Cara Pembayaran Kartu Kredit dengan Mudah dan Aman

Penggunaan kartu kredit masa sekarang bukanlah hal yang asing lagi dan orang-orang baru yang menggunakannya masih bingung bagaimana cara pembayaran kartu kredit padahal hal tersebut adalah hal yang mudah dilakukan. Semakin tingginya penggunaan kartu kredit maka semakin banyak pula jumlah transaksi yang terjadi.

Tingginya penggunaan kartu kredit hingga ke kalangan masyarakat membuat jenis dari kartu kredit semakin banyak pula. Hal ini juga faktor dari bank selaku penerbit kartu kredit yang melihat hal ini sebagai peluang bagus dalam bisnis mereka. Sehingga mereka terus melakukan penawaran menarik agar nasabah terus menggunakan kartu kredit.

Lihat juga : Cara tarik tunai kartu kredit di ATM

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembayaran Kartu Kredit

Dalam cara pembayaran kartu kredit tentu ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Tanggal jatuh tempo pembayaran adalah hal paling pertama yang harus diperhatikan.Pihak bank biasanya akan mengingatkan nasabahnya tentang jatuh tempo pembayaran kartu kredit dari 2-3 hari sebelumnya. Jika nasabah telat membayar pun akan ada denda keterlambatan yang harus ditanggung.

Kemudian dalam menentukan jumlah pembayaran yang perlu nasabah setorkan dengan beberapa pilihan, seperti pembayaran minimum, pembayaran penuh, pembayaran cicilan tetap, dan pembayaran dalam jumlah berapa pun. Juga harus menentukan bagaimana nasabah akan membayar setoran tersebut. Cara yang paling sering digunakan nasabah adalah melalui mesin ATM.

cara pembayaran kartu kredit lewat atm

Cara Pembayaran Kartu Kredit

Untuk melakukan pembayaran kartu kreditpun sangat mudah dilakukan. Ada beberapa cara, yakni melalui ATM atau melalui mobile banking. Kemudahan dalam membayar tagihan kartu kredit ini pula yang menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang menggunakan kartu kredit. Satu orang pun tak puas dengan menggunakan satu kartu kredit saja.

Ada dua cara pembayaran kartu kredit dalam hal ini, yaitu menggunakan menu pembayaran dan transfer saat menggunakan mesin ATM. Dalam menu pembayaran, layanan ATM bisa dilakukan oleh kebanyakan jenis bank yang tentunya akan dikenai biaya. Hal ini tergantung pada kebijakan bank yang nasabah gunakan.

Dalam prosesnya, setelah memasukkan kartu ke dalam mesin dan nomor PIN, pilihlah menu pembayaran kemudian pilih menu kartu kredit. Setelah itu pilih nama bank penerbit kartu kredit yang nasabah gunakan, lalu memasukkan nomor kartu kredit. Terakhir, nasabah hanya perlu melakukan pembayarannya.

Namun, dalam hal ini harus diperhatikan nasabah bahwa pembayaran dengan cara ini baru akan diterima dalam waktu 2-3 hari kerja, sehingga nasabah perlu melakukan pembayaran lebih awal sebelum jadwal jatuh tempo. Namun, ada beberapa bank pula yang bisa menerima pembayaran secara real time online artinya bisa diterima langsung oleh bank.

Nasabah bisa menggunakan cara lainnya yakni menu transfer saat menggunakan mesin ATM. Berbeda dengan menggunakan menu pembayaran, dengan menu ini justru pembayaran bisa dilakukan secara real time online. Cara melakukan pembayaran kartu kreditini dinilai lebih menguntungkan. Setelah nasabah memasukkan kartu dan mengisi nomor PIN, pilihlah menu transfer ke bank lain.

Sesudah memasukkan kode bank yang disertai dengan 16 digit nomor kartu kredit, nasabah hanya perlu memasukkan besarnya nominal yang akan dibayarkan. Kemudian lakukan transfer seperti melakukan transfer ke bank lain. Kedua cara ini sangat mudah dilakukan jika nasabah mengerti bagaimana cara pembayaran kartu kredit seperti diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *