Cara Transfer Uang dari Malaysia ke Indonesia Melalui Bank

Sebenarnya cara transfer uang dari Malaysia ke Indonesia bisa dilakukan melalui bank seperti transaksi-transfer pada umumnya. Namun yang membedakan jenis transaksi yang dilakukan adalah transaksi Internasional. Sehingga harus menggunakan kode-kode tertentu agar transaksi bisa berhasil masuk ke rekening penerima di Indonesia.

Malaysia merupakan negara tujuan banyak orang Indonesia untuk bekerja. Karena bahasa yang hampir mirip jadi jika ingin bekerja di Malaysia tidak terlalu sulit belajar bahasanya. Penduduk Indonesia di Malaysia saat ini sudah mencapai jutaan jiwa dan paling banyak di dunia.

Maka tidak heran, jika informasi seputar cara transfer uang dari Malaysia ke Indonesia sangatlah dibutuhkan. Maka, apabila Anda memang akan mengirimkan uang menggunakan bank. Harus mengetahui beberapa hal penting karena sedikit berbeda dengan transfer bank seperti di Indonesia pada umumnya.

cara transfer uang dari Malaysia ke Indonesia

Transfer Uang Dari Malaysia ke Indonesia

Dengan menggunakan rekening bank harus menyiapkan kartu identitas atau KTP Anda. Bawa selalu KTP jika akan mengirimkan uang dan jangan lupa untuk membawa sejumlah uang yang akan ditransfer. Termasuk siapkan juga biaya administrasi yang harus dibayarkan ketika transfer.

Karena transfer dilakukan dari Malaysia ke Indonesia maka termasuk jenis transaksi Internasional. Maka dari itu, membutuhkan yang namanya Daftar kode SWIFT Bank Indonesia dan kode cabang bank tujuan. Untuk mencari kode-kode tersebut Anda dapat menggunakan internet atau google dan pastikan jangan sampai salah.

Tahapan Jika Ingin Kirim Uang dari Malaysia ke Indonesia Melalui Bank

Setelah Anda menyiapkan hal-hal penting diatas, selanjutnya cara transfer uang dari Malaysia ke Indonesia adalah dengan datang ke Bank terdekat. Pilihlah Bank besar atau bank nasional yang menyediakan layanan transaksi internasional. Hal ini akan jauh lebih memudahkan dan mempercepat proses pengiriman uang sampai ke Indonesia.

Lihat juga : Cara transfer uang lewat ATM

Selanjutnya Anda bisa meminta bantuan security untuk menunjukkan cara transfer dari Malaysia ke Indonesia. Nanti Anda akan diberikan petunjuk untuk mengisi slip khusus. Jika merasa kesulitan mengisi slip bisa meminta bantuan petugas karena harus mengisi kode SWIFT dan kode cabang bank. Jangan pernah malu untuk bertanya daripada melakukan kesalahan pengiriman.

Setelah slip diisi dengan dipastikan sudah benar dan tidak terjadi kesalahan maka tunggulah antrian. Jika sudah giliran Anda maka bawalah slip ke Teller dengan membayarkan uang dan administrasi tambahan. Simpanlah slip bukti transaksi pengiriman uang Anda sampai penerima sudah konfirmasi.

Pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia melalui bank sebenarnya sangat mudah dilakukan. Namun jika memang terjadi kendala Anda bisa meminta bantuan CS bank tersebut. Petugas bank pasti akan membantu Anda jika memang tidak tahu caranya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *