Cara Setting WordPress Untuk Pemula Dalam Membuat Website

cara setting wordpress

Cara Setting WordPress. Sebelumnya kita sudah berhasil menginstal script wordpress ke server hosting. WordPress self hosted sudah kita miliki. Alias sudah bisa kita lakukan settingan sesuai dengan apa yang di inginkan. langkah selanjutnya adalah mengenal ruang kerja wordpress. Ruang kerja wordpress untuk melakukan berbagai pengaturan di kenal sebagai dashboard. Dashboard dapat juga dianggap sebagai bagian dalam dari wordpress. Jadi website self hosted yang kita lihat itu memiliki dashboard yang hanya dapat diakses oleh mereka yang mengetahui nama user dan passwordnya.

Jika belum membaca artikel sebelumnya silahkan baca dulu sebelum lanjut ke artikel ini Cara Membuat Website dengan WordPress

Cara setting wordpress adalah meliputi pengaturan bagaimana wordpress itu berjalan sesuai dengan kaidah yang dikehendaki. Tujuan yang dimaksudkan kaidah yang dikehendaki dalam cara setting wordpress yaitu ramah pada search engine dan struktur website baik dimata pengunjung. Tidak amburadul, dan script wordpress memungkinkan melakukan pengaturan seperti itu.

Ok langsung saja untuk mengakses halaman dashboard wordpress alamatnya adalah “http://namadomain.com/wp-admin”.

cara setting wordpress

Kita tinggal memasukkan nama pengguna dan password dikolom tersedia, nama pengguna dan password didapatkan saat pengaktifan paket hsting yg dibeli, coba periksa kembali email yang dikirimkan oleh penyedia hosting, namun kalau tidak mau repot langsung saja klik yang lingkaran merah kehilangan password anda?.

cara setting wordpress

Tinggal masukkan alamat email di situ lalu segera buka email akan ada inbox permintaan reset password. Silahkan klik link itu, maka akan di berikan nama pengguna dan password baru. Jika linknya tidak berfungsi copy dan paste saja di browser anda. Silahkan Pilih nama user/pengguna dan password yang mudah diingat dan yang susah di tebak. Jika sudah berhasil maka halaman dashboard kurang lebih seperti berikut

cara setting wordpress

Cara Setting WordPress,

Langkah pertama cara setting wordpress setelah masuk ke dasboard segera beralih ke Pengaturan atau settingan di situ akan ada beberapa sub menu seperti :

Umum ( General )

Meliputi pengaturan terhadap judul Blog, Deskripsi judul blog, Alamat Url Homepage, Pengaturan tanggal, Zona waktu, Membership, Format waktu, Pilih bahasa. dll.

Judul Situs / Blog sebaiknya menggunakan kata yang mengandung topik blok yang akan dibangun. Judul blok setidaknya disarankan mengandung kata kunci utama yang di targetkan. Jangan terlalu sering mengganti judul blog, karena  hal ini akan memperburuk citra situs dimata searh engine terutama google.

Slogan / Tagline Buatlah beberapa kata yang menjadi kalimat yang menjelaskan singkat, padat dan jelas tentang situs ini maksimal 140 karakter.

Alamat WordPress dan Alamat Situs sebaiknya jangan di rubah agar tidak menimbulkan masalah nantinya.

Alamat email, masukkan alamat email disarankan menggunakan gmail karena akan banyak manfaat yang dapat dipergunakan bagi perkembangan website kedepannya. Aplikasi email gmail yang banyak fitur seperti sinkron ke google plus, youtube, google drive jika suatu waktu kita mau menggunakan link download.

Baca Juga  : Cara Membuat Akun Email di Gmail Terbaru

Keanggotaan (membership), Jika kita memberi centang berarti mengizinkan setiap orang untuk menjadi kontributor konten pada website. Jika masih pemula sebaiknya kosongkan saja agar tidak ada tangan-tangan jahil yang mengotak atik website kita.

Peran Pengguna Baru, ini kelanjutan jika kita memberi centang, apakah pengguna baru bertindak sebagai penyunting, admin, atau kontributor. Kalau kotak keanggotaan tidak dicentang maka fitur ini tidak berfungsi.

Settingan Waktu dan Format Tanggal di sesuaikan,

Setelah sudah selesai klik Save Change

Menulis,

Meliputi semua yang berhubungan dengan penulisan konten blog. Kita juga dapat membuat pengaturan email yang dapat digunakan untuk memposkan artikel.

cara setting wordpress

Kategori Pos Standar, Kita bisa buat kategori pos standar tetapi tetap dapat dilakukan perubahan saat mau memposkan sebuah artikel.

Format Pos Bawaan,  Dapat dipilih apakah menghendaki tampilan pos standar, sampingan galeri, suara, obrolan dll Hal ini hanya mempengaruhi tampilan website di homepage, di kategori.

Memposkan Via Email, Dengan wordpress kita dapat memposkan artikel dari email caranya harus memiliki email dengan akses POP3. sesuaikan nama log dan password yang dipergunakan pada email akan dapat terhubung.

cara setting wordpress

Untuk sementara abaikan saja perbarui layanan dan proyek portofolio dan testimoni-testimoni.  Nanti kalau web sudah jadi dan memiliki konten banyak kita bisa setting sesuai keinginan.

Ketika sudah selesai klik Save Change / Simpan Perubahan.

Membaca

Meliputi pengaturan tampilan konten blog

setting wordpress

Pada Bagian ini sangat baik kita menentukan apakah tampilan homepage / tampilan awal website menampilkan pos-pos terbaru ataukah kita akan menentukan halaman khusus yang akan selalu tampil di awal wesbite.

Halaman Blog Menampilkan Paling Banyak, kita dapat menentukan berapa banyak artikel yang muncul di halaman pertama.

Umpan sindikasi, hampir sama dengan blog page show, tapi ini untuk RSS Feed. Jadi kalau ada langganan RSS Feed berapa banyak artikel yang akan ditampilkan,ada baiknya pilih saja 20 objek secara default.

Untuk Artikel Dalam Umpan, Apakah menampilkan ringkasan atau teks penuh. Saran saya pilih ringkasan supaya web terlihat bersih, padat. jika kalau ada yang mau membaca artikel harus membuka ringkasan artikel tersebut. Tapi ini sesuai selera yang mana lebih enak dilihat. apakah tampilan full ataukah ringkasan.

Penampakan pada mesin pencari. Jika memberi centak berarti kita memberi izin mesin pencari untuk tidak mengindeks situs yang dimiliki.

cara setting wordpress

Kiriman terkait, Apakah kita mau menampilkan tulisan terkait dengan artikel yang diposkan silahkan centang kolom. Hasilnya dapat dilihat dipratinjau. akan tampil di bawah artikel.

Pengaturan pengikut. Kita dapat mengatur email yang diterima pengikut blog yang dikirimkan oleh website kita secara otomatis ketika ada orang yang mendaftarkan alamat emailnya.

Setelah semua selesai Klik Save Change / simpan perubahan.

Diskusi

Pengaturan diskusi meliputi segala yang berhubungan dengan komentar ke blog kita. Tampilannya kurang lebih berikut ini.

cara setting wordpress

Berikut keterangan gambar di atas kita hanya tinggal memberi centang jika kita mengatakan YA dan kosongkan jika kita tidak memberi izin.

Kolom dibawahnya Ada Moderasi Komentar, Daftar Hitam Komentar, Tampilan Avatar.

Moderasi komentar, memberi isyarat ke pemiliki web untuk menahan atau menangguhkan komentar yang mengandung nama, URL, Ip yang terdeteksi dalam wordpress.

Daftar hitam Komentar, jika kita mengatur ini maka komentar yang kita maksudkan akan langsung masuk ke tong sampah.

Tampilan Avatar adalah Logo yang mewakili diri kita pada kolom komentar, begitupun dengan pemberi komentar. Jika kita ingin membuat logo avatar sendiri silahkan mendaftar di http://gravatar.com

Apabila semua sudah selesai silahkan klik Simpan.

Media

Meliputi pengaturan ukuran gambar yang dapat kita setting di awal jadi saat kita upload langsung saja kita pilih tipe ukuran yang dikehendaki apakah mniatur, sedang, atau ukuran besar.

Beri centang pada organisir unggahan agar tampak rapi dan mudah untuk di tata

Beri centang pada meta data.

cara setting wordpress

Permalink

WordPress memberikan kewenangan buat pengelola situs untuk membuat struktur URL bagi permalink dan arsip anda. Struktur URL memberi estetika, usabililitas, dan kompatibilitas kedepan bagi tautan tautan yang ada di website. Yang perlu diingat struktur permalink yang baik akan memudahkan search engine mengenali maksud dari tulisan kita. Sangat cocok bagi yang membuat website dengan menitik beratkan pada SEO. Berikut tampilan Laman Permalink silahkan ikuti centangan pada gambar untuk memperbaiki kualitas web dimata Search Engine.

cara setting wordpress

Jika kita memilih struktur tersuai kita perlu mengetahui kode yang menggantikannya…berikut kode yang menggantikan tulisan

%post_id% = akan diganti dengan ID artikel

%year% = akan diganti dengan tahun artikel dibuat

%monthnum% = diganti dengan bulan artikel ditulis

%day% = diganti dengan tanggal penulisan artikel

%postname% = diisi dengan post slug (text yang dibuat menurut judul artikel)

Contoh penggunaanya adalah seperti ini:

Code yang dimasukkan : /%year%/%monthnum%/%day%/%postname%/

URL yang muncul nanti adalah : http://domainanda.com/2008/11/22/judul-artikel-baru/

kita juga bisa menambahkan kata-kata atau tulisan misalnya seperti ini:

Code: /artikel/%postname%.html

URL yang muncul : http://domainanda.com/artikel/judul-artikel-baru.html

kita bahkan bisa menentukan URL untuk kategori. Secara default, URL-nya adalah seperti ini:

http://domainanda.com/category/judul-kategori/

Bila Anda mengisi Category base dengan kata lain misalnya ‘topik’, maka hasilnya adalah:

http://domainanda.com/topik/judul-kategori/

Demikian juga dengan Tag base bisa anda gunakan kata lain seperti ‘keyword’. Jadi silahkan berkreasi sendiri.

Ada kalanya di hosting tertentu, permalink ini tidak bisa berjalan dengan baik. Anda harus memasukkan suatu kode ke dalam file .htaccess. Caranya sangat mudah, Kher cukup membuka notepad, lalu copy paste kode yang muncul di halaman settings – permalinks ini.

Setelah itu cukup save dengan nama .htaccess lalu upload file ini ke hosting tempat Kher menginstall WordPress.

Dibawah pengaturan Struktur tersuai ada pilihan Opsional, Baiknya biarkan kosong agar struktur yang telah diatur seperti diatas tidak tertimpa.

Cara setting wordpress yang sesuai dengan kaidah SEO. Hal ini sangat penting untuk diketahui buat pemula yang baru belajar membangun website. Karena kesalahan pengaturan dasar pada bagian ini akan memperburuk tampilan wordpress dan menjatuhkan kualitas blog pada search engine.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *