Cara Retur Barang di Shopee Yang Sudah Di Terima

Pada artikel ini kalian akan mengetahui cara retur barang di Shopee yang sudah di terima. Baik telah klik tombol Terima Pesanan maupun Belum Tekan tombol tersebut.

Salah satu kekhawatiran belanja online adalah barang yang di terima bisa saja tidak sesuai dengan deskripsi atau barang yang di beli mengalami cacat atau kerusakan. Pada posisi seperti ini, tentu sebagai pembeli kita mengalami kerugian. Kerusakan barang bisa saja di sebabkan oleh proses pengiriman atau memnag penjual barang online tersebut mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan apa yang ia pajang pada toko onlinenya.

Tetapi, saat ini. Shopee sebagai salah satu marketplace besar di Indonesia. memiliki fitur untuk retur atau waktu untuk mengembalikan barang. Apabila barang tersebut tidak sesuai dengan keinginan. Namun itu, perlu di lakukan dengan hati-hati. Sebab jika tidak bisa saja barang tersebut tidak dapat di kembalikan alias dana yang sudah di transfer tidak bisa kita terima kembali.

Olehnya itu, pada kesempatan ini. Kami akan memberikan ulasan bagaimana cara retur barang di Shopee yang sudah di terima. Proses ini perlu di perhatikan dengan baik. Karena jika, tombol Terima Pesanan sudah di klik. Maka garansi waktu pengembalian otomatis akan habis. Dan itu berarti dana akan di teruskan kepada penjual.

Jadi apa yang harus di lakukan agar kita bisa mengembalikan barang dan dana bisa di terima kembali ? Lihat ulasan berikut ini !

Retur Barang di Shopee Belum Klik Terima Pesanan

Apabila barang sudah di terima. Jangan langsung klik Terima Pesanan pada aplikasi. Karena seperti yang di sebutkan di awal bahwa apabila kita klik tombol tersebut. Ini mengonfirmasi ke Shopee bahwa proses pengiriman barang telah di terima. Dan garansi pengembalian otomatis habis.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Masuk ke aplikasi Shopee dan pilih menu Saya, kemudian pilih Pesanan Saya,
retur barang di shopee yang sudah di terima
  • Pilih Halaman Pesanan yang sedang di kirim, pada halaman ini kita bisa melihat produk yang kirim. Apabila lebih dari satu silahkan pilih barang yang akan di kembalikan / di retur.
kembalikan barang di shopee

Scroll ke bawah kita bisa melihat tombol Ajukan Pengembalian,

Selanjutnya lengkapi data yang perlu di inputkan. Alasan pengembalian, foto barang, keterangan dan alamat email. Untuk alasan bisa pilih sesuai opsi yang tampil. Pastikan sesuai dengan alasan yang sebenarnya. Misalnya, barang tidak sesuai, tidak lengkap, cacat, tidak bisa untuk kamu gunakan, atau produk yang dikirimkan tidak sesuai dengan deskripsi.

Terakhir, tekan tombol Kirimkan.

Jadi kita perlu memeriksa barang terlebih dahulu yang di bawah oleh kurir. Apabila semua beres dan tidak ada kendala. Kita bisa langsung klik Terima Pesanan. Dan kalaupun tombol tersebut tidak di klik, 2 hari setelah barang di terima maka otomatis barang dianggap di terima.

Apabila Sudah Tekan Tombol “Terima Pesanan”

Lalu bagaimana kalau sudah terlanjur klik Terima Pesanan. Dan ternyata barang tersebut cacat, rusak, garansi tidak valid atau bahkan ada kekurangan pada produk itu. Maka kita bisa melakukan 2 opsi berikut ini :

  1. Hubungi penjual melalui opsi chat pada aplikasi Shopee. Utarakan maksud untuk melakukan retur barang. Penjual yang baik akan memberikan solusi bagaimana barang tersebut bisa di kembalikan secara manual.
  2. Apabila penjual tidak merespon, kita bisa menghubungi CS Shopee melalui chat dengan Shopee. Atau bisa lihat informasi lainnya melalui link ini.

Lihat juga :

Itulah langkah yang dapat kita ambil terkait cara retur barang di Shopee yang sudah di terima. Baik kita belum klik tombol “Terima Pesanan” maupun terlanjut klik “Terima Pesanan”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!