cara ternak ayam potong
kandang litter

Cara Ternak Ayam Potong Untuk Pemula Yang Perlu Di Pahami.

[sociallocker]
1, kandang yang baik adalah kandang yang agak jauh dari pemukiman penduduk, memiliki sumber air, memiliki akses jalan masuk minimal kendaraan roda 2, dan letaknya memanjang timur dan barat.

2, Sirkulasi udara dalam kandang harus mencukupi

3, Memperhatikan suhu udara di dalam kandang. Suhu di dalam kandang di sesuaikan dengan umur ayam, berikut skema suhu sesuai umurĀ  1 – 7 hari suhunya 34-32 derajat Celsius, 8-14 hari suhunya 29-27, 15- 21 suhunya 26-25, umur 21-28 suhunya 24-23, umur 29-35 suhunya 23-21 derajat Celsius. [/sociallocker]

Pemilihan Bibit

Sebagai peternak ayam potong, bibit diperoleh dari pihak supplier yang dibeli per Box dengan isi 100 ekor di tambah fee 2- 5 ekor per box. Adapun cara melihat dan mengetahui cirri-ciri bibit unggul bagi ayam broiler bentuk tubuh bulat, lincah dalam bergerak, memiliki mata jernih, hidung bersih, anus bersih, bulu-bulunyapun tidak cacat.

Tipe Kandang

Kandang ayam potong yang sering di temukan di dalam masyarakat adalah tipe panggung dan melantai atau litter. Masing-masing tipe kandang ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Misalnya saja tipe panggung, ayam akan lebih bersih dari kotoran karena kotoran langsung jatuh ketanah. Namun pembuatannya mungkin akan lebih susah dan menelan biaya banyak dibandingkan dengan tipe kandang yang melantai.

Tipe kandang litter/ lantai perawatannya akan lebih rumit sebab setiap masa satu kali panen, sekam yang merupakan alas perlu diganti atau di keringkan lagi untuk mendapatkan sekam yang baru. Dan dapat menghilangkan kotoran-kotoran yang mengendap.


26 thoughts on “Cara Ternak Ayam Potong Untuk Pemula Yang Perlu Di Pahami.

    1. Sejauh ini sih pengetahuan kami mengenai memelihara ayam potong di atas laut itu sih belum ada. Tentu ada beberapa faktor yang memungkinkan hal tersebut tidak terlaksana, iklim laut terlalu ekstreem buat ayam potong yang sensitif bagi cuaca di sekitar kandang.

  1. Selamat pagi,
    Saat ini saya masih mempelajari tentang cara beternak ayam boiler/ayam potong. Rencananya saya mau coba usaha dengan ternak ayam boiler, tapi secara teori dari beberapa artikel tentang cara berternak ayam potong masih banyak hal yang belum saya fahami dan bagi saya terlalu rumit. Mohon arahannya pak? Atau mungkin ada tempat yang bisa saya kunjungi untuk belajar berternak ayam boiler. Terima kasih.

  2. Komentar pejelasannya bagus, jelas, dan terperinci, makasi atas infonya.
    semoga saya bisa menjadi pebisnis ayam yang sukses

  3. Tq mau berbagi tips sukses nya..
    Smoga lancar terus rezeki nya dan berkembang usahanya..
    Sy akan melakukan sprti yg tertera d atas..
    Skali lagi Tks..

    1. Terima kasih juga telah berkunjung, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi banyak orang, dan menjadi amal jariah bagi penulis. Amin

  4. Trima kasih banyak atas artikel informasi ini.. Karna sya baru saja mencoba berternak dan semua nya gagal 150 ekor.. Semoga dg ilmu yg sya dpt dr artikel ini bisa sangat membantu… Tnx

        1. Terima kasih atas kunjungannya, Suara dari pabrik itu memberi dampak pada ternak kita, namun kalau pabrik atau kilangnya tidak terlalu dekat, yah bagi saya tidak masalah. Karena di lingkungan saya sendiri, ada banyak suara bising seperti itu, namun mereka masih tetap memanen ayamnya tepat waktu.

            1. Untuk kebutuhan pakan ayam broiler per 100 ekornya itu juga tergantung dari umur ayam sampai panen. Namun untuk mengetahui jumlah pakan, kami selalu menggunakan acuan sampai panen 2 kg. Berikut ilustrasinya :

              Per ekor ayam menghabiskan 3,2 kg. Dengan asumsi FCR yang didapat adalah 1,6.
              Jika 100 ekor ayam, maka 3,2 x 100 = 320 kg di bagi dengan 50 kg/sak = 6,4 Sak pakan yang perlu di persiapkan.

              Seperti itu jawaban kami. semoga membantu !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.