Cara Ternak Belut Mulai Dari Pembuatan Kolam, Bibit Belut, Serta Pemberian Pakan

Cara ternak belut – Belut merupakan salah satu ikan licin yang panjang, jika anda termasuk salah satu penikmat mengkonsumsi hewan ini. Mungkin sudah saatnyalah anda belajar cara membudidayakan belut. Ada banyak manfaat jika anda mengetahui panduan artikel ini, selain sebagai salah satu memenuhi konsumsi lauk anda, juga dapat di jadikan sebagai peluang usaha ternak yang cukup menjanjikan.

Membuka ternak belut mudah di lakukan. Kita bisa memilih jenis kolam yang di gunakan. Hal itu bisa di sesuaikan dengan budget, lokasi serta kemampuan kita. Hasilnyapun untuk kolam yang budget rendah tidak kalah dengan kolam permanen.

Saat ini, orang yang menjadikan belut sebagai sebuah usaha ternak masih sangat kurang di Indoensia, padahal jika kita lihat lokasi dan iklim yang ada sangat mendukung untuk tumbuh suburnya usaha ini.

Namun sebelum admin lanjutkan panduan cara ternak belut, sebelumnya terlebih dahulu perlu di ketahui kandungan Gizi serta nutrisi  belut itu. Sebab tentu masih banyak yang belum mengetahui ternyata belut atau moa memiliki gizi yang sangat di butuhkan oleh tubuh.

Dengan pengetahuan demikian tentu mereka yang sebelumnya antipati kemudian terdorong mengkonsumsi belut. Ini tentunya menjadi angin segar bagi pelaku usaha ternak belut.

Baca juga : Peluang usaha ternak ayam kampung

Kandungan Nutrisi Belut Zat Gizi Belut

Kalori (cal) 303

Protein (gr) 14

Lemak (gr) 27

Karbohidrat (g) 0

Fospor (mg) 200

Kalsium (mg) 20

Zat besi (mg) 20

Vitamin A (SI) 1600

Vitamin B (mg) 0,1

Vitamin C (mg) 2

Air (gr) 58

Data tersebut diambil dari DepKes

 

Cara Ternak Belut Di sekitar Rumah

Langkah pertama yang perlu di persipkan jika berencana beternak belut adalah media yang di gunakan. Media di sini adalah kolam tempat belut di kembangbiakkan. Bisa menggunakan kolam permanen, kolam terpal, juga bisa dari drum atau bak fiber.

Mungkin kalian bertanya, mana yang bagus ? Baiklah simak ulasan di bawah ini !

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.