Cara Menghitung Bunga Deposito 100 Juta, Seperti Ini Rumusnya !

Cara menghitung bunga deposito 100 juta, menjadi salah satu pertanyaan orang yang ingin mendapatkan penghasilan dalam bentuk deposito. Sebagaimana kita ketahui bahwa bunga deposito itu lebih tinggi di banding bunga tabungan biasa. Olehnya itu, beberapa memilih deposito untk mendapatkan hasil lebih dari dana yang mereka simpan.

Cara Menghitung Bunga Deposito 100 Juta

Tetapi dengan begitu deposito memiliki aturan yang tidak sama dengan tabungan biasa. Di mana tabungan biasa uang yang kita simpan dapat kita ambil kapan saja. Sedangkan untuk deposito, memiliki waktu sesuai dengan jangka waktu deposito yang kita pilih.

Kira-kira kalau kita deposito 100 juta, berapa kira-kira potensi bunga yang akan di hasilkan ? Namun sebelum lanjut pada topik bahasan, ada baiknya kita lihat faktor yang berpengaruh pada bunga deposito.

3 Faktor Yang Berpengaruh Pada Penghasilan Deposito

1. Jangka waktu,

Bunga deposito cenderung lebih tinggi jika kita memilih jangka waktu lama. Misalnya, bunga deposito di bank BRI untuk 12 bulan sebesar 5% sedangkan untuk jangka waktu 36 bulan sebesar 6,25%. Itu berarti ada selisih 1,25%.

2. Setoran awal,

Semakin besar setoran yang kita depositokan tentu semakin besar bunga yang akan kita dapatkan. Untuk masing-masing bank memiliki batas minimal setoran awal. Tahun 2017, batas minimal untuk deposito bank BRI dan Bank Mandiri sebesar 10 juta. Dengan batasan maksimal tidak ada. Tetapi Lembaga Penjamin Simpanan merekomendasikan sampai 2 M.

3. Pajak,

Pajak juga harus menjadi dasar perhitungan bunga deposito. Karena ini sudah menjadi aturan dari Perauran Menteri Keuangan tentang pemberian pajak penghasilan dari bunga deposito. Adapun besarnya pajak yang di bebankan, yaitu :

  • pajak 7,5% untuk deposito jangka waktu 1 bulan.
  • 5% untuk jangka waktu 3 bulan.
  • Dan jangka waktu 6 bulan atau lebih tidak di beri pajak.

Cara Menghitung Bunga Deposito 100 Juta Di Bank BRI

Untuk contoh dalam hal ini, kita mengambil sample dari deposito di bank BRI. Diketahui :

  • Setoran awal 100 juta
  • Jangka waktu 3 bulan
  • Pajak 5 %

Rumus menghitungnya :

= Setoran awal x suku bunga per tahun x jumlah hari(bulan) x di potong pajak : 365 hari dalam setahun

= Rp. 100.000.000,- X 6% X 30 X 80% : 365

= Rp. 394.520,-

Jadi di bulan pertama uang 100 juta yang di deposito mendapatkan penghasilan bunga sebesar Rp. 394.520

Lihat juga : Cara menghitung bunga pinjaman flat dan efektif per tahun

Itulah cara menghitung bunga deposito 100 juta di bank BRI. Hal ini akan sama bisa di gunakan untuk menghitung bunga deposito di bank Mandiri, BCA, BNI dan lainnya. Pastikan saja suku bunga deposito update terbaru di bank yang bersangkutan, setelah itu, kita bisa menghitung berapa potensi penghasilan yang di dapat jika kita menginvestasikan uang 100 juta dalam bentuk deposito. Bagaimana apakah tertarik ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *