Cara Mengubah Jasa Pengiriman Di Shopee Yang Sudah Dibayar

  • Share
cara mengubah jasa pengiriman di shopee yang sudah dibayar

Satu hal yang perlu penjual lakukan dengan hati-hati adalah mengubah jasa pengiriman di Shopee yang sudah dibayar. Jika salah, bisa-bisa barang yang kita kirim akan sampai ke pembeli dan uang yang Shopee terima akan di kembalikan lagi ke pembeli. Yang rugi tentunya kita sebagai penjual, karena sistem akan membaca orderan tersebut di batalkan secara otomatis. Kenapa bisa ? karena sistem pada Shopee tidak dapat melacak no. resi. Jadinya, ini seperti penjual tidak melakukan respon terhadap pesanan pembeli.

Hal ini biasa terjadi karena kelalaian oleh penjual yang tidak sengaja mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan jasa pengiriman atau kurir yang di pilih oleh pembeli. Jika seperti ini, kita tidak dapat mengubah jasa pengiriman secara manual kita memerlukan bantuan Tim Shopee.

Alasan mengapa Shopee tidak menganjurkan untuk mengubah jasa pengiriman yang sudah dibayar :

  1. Jika menggunakan jasa pengiriman yang berbeda, umumnya ada perbedaan ongkos kirim yang tercatat pada Shopee.
  2. Barang tidak dapat di lacak oleh aplikasi
  3. Membuat pembeli merasa tidak nyaman karena tidak dapat melacak pesanannya melalui aplikasi.

Itulah kemudian mengapa seller atau penjual tidak di berikan fitur untuk mengakses perubahan jasa pengiriman melalui aplikasi Shopee.

Tetapi yang namanya manusia, atau terutama yang baru membuat Toko di Shopee. Kekhilafan seperti ini memang terkadang terjadi. Olehnya itu, kita harus tahu bagaimana cara mengatasi hal ini. Agar barang bisa sampai ke pembeli dan uang dapat kita terima.

Lihat juga :

Agar Tidak Batal Otomatis, Berikut Cara Mengubah Jasa Pengiriman di Shopee Yang Sudah Dibayar

Hubungi customer service Shopee,

Ini adalah yang perlu di lakukan setelah kita mengetahui, bahwa barang yang kita kirim tidak sesuai dengan pesanan. Kita perlu menginformasikan ke CS Shopee mengenai no. resi yang kita dapatkan dari jasa kurir yang berbeda. Agar Shopee bisa melacak barang. Dengan begitu orderan tidak akan batal secara otomatis karena status barang akan berubah menjadi sedang di kirim.

Berikut cara menghubungi CS Shopee

  1. Melalui Call Center di nomor 1500702. Call center ini aktif 24 jam. Jadi kita bisa memnafaatkan ini dan memberitahukan perihal masalah yang terjadi dengan orderan yang kita terima.
  2. Melalui fitur Chat, jika kita kesulitan untuk menghubungi call center di atas. Kita bisa memanfaatkan ini melalui aplikasi smartphone Shopee. Seperti di sampaikan oleh shopee melalui halaman ini, kita akan mendapatkan respon cepat dan pelayanan 24 jam. Cara melakukannya, yakni buka aplikasi dan login pada aplikasi Shopee, lalu pilih menu Saya, kemudian pilih menu Pusat Bantuan lalu cari Chat Shopee Sekarang
  3. Atau bisa juga mengirimkan email melalui link berikut ini, isi kolom pertama sebagai penjual, lalu pilih salah satu topik seperti Pesanan dan Pengantaran, masukkan email dan username, kemudian ambil 14 digit nomor serial yang ada pada halaman Detail pesanan, lalu tuliskan kronologi masalah ingin mengubah jasa pengiriman, jangan lupa lampirkan no resi yang kita dapatkan dari jasa pengiriman yang kita pilih tadi. Centang verifikasi, lalu Kirim.

Konfirmasi ke pembeli melalui fitur chat Shopee,

Jika, kita sudah menyampaikan ke pihak Shopee. Selanjutnya kita perlu juga menyampaikan ke pembeli melalui fitur Chat Shopee perihal perubahan jasa kirim yang sudah terbayar ini.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *