Cara Riset Keyword Dengan Semrush [Menemukan Low Competition]

Cara Riset Keyword Dengan Semrush [Menemukan Low Competition] – Beberapa diantara blog yang saya buat itu gagal ditengah jalan karena kesalahan dalam memulai dan merencanakannya. Kesalahan yang paling besar yang baru saya sadari adalah salah ketika melakukan riset kata kunci. Coba lihat pentingnya riset kata kunci.

Saya tidak pernah melakukan riset yang benar-benar mendalam ketika membuat sebuah blog baru. Tools yang saya gunakan pun terbilang asal-asalan yaitu hanya pakai google keyword planner untuk mencari volume pencarian. Serta menggunakan keyword revealer untuk melihat tingkat kompetisi sebuah keyword.

Karena Keyword Revealer yang saya pakai versi gratis jadi fitur fitur nyapun sangat terbatas, yaitu hanya bisa melakukan analisis kata kunci 3 kali dalam sehari. Olehnya itu, ketika membuat sebuah blog saya tidak pernah menyelesaikan semua kata kunci dengan baik. Yang saya lakukan adalah saya baru melakukan riset ketika baru akan update artikel.

Nah, kali ini saya menyadari bahwa untuk benar-benar bisa optimal dalam membangun sebuah blog baru kita wajib memiliki sebuah tools riset kata kunci yang memiliki hasil akurat. Dan pilihan itu, saya tujukan ke Semrush. Hal ini, bukan berarti karena semrush yang paling baik. Namun ini adalah tools riset premium pertama yang saya gunakan setelah sebelumnya hanya riset pakai yang gratisan.

Baca juga : Cara Riset kata kunci menggunakan tools gratisan

1. Temukan Kata Kunci Dasar

Pilih Organic Research lalu masukkan nama domain yang sekiranya mirip mirip dengan niche blog yang hendak di build. Setelah itu, nantinya akan muncul keyword keyword dari halaman 1-100 di google.

riset kw pakai semrush

Untuk menemukan kata kunci yang lebih relevan dan spesifik dengn topik yang hendak di bahas di blog, sebaiknya masukkan kata di kolom filter yang paling sesuai topik. Misalnya “sholat”

cara riset keyword menggunakan semrush untuk menemukan keyword low kompetisi

Temukan 5 domain paling relevan, dan ulangi langkah di atas, dan kumpulkan semua kata kunci dasar pada satu file di XLS atau CSF.

Atau kita bisa menggunakan menu Keyword Gap Tool untuk melihat kata kunci unik setiap domainnya. Pilih All Keyword untuk menemukan semua kata kunci di domain-domain tersebut.

cara menemukan kata kunci low competition pakai semrush

Atau kita bisa menggunakan menu Competitor Report jika tidak melihat domain domain tambahan.

Silahkan eksplor semua kata kunci ke dalam satu file XLS atau CSV gabungkan ke dalam file ini agar nanti dalam menemukan kata kunci yang benar-benar rendah persaingan dapat mudah di lakukan.

2. Perbanyak Kata Kunci Dasar

Kata kunci yang sudah di temukan pada poin di atas tadi sudah cukup banyak jika hanya sampai di situ. Tetapi masih ada langkah selanjutnya yaitu, kita perlu memfilter sesuai tingkat kompetisi dan persaingan yang sekiranya masih bisa di taklukkan untuk website baru.

Apalagi kata kata kunci yang di hasilkan masih perlu di perluas lagi, agar kita bisa menemukan kata kunci yang lebih mendalam. Iming-iming mendapatkan kata kunci yang benar benar bisa di rangking.

Cara memperluas kata kunci adalah memilih menu Keyword Magic Tool. Lalu masukkan istilah atau kata kunci yang hendak di perluas.

Sampai di sini kita juga bisa memfilternya, jika sekiranya ada kata kunci hasil perluasan tidak sesuai dengan topik yang di rencanakan.

Atau menggunakan filter Question atau pertanyaan. Jadi semua kata kunci yang nantinya di hasilkan menyangkut apa, siapa, di mana, kapan, bagaimana, atau mengapa. 

Silahkan eksplor hasil riset tersebut, dan gabungkan file XLS yang telah di kumpulkan sebelumnya.

3. Temukan Kata Kunci Dengan Jumlah Pencarian Banyak Dan Tingkat Persaingan Rendah

Riset kata kunci pakai semrush memungkinkan kita untuk menemukan kata kunci dengan tingkat pencarian banyak dengan kompetisi yang rendah.

Ini merupakan tujuan dari riset kata kunci. Karena jika blog bisa tampil di halaman 1 google dengan kata kunci dengan jumlah pencarian yang banyak, tentunya blog kita akan ke banjuran pengunjung. Namun sebagaimana kita ketahui, jumlah atau volume pencarian yang banyak setiap bulannya itu tidak serta merta mudah untuk di taklukkan. Atau hampir kata kunci yang pencarian banyak itu, memiliki persaingan yang tinggi. Yang sulit di kalahkan untuk web web baru.

Melalui semrush, kita mencoba menemukan pencarian yang banyak dengan kompetisi yang rendah.

Caranya dengan memfilter kata kunci berdasarkan :

Keyword Difficulty

menggunakan persentase 0 – 100 %, semakin tinggi angka persennya semakin tinggi pula persaingan di kata tersebut. Semrush membagi :

  • Di atas 80% berarti persaingan sangat sulit. perlu waktu, usaha SEO baik onpage maupun Offpage, serta backlink yang baik untuk bisa menduduki posisi 20 google.
  • Dari 60-80%, pada level ini tingkat kesluitan rata-rata. Namun dengan konten yang berkualitas, serta backlink yang relevan kita masih berpeluang untuk menduduki posisi kompetitor.
  • Di bawah 60%, merupakan kata kunci yang mudah untuk di taklukkan. Namun seperti yang di singgung sebelumnya. Ini merupakan kata kunci yang paling susah untuk di temukan. Kata kunci yang banyak pencarinya serta persaingan yang kurang.

Competition Level 

Sedangkan untuk competition level merupakan fitur yang bisa di gunakan untuk mengukur kesulitan sebuah kata kunci. Competition level ini, di gunakan untuk mengukur kepadatan pengiklan atas satu kata kunci yang di bidik. Jadi kita jhuga bisa menggunakannya sebagai indikator pencarian keyword potensial.

Competition level di tandai dengan angka 0 – 1. Semkin mendekatri 1 berarti kepadatan penbgiklan semakin tinggi. Mengindikasikan keyword tersebut termasuk keyword sulit.

Berikut cara memfilter kata kunci berdasarkan Competition Level,

jika 0,8 = berartu Kata kunci tersebut sangat kompettetif di antara pengiklan. Olehnya itu, lalu lintas yang terjadi kebanyakan di arahkan ke situs-situs yang beriklan,

Jika 0,6-0,8 = Kata kunci dengan tingkat persaingan pengiklan rata-rata. Jika pingin beriklan sebaiknya menggunakan level ini.

Di bawah 0,6 = Bisa menjadi sesuatu yang di lupakan oleh situs pengiklan dalam niche kita. Ke semua ini perlu di pertimbangkan ketika melakukan riset kata kunci menggunakan semrush.

4. Filter Kata Kunci Dasar Yang Telah Di Kumpulkan Dalam File XLS atau CLV

Buka keyword hasil ekspor dan silahkan ke bagian Keyword Difficulty, lakukan filter di bawah 75%. Pada level ini kita masih berpeluang menemukan keyword yang tingkat pencarian banyak yang tidak sulit untuk di rangking.

filter keyword berdasarkan tingkat kesulitannya. Ambil di bawah 75%

Begitupun Filter berdasarkan Competition Level, Dan terakhir Filter berdasarkan Volume atau tingkat pencarian perbulan.

Semakin banyak volume maka itu semakin baik.

Diperlukan kreatifitas juga, ketika melakukan riset kata kunci dan perlu kesabaran. Cara riset keyword dengan semrush merupakan pemahaman dasar blogging yang jika kita bisa lolos dan menemukan kata kunci yang rendah persaingan maka kita bisa menghasilkan dari internet.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *