cara ternak ayam potong
kandang litter

Cara Ternak Ayam Potong Untuk Pemula Yang Perlu Di Pahami.

Belum ada bukti empirik bahwa tipe kandang mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan, maupun kesehatan ayam. Baik tipe kandang melantai maupun kandang panggung sama-sama baik untuk ayam asalkan kebersihan dan struktur kandang yang bagus.

Artikel terkait : Cara membuat kandang ayam potong

Pakan

Pakan yang berkualitas harus memiliki zat karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Untuk peternakan ayam potong, pemberian pakan tidak boleh dibatasi.  Tidak seperti ayam kampung, kita bisa memberi makan pada pagi dan sore hari. Kalau ayam potong makanan dan tempat air harus selalu terisi.

Namun bagi pemula, tidak perlu di repotkan dengan pemberian pakan, atau sibuk menemukan formula pakan, karena pakan ayam potong mudah di dapatkan di toko-toko penjual alat dan obat-obatan ternak.

Pakan merupakan bagian terpenting dalam pemeliharaan. Hampir 70% keberhasilan kita dalam memanen ayam dengan bobot ideal ada pada pemberian pakan yang bagus.

Untuk ternak ayam potong sendiri pemberian pakan di bagi 2 kategori berdasarkan atas pertumbuhan ayam.

1. Tahap pertama / starter

Ini merupakan pemberian pakan dari umur 1 – 20 hari atau 1 hari sampai umur 3 minggu Hendaknya kualitas atau kandungan zat gizi pakan meliputi protein 22-24%, lemak 2,5%, serat kasar 4%, kalsium (Ca) 1%, phospor (P) 0,7-0,9%, ME: 2800-3500 kkal/kg makanan.

2. Tahap finisher

Pada bagian ini umur 21 – Panen. Kualitas atau pakan harus meliputi protein 18,1-21,2%; lemak 2,5%, serat kasar 4,5%, kalsium (Ca) 1%, phospor (P) 0,7-0,9%, dan energi (ME): 2900-3400 kkal/kg.

Adapun kuantitas konsumsi pakan

  1. Minggu ke-1 (1-7 hari) 17 gram/ekor/hari
  2. Minggu ke-2 (8-14 hari) 43 gram/ekor/hari
  3. Minggu ke-3 (15-21 hari) 66 gram/ekor/hari
  4. Minggu ke-4 (22-28 hari) 91 gram/ekor/hari
  5. Minggu ke-5 (29-35 hari) 111 gram/ekor/hari
  6. Minggu ke-6 (36-42 hari) 129 gram/ekor/hari
  7. Minggu ke-7 (43-49 hari) 146 gram/ekor/hari
  8. Minggu ke-8 (50-56 hari) 161 gram/ekor/hari

Keseluruhan jumlah pakan per ekor pada umur 1-56 hari adalah 5349 gram pakan / ekor/hari.

Baca juga : Frekuensi pemberian pakan ayam potong

Vaksinasi


26 thoughts on “Cara Ternak Ayam Potong Untuk Pemula Yang Perlu Di Pahami.

    1. Sejauh ini sih pengetahuan kami mengenai memelihara ayam potong di atas laut itu sih belum ada. Tentu ada beberapa faktor yang memungkinkan hal tersebut tidak terlaksana, iklim laut terlalu ekstreem buat ayam potong yang sensitif bagi cuaca di sekitar kandang.

  1. Selamat pagi,
    Saat ini saya masih mempelajari tentang cara beternak ayam boiler/ayam potong. Rencananya saya mau coba usaha dengan ternak ayam boiler, tapi secara teori dari beberapa artikel tentang cara berternak ayam potong masih banyak hal yang belum saya fahami dan bagi saya terlalu rumit. Mohon arahannya pak? Atau mungkin ada tempat yang bisa saya kunjungi untuk belajar berternak ayam boiler. Terima kasih.

  2. Komentar pejelasannya bagus, jelas, dan terperinci, makasi atas infonya.
    semoga saya bisa menjadi pebisnis ayam yang sukses

  3. Tq mau berbagi tips sukses nya..
    Smoga lancar terus rezeki nya dan berkembang usahanya..
    Sy akan melakukan sprti yg tertera d atas..
    Skali lagi Tks..

    1. Terima kasih juga telah berkunjung, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi banyak orang, dan menjadi amal jariah bagi penulis. Amin

  4. Trima kasih banyak atas artikel informasi ini.. Karna sya baru saja mencoba berternak dan semua nya gagal 150 ekor.. Semoga dg ilmu yg sya dpt dr artikel ini bisa sangat membantu… Tnx

        1. Terima kasih atas kunjungannya, Suara dari pabrik itu memberi dampak pada ternak kita, namun kalau pabrik atau kilangnya tidak terlalu dekat, yah bagi saya tidak masalah. Karena di lingkungan saya sendiri, ada banyak suara bising seperti itu, namun mereka masih tetap memanen ayamnya tepat waktu.

            1. Untuk kebutuhan pakan ayam broiler per 100 ekornya itu juga tergantung dari umur ayam sampai panen. Namun untuk mengetahui jumlah pakan, kami selalu menggunakan acuan sampai panen 2 kg. Berikut ilustrasinya :

              Per ekor ayam menghabiskan 3,2 kg. Dengan asumsi FCR yang didapat adalah 1,6.
              Jika 100 ekor ayam, maka 3,2 x 100 = 320 kg di bagi dengan 50 kg/sak = 6,4 Sak pakan yang perlu di persiapkan.

              Seperti itu jawaban kami. semoga membantu !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.