Cara Tambah Daya Listrik PLN Dan Berapa Biayanya ?

Cara tambah daya listrik – Tentu sudah di ketahui bersama bahwa hampir semua aktivitas yang di lakukan membutuhkan listrik. Entah itu mencuci pakaian, menonton tv, mencharge hp, dan lainnya. Semuanya membutuhkan listrik. Bahkan saat ini sudah merebak juga kompor listrik.

Banyaknya komponen yang menggunakan listrik tentu semuanya membutuhkan daya dan harus mencukupi jika kita mau gunakan secara bersamaan. Listrik yang di miliki di rumah memiliki daya dengan tingkatan masing-masing. Ada yang 450 VA, 900 VA, 1300 VA dan lainnya. Yang jadi persoalan adalah ketika daya yang masuk sudah tidak mampu menampung perangkat yang kita miliki. Olehnya itu, kita perlu untuk menambah daya listrik yang ada.

Cara tambah daya listrik cukup mudah kita bisa lakukan lewat online. Atau bisa juga datang langsung ke kantor PLN terdekat, dengan membawa berkas persyaratan yang di butuhkan.

cara tambah daya listrik via online berapa biayanya

Berikut Cara Tambah Daya Listrik Via Online

  1. Kunjungi situs resmi PLN di www.pln.co.id
  2. Setelah terbuka silahkan pilih menu Perubahan Daya.
  3. Lalu Ubah Daya.
  4. Pada halaman selanjutnya, silahkan baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan pasang baru/perubahan daya sampai selesai jika sudah klik Setuju.
  5. Klik OK pada notifikasi.
  6. Isi ID pelanggan atau ID meter, kemudian klik cari dan tunggu sampai informasi data kita muncul di kolom bawah.
  7. Klik pada tab daya Baru dan isi informasi yang di butuhkan dan paling penting adalah daya yang akan di pilih. Bisa juga untuk menurunkan Daya jika di perlukan.
  8. Setelah itu, kita bisa beralih ke Data Pemohon, Kita bisa merubah data jika tidak sama dengan yang muncul saat kita input ID Pelanggan. Jika sama kita bisa mencentang ceklis agar data tercopy.
  9. Nantinya akan muncul biaya berapa yang mestinya di bayar. Tapi kalau turun daya itu gratis.
  10. Meteran listrik lama akan di ganti dengan yang baru. Jika yang di gunakan masih meteran lama.
  11. Jika semua langkah di atas selesai, kita akan mendapatkan informasi lewat email, jadi jangan lupa buka email dan pastikan kita mengklik link dalam email tersebut untuk konfirmasi.
  12. Nantinya akan muncul kode bayar serta nominalnya. Informasi tempat bayar juga telah ditunjuk oleh PLN, seperti kantor pos atau loket pembayaran online.
  13. Jika memilih kantor pos untuk bayar, kita hanya perlu menyebutkan kode bayar pada petugas POS, nantinya akan mengkonfirmasi data pelanggan serta biaya yang harus di bayar.
  14. Terakhir kita hanya perlu menunggu petugas atau teknisi PLN datang ke rumah mengganti meteran. Lamanya berlangsung 10 hari kerja.

Itulah prosedur jika kita memilih tambah daya listrik lewat online. Jadi kita tidak perlu datang ke kantor PLN. Namun jika kita merasa tidak nyaman untuk mengajukan lewat online. Kita bisa datang ke kantor PLN langsung. Caranya sebagai berikut.

Lihat juga : Modal awal yang di perlukan untuk memulai usaha alat listrik 

 

Berkas Yang Perlu di Persiapkan Untuk Perubahan Daya Di Kantor PLN

  • Fotokopi rekening listrik bulan terakhir
  • Fotokopi KTP, KK, dan berkas lain seperti surat kuasa jika ada, surat keterangan lainnya untuk menghindari kesalahan.
  • Denah lokasi bangunan/rumah

 

Setelah semua berkas di atas di siapkan selanjutnya, kita hanya perlu mengunjungi kantor PLN terdekat dengan membawa uang sebagai biaya untuk tambah daya. Adapun biayanya sebagai berikut !

 

Biaya Untuk Tambah Daya

  • Tambah daya dari tegangan 450 VA ke 1.300 VA, akan dikenakan biaya sekitar Rp799.450.
  • Tambah daya dari tegangan 900 VA ke 1.300 VA, akan dikenakan biaya sekitar Rp377.800.
  • Tambah daya menjadi sampai dengan 2.200 VA Rp937 per VA
  • tambah daya di atas 2.200 VA – 100 kVA Rp969 per VA

selain dari tarif normal yang di sebutkan di atas. PLN juga tetap memberikan diskon atau promosi bagi pelanggan yang melakukan tambah daya. Misalnya saja pada tahun ini PLN memberikan diskon 50-100% untuk pelanggan yang mealkukan tambah daya dari 220 VA sampai 197 kVA. Promos atau diskon ini sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah di tentukan oleh PLN. Oleh sebab itu, akan lebih jelasnya nanti penerapan saat di lokasi.

Demikianlah artikel cara tambah daya listrik dan biaya yang wajib di persiapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.