Cara Riset kata kunci Menggunakan Tools Gratisan

Cara riset kata kunci menjadi tantangan pertama bagi para blogger. Terlebih bagi pemula yang baru menekuni dunia blog 1 atau 2 bulan yang lalu. Riset kata kunci adalah pondasinya.

Mengapa saya katakan ini menjadi tantangan pertama yang harus di taklukkan ? karena jika kita berhasil di sini, menemukan kata kunci potensial sesuai target niche yang hendak di bangun. Maka sangat besar peluang bagi kita untuk mendapatkan trafik.

Apalagi kita yang masih baru, domain masih fresh. Belum ada rujukan dari situs situs besar, maka bisa dipastikan butuh waktu dan perjuangan untuk bisa nongol di halaman #1 google.

Akan lain ceritanya jika niche serta kata kunci yang kita bidik belum memiliki saingan kuat. Maka kita bisa berada di page 1, dengan catatan artikel yang kita buat berkualitas dan berbobot. Setidaknya panjang minimal 500 kata yang di lengkapi dengan gambar pendukung.

Melakukan riset kata kunci untuk blog mudah di lakukan. Yang sulit adalah kesabaran kita menemukan kata kunci yang memiliki volume pencarian di atas 1K perbulan dan kompetisi yang kurang.

Ada beberapa tools riset kata kunci yang gratis yang bisa di gunakan. Namun di kesempatan ini saya hanya ingin menuliskan pola kerja dan bisa di bilang rahasia dari bisnisonlineusaharumahan.com dalam membangun blognya ini.

Rahasia apa yang di maksudkan itu, , , yaitu bagaimana bisnisonlineusaharumahan.com melakukan riset keyword atau kata kunci artikel selama ini.

Bagaimana artikel – artikel yang ada di blog ini, mendatangkan trafik untuk blog hanya dengan tools-tools gratisan.

1. Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Google Keyword Planner

Saya sendiri bisa di bilang terbilang baru dalam dunia SEO. Olehnya itu pengetahuan mengenai riset kata kunci tidak dalam banget. Hanya tahu lura nya saja.

Bagi saya riset kata kunci saya bagi 2 yaitu mencari volume pencarian dan tingkat kesulitan atau kompetisi keyword tersebut.

Untuk volume atau jumlah pencarian tiap bulan itu, saya gunakaan Google Keyword Planner.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu

  • silahkan klik link https://ads.google.com/home/tools/keyword-planner
  • setelah itu, klik Go To Keyword Planner (jika di minta login silahkan login pakai akun gmai terlebih dulu)
  • Lalu klik menu Dapatkan Kata Kunci : tinggal masukkan kata kunci atau domain situs. Maka nantinya akan muncul kata-kata/frasa dari kata atau domain tersebut. Misalnya,
cara riset kata kunci menggunakan google keyword planner

Maka nantinya akan muncul frasa kata kunci yang relevan dengan kata yang di masukkan. Jangan lupa setel bahasa, negara target, serta google, serta periode pencarian.

cara menggunakan GKP

Dari sini kita sudah dapat beberapa kata kunci dengan tingkat pencarian penelusuran perbulan. Selanjutnya, yang di lakukan adalah mengetahui tingkat kesulitan dan kata kunci tersebut.

2. Mengetahui Tingkat Kesulitan Kata Kunci Menggunakan Keyword Revealer

Silahkan buka situs keyword revealer

Lalu buat akun terlebih dahulu, silahkan login jika sudah.

Masukkan kata kunci yang di dapatkan tadi dari GKP. Jangan lupa pilih negara serta bahasa target.

cara riset kata kunci

Saya suka menggunakan Keyword Revealer karena fitur fiturnya simple, serta kita bisa mendapatkan volume, jumlah penelusuran perbulan, CPC, serta yang paling penting adalah tingkat kesulitannya.

Lalu mungkin ada yang bertanya, buat apa kita mencari volume lagi di google keyword planner? kalau di keyword revealer sendiri sudah ada informasi jumlah pencarian ?

Saya menggunakan itu, karena jika kita menggunakan KR versi gratis kita hanya bisa melakukan pencarian 3 kali dalam sehari. Olehnya itu, saya tidak mau limit pencarian berkurang hanya pingin lihat tingkat pencarian. Jadi ketika saya buka Keyword Revealer (KR). Saya bisa langsung menginputkan kata kunci yang sudah memiliki tingkat pencarian banyak dari GKP tadi.

Lalu pertanyaan lagi. Berapa Difficulty yang di ambil yang potensial untuk kata kunci di keyword revealer ? Bagi saya untuk yang blog baru atau yang pemula, baiknya memilih keyword yang tingkat difficultynya seperti di bawah ini.

  • No Competition (score antara 1-10)
  • Extremely Low Competition (score antara 10-20)

Lebih dari itu, siap siap saja untuk berjuang keras menaklukkannya.

Kesimpulan

Demikianlah yang sempat kami sampaikan, adapun untuk lebih detailnya, silahkan di eksplor sendiri. Bagi saya keyword revealer merupakan situs riset keyword yang paling cocok untuk pemula. Selain memiliki versi free dan premium. Dengar-dengar tools ini menggunakan API key dari semrush, jadi cukup akurat. Lihat juga : Cara menggunakan semrush untuk menemukan keyword low kompetitor

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.