Cara Ternak Lele
Ilustrasi By Google Image

Cara Ternak Lele Dengan Media Terpal Untuk Pemula

Cara Ternak Lele. Salah satu peluang usaha rumahan yang dapat di jalankan bagi yang memiliki sedikit lahan kosong di sekitar rumah, adalah ternak ikan lele. Buat yang mencari peluang usaha yang ingin di kerjakan ternak ikan lele dapat di jadikan salah satu solusi. Konsumsi ikan lele di warung warung makan masih menjadi sajian favorit. Permintaan ikan lele di pasaran masih sangat besar.

Buat yang masih bingung mencari peluang usaha, silahkan ikuti artikel berikut ini. Siapa tahu ada minat untuk membuka usaha ternak ikan lele.

Cara Ternak Lele Cukup Mudah

Cara ternak ikan lele dengan teknik pembesaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, namun yang paling mudah di lakukan dengan menggunakan kolam terpal. Apa itu kolam terpal ? Kolam terpal adalah kolam yang di buat dari terpal untuk menampung air. Kolam ini dapat di buat dengan menggali tanah dengan ukuran kurang lebih 1 meter.  Nantinya dinding dan permukaan galian ini di pasangkan terpal agar air tidak menyerap ke tanah. Silahkan memilih jenis terpal / tenda yang berkualitas tinggi. Karena di pasaran ada beberapa jenis terpal. Silahkan pilih yang tebal dan tahan panas dan air. Agar saat pemakaian nantinya tidak terjadi kebocoran dan setidaknya dapat di pakai dalam beberapa periode masa panen ikan lele.

Persiapan awal  Cara Ternak Lele Dapat Di mulai Sebagai berikut :

1. Proses dalam menentukan Lokasi

Lokasi yang baik untuk membuat ternak ikan lele adalah lokasi yang memiliki sumber air yang bebas dari pencemaran dan polusi. Baik itu polusi dari pabrik, maupun limbah rumah tangga.

2. Membuat galian tanah di lokasi yang telah di pilih dengan ukuran 3 m Lebar, panjang 5 meter dan kedalaman galian 1 meter. Silahkan membuat galian kolam beberapa supaya dapat memilih dan mengatur irama panen. Hal ini sangat bergantung luasnya lokasi jika memungkinkan silahkan membuat sebanyak 10 kolam terpal dengan ukuran yang sama di atas.

3. Peralatan yang perlu di sediakan adalah ember, selang, alat tester kualitas air, dan seser.

4. Masukkan air kedalam kolam yang te;ah di pasangkan terpal dengan ketinggian kurang lebih 80 cm

5. Selanjutnya tahap memasukkan benih ikan lele yang telah di pilih sebelumnya dengan taksiran penampungan kolam 100-200 ekor per meter kubik.

2 thoughts on “Cara Ternak Lele Dengan Media Terpal Untuk Pemula

    1. Mengatasi lele kembung bisa menggunakan obat yang di jual di apotik. Namun obat seperti itu mengandung bahan kimia, yang tentu berbeda jika obat alami yang di berikan. Berikut cara membuat obat / ramuan alami untuk mengatasi kembung pada lele :

      Persiapan bahan :

      Air 2,5 liter
      Serai 1 seperdua Helai batang
      Bawang putih 50 gram.
      Kunyit 125 gram.
      Kencur 100 gram.
      Temulawak 100 gram.
      Gula merah 250 gram
      Lada 50 gram.
      .

      Cara membuat:

      Tumbuk bahan berikut hingga Haluskan bawang putih, kunyit, lada, kencur, dan temulawak bersama gula merah. Setelah itu masak sampai mendidih, setelah itu masukkan batang serai. Masak hingga aroma serai terasa. Lalu masukkan bahan yang telah di tumbuk tadi. Lalu aduk hinnga merata
      masak hingga kurang dari 20 menit, ketika sudah di dapatkan aroma uap terasa dan kental, angkat wadah dan diamkan hingga dingin, dapat di tambahkan air 1 sampai dengan 2 liter. setelah itu ramuan dapat di saring dan masukkan dalam wadah yang telah di persiapkan, bisa berupa teko, atau botol minuman.

      Dosis pemakaian

      Pemberian ramuan 3-4 hari sekali, dengan dosis 200 ml + 2 Liter air untuk kolam dengan ukuran 6 x 3 x 1 meter.

      Terima kasih . !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *