Cara Setting Plugin WP Mail SMTP Dan Layanan SendGrid Di WordPress

Kali ini saya ingin menulis panduan setting Plugin Wp Mail SMTP dan Sendgrid dan bagaimana mengintegrasikannya di wordpress. Artikel ini berangkat dari pengalaman saya kemarin yang mencoba memasangnya, dan ternyata saya beberapa kali gagal alias blog ini tidak berhasil mengirim email notifikasi.

Itu artinya, settingan yang saya lakukan di plugin WP Mail SMTP dan Sendgrid tidak berhasil. Mestinya ketika saya lalukan test mengirim email mestinya email tersebut masuk di email yang saya tuju. Tetapi ini tidak, dan ada notifikasi error dari plugin.

Beberapa artikel, saya baca di google terkait cara menggunakan Plugin Mail SMTP dan sendgrid tidak berhasil. Olehnya itu, saya mencoba membagikannya di sini, barangkali ada yang memiliki pengalaman seperti saya, sedapat mungkin bisa berhasil tanpa perlu triall error beberapa kali.

Di sini saya tidak perlu menjelaskan mengenai fungsi dari plugin WP Mail SMTP dan Sendgrid. Karena memang saya tidak tahu bagaimana cara membahasakan fungsi plugin dan sendgrid ini. Yang saya tahu, bahwa blog yang saya kelola tidak bisa mengirim notifikasi email. Jadi jika teman-teman mengalami nasib berubah blognya tidak menampilkan atau mengirim email notifikasi ketika ada seseorang yang mungkin lakukan submit pertanyaan lewat Contact form, berarti solusinya ada di artikel ini. heheheheh….

Cara Setting Plugin WP Mail SMTP Dan Sendgrid Dan Mengintegrasikannya Di WordPress Self Hosted

  • Yang pertama kita perlu login di https://sendgrid. Jika belum punya akun silahkan buat akun terlebih dahulu. Saya tidak perlu menjelaskannya bagaimana cara buat akun di sendgrid. Silahkan pilih Start For Free (versi gratis) Lengkapi semua data yang di butuhkan.
Cara buat akun di sendgrid
  • Setelah berhasil login. Kita lanjut install Plugin Wp Mail SMTP By WP form
  • Setelah berhasil, klik menu Setting pada Plugin
  • Pada From Email, pilih email yang akan di gunakan untuk mengirim email,
  • Pada From Name, adalah nama pengirim yang tampil pada email penerima
  • Lalu pada layanan Mailer pilih Sendgrid, lalu Create Apy Key. Silahkan buat Api Key, lalu masukkan di Plugin seperti gambar di atas. Klik Save.
cara setting plugin wp mail smtp dan sendgrid di wordpress
  • Setelah itu, kita beralih ke Menu Setting Sendgrid, pilih Sender Authentication, Lalu pilih Single Sender Verification, Lengkapi data dan selesaikan proses verifikasi ini sampai muncul seperti berikut ini !
verifikasi pengirim di sendgrid
  • Setelah itu, coba lakukan testing email dengan cara klik Tab Email Test, masukkan email lain, jika berhasil maka email akan di terima.
setting plugin mail smtp di wordpress

Sampai di sini sebenarnya cara setting plugin WP mail SMTP dan layanan Sendgrid di wordpress itu telah selesai. Karena dari beberapa tutorial juga menambahkan verifikasi domain. Dan ternyata tanpa verifikasi domainpun sebenarnya bisa. Kalau hanya email di gunakan untuk mengirim dan menerima notifikasi saja. Jika ada yang ingin di tanyakan silahkan layangkan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *