Cara Setting Mikrotik RB750 Yang Pakai Indihome Untuk Hotspot / Warnet

Bisnisonlineusaharumahan.com – Akan membagikan postingan mengenai cara menghubungkan mikrotik rb750 di jaringan indihome menggunakan winbox. Tutorial ini lebih tepatnya, sebagai cerita atau pengalaman saya ketika migrasi dari speedy ke jaringan indihome.

Sebelumnya, saya sudah menggunakan jaringan speedy kurang lebih 4 tahun. Dengan bandwidth yang di berikan dari telkom sebesar 3 Mbps.

Bandwidth sebesar itu sudah sangat lebih jika hanya di gunakan untuk pribadi. Namun kenyataannya tidak demikian. Sebab saya juga membuka usaha warnet, dengan jumlah PC client 4 unit. Warnet beroperasi hampir 3 tahun, kemudian saya alihkan jadi usaha hotspot rumahan.

Karena saya lihat perkembangan dunia smartphone makin pesat aja, orang-orang sekitar kompleks rumah, banyak menghabiskan waktu dengan smartphone /android mereka. Penghasilan warnetpun udah mulai menurun.

Kemudian saya beranikan belajar mendirikan usaha RT RW net kecil-kecilan atau yang banyak di kenal dengan bisnis hotspot.

Semuanya berjalan lancar, penghasilan sayapun kembali normal dengan menjual username serta password dalam bentuk voucher yang dapat di jangkau client sampai 400 meter langsung Hp / laptop.

Kemudian tantangannya muncul ketika, saya dapatkan tawaran untuk migrasi ke indihome. Langsung saja saya terima dan iyakan, sebab jumlah pembayaran perbulan kurang lebih sama, sedangkan jatah badwidth yang di dapatkan itu 10 Mbps.

Modem speedy yang sebelumnya sudah saya setting dan konfigurasi di mikrotik Rb750 menggunakan winbox. Kemudian di ganti modem indihome Zte F609. Pengaturan hotspot jadi tidak berfungsi. Karena modem indihome Zte F609 tidak terhubung dengan Mikrotik. Dan parahnya ternyata modem Indihome Zte F609 ini tidak dapat di set ke bridge. Seperti yang di sampaikan oleh teknisi Telkom.

Salah satu pengaturan menghubungkan modem speedy dengan mikrotik yaitu modem perlu di bridge terlebih dahulu. Jadi nanti dial-up nya akan di lakukan oleh Mikrotik. Jadi Username dan password telkom yang di miliki di masukkan ke mikrotik.

Baca juga : Cara setting hotspot untuk bisnis hotspot voucheran

Teknisi dari Telkom juga tidak memiliki kesempatan untuk mengatasi masalah saya tersebut, solusinya dia menganjurkan saya untuk mencari tutorialnya di internet. Entahlah apakah itu hanya alasan tidak punya kesempatan kerumah atau jangan sampai mereka juga tidak tahu cara menghubungkan modem indihome Zte dengan mikrotik?. Allahu A’lam. Yang jelas saat itu saya mau gangguan jaringan hotspot yang saya miliki perlu di perbaiki secepatnya agar pelanggan yang berlangganan tidak kecewa.

Ok. Langsung saja Cara Setting Mikrotik RB 750 Yang Menggunakan Modem Indihome Zte F609.

 

Cara Setting Mikrotik Di Jaringan Indihome

Sebelum melakukan settingan, terlebih dahulu kita perlu menentukan IP address di jaringan yang kita punya. Misalnya contoh Ip Jaringan yang saya miliki sebagai berikut :

 

Setelah itu, kita lakukan reset mikrotik atau remove configuration agar settingan yang tertanam terhapus. Lalu buat IP address di mikrotik. Setelah itu ikuti langkah di bawah ini ~

1. Buat DHCP Clinet, Caranya Menu IP | DHCP Client | +,

cara setting mikrotik di Indihome

cara setting modem indihome

cara setting mikrotik

 

2. Buat DNS di Mikrotik

cara setting dns di mikrotik

 

3. Seeting NAT

Cara Setting mikrotik RB 750 di winbox

cara setting modem Zte

Cara setting mikrotik

 

4. Lakukan Ping di New Terminal

Buka menu New Terimal Lakukan ping google.com. Pastikan internet sudah terhubung. Seperti di bawah ini.

setting mikrotik di jaringan indihome

5. Lakukan settingan atau tentukan beri IP di masing-masing komputer yang akan di gunakan.

Dengan ketentuan Ip address yang di pakai sejalur dengan IP address yang ada di mikrotik untuk jaringan LAN. Misalnya 192.168.2.3 Netmask 255.255.255.0 dan default gatewaynya 192.168.2.1. Seperti gambar di bawah ini .

cara menghubungkan jaringan Lan di mikrotik

Terakhir lakukan ping pada komputer dengan membuka CMD lalu tulis ping 8.8.8.8. Jika replay maka konfigurasi mikrotik di jaringan indihome sudah berhasil.

Selanjutnya adalah mengetahui Cara membagi bandwidth Indihome

 

Demikianlah pengalaman saya ini, semoga bisa memberi solusi, jika ada yang mengalami permasalahan yang sama. Sebab saya baca di forum-forum ternyata problem cara setting mikrotik di jaringan indihome yang menggunakan modem Zte maupun modem Huawei adalah masalah bagi banyak orang karena modem indihome yang menggunakan fiber optik tidak bisa di setting bridge secara manual. Terima kasih !

 


loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.