Cara Menjual Foto Di Shutterstock, Panduan Untuk Pemula

Diposting pada

Salah satu cara bekerja dan menghasilkan uang secara online adalah dengan cara menjual foto di shutterstock. Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia internet marketing, tentu sudah tidak asing dengan situs yang satu ini. Shutterstock merupakan marketplace digital yang menyediakan foto, video, vector dan ilustrasi dari berbagai macam niche atau tema yang memungkinkan setiap pengunjung untuk mengunduhnya.

Sudah kita ketahui bahwa dalam dunia digital. Foto, video dan gambar desain merupakan salah satu yang paling kita butuhkan. Olehnya itu, bagi yang sedang mencari file foto atau video shuterstock merupakan salah satu penyedianya. Sebagai pengguna tidak perlu pusing-pusing mengambil gambar pemadangan atau membuat video dan lain sebagainya. Cukup menyediakan uang untuk membeli foto dan video tersebut.

Lalu pertanyaannya, dari mana video dan foto yang begitu banyak dan berkualitas seperti itu ? Sebenarnya ada 2 tipe akaun pada Shutterstock. Akun pengunjung atau pembeli dan akun penjual atau kontributor

Inilah kemudian yang akan kita bahas pada kesempatan ini. Bagaimana cara menjual foto di shutterstock. Yaitu bagaimana cara menjadi kontributor yang sukses dan menghasilkan.

Bukan Saja Foto Yang Bisa Kita Jual

Jika kita ingin belajar bagaimana cara menjadi kontributor sukses pada shutterstock. Coba kenali konten apa saja yang bisa kita upload ? Kenali syarat-syaratnya !

Foto yang bisa kita upload adalah foto dalam format JPEG dan TIFF (tanpa layer) dengan ukuran minimal 4,0 mega pixel. Ini bukan berarti foto hasil jepretan dari Smartphone tidak bisa kita upload. Asalkan resolusi, pencahayaan dan noise masuk dalam kriteria yang di kehendaki oleh team review shutterstock. Tapi Lebih bagus lagi kalau memang foto dari kamera resolusi tinggi.

Vektor dan Ilustrasi : Jika kita pandai membuat vektor atau ilustrasi lewat photoshop. Kita juga bisa upload file itu dalam format EPS maksimum ukuran 15 mb atau jika gambar format JPEG minimla 4 mega pixel.

Video : Sedangkan untuk video durasinya harus 5 hingga 60 detik. Tidak boleh kurang atau lebih dari pada itu.

Pastikan setiap konten itu merupakan

  • Hasil karya sendiri
  • Jika foto menggunakan objek orang, maka perlu adanya model release. Yaitu ketentuan tidak akan keberatan jika fotonya di gunakan untuk kebutuhan komersil
  • Tidak memiliki watermark atau promosi brand tertentu dalam foto.

Berapa Penghasilan Upload Foto Pada Shutterstock ?

Mengenai harga foto yang berhasil tayang itu bervariasi. Ada yang paling minim 25 sen sampai pada yang ratusan ribu atau $20 per foto / unduhan. Hal ini tergantung dari tipe pelanggan.

  1. 25-A-Day Downloads Pelanggan yang memilih atau membeli paket berlangganan 30 hari. Maka ia bebsa untuk mengunduh foto selama 30 hari tersebut. Nah setiap kali foto kita yang mereka unduh maka kita mendapatkan 25 sen dan bisa meningkat sesuai dengan tingkat pencapaian yang telah kita peroleh. Kalau sudah lebih besar, maka harga foto pun akan semakin tinggi.
  2. On Demand Downloads, Penghasilan yang kita dapatkan dari foto yakni bisa sampai lebih $1,88 per unduhan, ketika pelanggan memilih dan bersedia untuk 1 tahun. Hal ini akan meningkat, ketika pelanggan dan langganan semakin banyak.
  3. Enhanced Downloads, hasil yang kita dapatkan bisa sampai dan lebih dari $28 setiap kali unduh. Ketika pelanggan mengunduh foto dan meminta hal lisensi dari foto dan video. Hal ini biasanya pelanggan untuk tujuan komersil.
  4. Referred Subscriptions, kita juga bisa mendapatkan penghasilan pada shutterstock dengan cara membagikan link afiliasi yang dengannya orang bertransaksi dari situ. Komisi 20%.
  5. Single Downloads, Jika foto kita di unduh tanpa berlangganan dari pelanggan maka kita mendapatkan 20% dari harga jual.

Cara Menjual Foto Di Shutterstock

Setelah mengetahui syarat-syarat foto yang bisa kita jual serta kisaran harganya. Maka untuk mulai menjual !

A. Berikut yang perlu kita siapkan !

  1. Siapkan setidaknya 5 foto yang fokus dan tidak blur,
  2. email aktif,
  3. serta scan KTP / Passport

B. Daftar Shutterstock

  • Silahkan buka situs shutterstock dan join atau daftar sebagai kontributor terlebih dulu atau langsung melalui link ini
  • Setelah terbuka, silahkan daftar dengan memilih menu Get Started atau Sign Up
  • Lengkapi kolom, nama, display name, email serta password, jangan lupa centang kemudian Next
daftar shutterstock
  • Buka email untuk konfirmasi,
  • Kemudian isi data sesuai KTP/Pasport
Cara menjual foto di shutterstock
  • Upload hasil scan KTP/Pasport
  • Setelah akun kontributor sudah aktif. Silahkan upload 5 foto yang sudah kita siapkan sebelumnya.

Cara Upload Foto Shutterstock Yang Benar

  1. Silahkan akses dashboard shutterstock, lewat email dan password yang telah kita registrasikan tadi.
  2. Klik tombol Upload berwarna merah,
  3. Nantinya kita akan di bawa drag dan drop. Pilih file dari desktop atau HP. Lalu Upload (Jika file lebih dari 50 mb, file tersebut harus kita upload via FTP)
  4. Jangan lupa beri judul / title, deskripsi, tag sebagai keyword, dan pilih Image Type -Illustration untuk ilustrasimu. Hal ini penting, agar foto yang kita upload lebih mudah di temukan. Dan ini salah satu, cara memunculkan gambar kita pada Search Engine atau fitur pencarian shutterstock
  5. Buat Judul dan deskripsi dalam bahasa inggris yang baik mengenai informasi gambar. Untuk Tag, gunakan kata kuncy yang banyak misalnya sampai 50 keyword. Kita bisa menggunakan saran sugesti/generate dari shutterstock.
  6. Untuk foto yang ada objek Landmark masukkan kedalam kategori Editorial, atau foto yang ada objek manusia sertakan form model release.
  7. Setelah semuanya sudah beres, klik Submit, jika tidak ada kekurangan penginputan atau kesalahan, maka nantinya pengajuan akan masuk pada Pending Approval pada dashboard Contributor Shutterstock. Itu artinya pengajuan sementara proses review.
  8. Nantinya akan muncul pemberitahuan baik via email maupun status pada dashboard Contributor. Foto mana saja, yang di setujui dan tidak di setujui.
  9. Jika sudah di setujui, maka foto atau konten yang kita upload akan tayang pada portofolio kita dalam waktu maksimal 72 jam dan siap download.

Lihat juga : Situs lain, tempat dapatkan dollar selain Shutterstock

Itulah langkah-langkah dan pengetahuan dasar bagi pemula yang ingin mengetahui dan belajar bagaimana cara menjual foto di shutterstock agar bisa lolos review dan mulai menambah pundi-pundi dollar. Lanjutkan cara menyiapkan pembayaran shutterstock

Gambar Gravatar
Pengalaman lebih dari 10 tahun kerja di industri perbankan. Kemudian menjadi professional freelance dan global internet marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *