisnis plan, sudah di buatkan perencanaan yang matang dari bisnis yang akan di buka, mulai dari ringkasan usaha, deskripsi, latar belakang, sampai dengan biaya-biaya yang di butuhkan dalam rentang waktu tertentu. Misalnya 5 tahun ke depan.

Singkatnya bisnis plan itu adalah rancangan pelaksanaan sebuah bisnis secara menyeluruh terhadap semua faktor yang ada, baik yang sifatnya internal maupun eksternal.

Dari penjelasan di atas, saya anggap kalian telah mengetahui betapa pentingnya sebuah bisnis plan ?
Untuk memperdalam pemahaman kita mengenai penjelasan bisnis plan. Maka bisnisonlineusaharumahan.com akan menyajikan sebuah contoh bisnis plan sederhana namun lengkap.

Contoh bisnis plan sederhana

Contoh Bisnis Plan Yang Akan Di Sajikan

Berikut cara membuat bisnis plan sederhana namun mencakup segala aspek sebuah bisnis yang di impikan. Contoh bisnis plan di sini yang bisa di tiru adalah polanya. Adapun penjelasan setiap item plan bisnisnya itu, sangat bergantung kepada jenis usaha serta daya kreasi pembuatnya.

Contoh Bisnis Plan / Kerangka Bisnis Plan Restaurant Yang Baik.

#A. Ringkasan Eksekutif

Bisnis ini bertujuan mengembangkan usaha dengan modal awal 55 juta rupiah. Bisnis yang akan di dirikan bergerak dalam bidang jasa yaitu usaha restaurant yang di beri nama ” Suka-suka Resto“. Yang menyajikan berbagai masakan khas daerah Sulawesi. Usaha ini di dirikan oleh Keluarga Pak Haji Kahar yang terdiri dari Kahar, Jumiati ( Istri ), Dzaky ( anak pertama ), Fahmy ( anak Ke 2 )

1. Deskripsi Singkat Perusahaan

“Suka-Suka Resto” adalah Resturant yang menyediakan masakan khas daerah Sulawesi, Mengumpulkan ciri khas makanan rumahan yang tersebar di berbagai daerah yang ada di sulawesi dalam sebuah warung makan yang berbentuk restaurant. Misalnya, Makanan Kapurung yang merupakan ciri khas dari daerah luwuk, Palekko yang merupakan ciri khas dari sidrap, Barobbo dari Bone, Coto yang identik dengan makassar, dan lain-lain.
“suka-suka resto” akan di dirikan di Jalan Merdeka Kota Watampone, Kab. Bone Sulawesi Selatan.

2. PerModalan

Modal awal dari bisnis restaurant ini dari : Patungan ke 4 anggota keluarga. Yang di dapat dari tabungan yang di kumpulkan selama 5 tahun.

3. Visi dan Misi

Visi :
Menciptakan peluang usaha yang bisa merkerut para pencari kerja, serta melestarikan makanan khas daerah sulawesi
Misi :
Restaurant ” Suka-Suka Resto” berusaha mengumpulkan masakan khas daerah sulawesi yang terkenal lezat dalam satu wadah rumah makan. Orang dari kab. Bone dapat dengan mudah menikmati masakan dari kab. sidrap. Serta memperkenalkan kepada pembeli bahwa betapa masyarakat sulawesi kaya akan jenis makanan rumahan.

4. Tim Manajemen

Para pendiri bertindak sebagai tim manajemen, tidak ada bantuan dari pihak luar, Sebab Haji Kahar sebagai kepala keluarga telah bekerja di sebuah restaurant ternama di Kalimantan selama 8 tahun sebagai ketua tim manajemen. Pengalaman telah mengajarkannya untuk jadi seorang pakar di bidang rumah makan.

5. Potensi Omset Penjualan

Melihat potensi masyarakat di lokasi usaha yang mudah untuk di jangkau dan terletak di tengah jantung kota, Serta harga yang di terapkan di tiap menu, dan desain bangunan yang nyaman. Maka omset perharinya di perkirakan minimal 1 juta 5 ratus ribu rupiah dengan asumsi terjual 100 item menu dengan harga 15,000 per porsinya atau sama dengan 45 juta perbulan

6. Potensi Laba Net

Omset 45 juta perbulan dapat diperoleh keuntungan bersih sebesar : Rp. 13.500.000.

7. Rencana Pengembangan

Akan di buka cabang di tiap daerah / kabupaten di Sulawesi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.