cara ternak ayam potong
kandang litter

Cara Ternak Ayam Potong Untuk Pemula Yang Perlu Di Pahami.

1, kandang yang baik adalah kandang yang agak jauh dari pemukiman penduduk, memiliki sumber air, memiliki akses jalan masuk minimal kendaraan roda 2, dan letaknya memanjang timur dan barat.

2, Sirkulasi udara dalam kandang harus mencukupi

3, Memperhatikan suhu udara di dalam kandang. Suhu di dalam kandang di sesuaikan dengan umur ayam, berikut skema suhu sesuai umur  1 – 7 hari suhunya 34-32 derajat Celsius, 8-14 hari suhunya 29-27, 15- 21 suhunya 26-25, umur 21-28 suhunya 24-23, umur 29-35 suhunya 23-21 derajat Celsius.

Pemilihan Bibit

Sebagai peternak ayam potong, bibit diperoleh dari pihak supplier yang dibeli per Box dengan isi 100 ekor di tambah fee 2- 5 ekor per box. Adapun cara melihat dan mengetahui cirri-ciri bibit unggul bagi ayam broiler bentuk tubuh bulat, lincah dalam bergerak, memiliki mata jernih, hidung bersih, anus bersih, bulu-bulunyapun tidak cacat.

Tipe Kandang

Kandang ayam potong yang sering di temukan di dalam masyarakat adalah tipe panggung dan melantai atau litter. Masing-masing tipe kandang ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Misalnya saja tipe panggung, ayam akan lebih bersih dari kotoran karena kotoran langsung jatuh ketanah. Namun pembuatannya mungkin akan lebih susah dan menelan biaya banyak dibandingkan dengan tipe kandang yang melantai.

Tipe kandang litter/ lantai perawatannya akan lebih rumit sebab setiap masa satu kali panen, sekam yang merupakan alas perlu diganti atau di keringkan lagi untuk mendapatkan sekam yang baru. Dan dapat menghilangkan kotoran-kotoran yang mengendap.

9 thoughts on “Cara Ternak Ayam Potong Untuk Pemula Yang Perlu Di Pahami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *